Khasiat Akar, Batang Dan Bunga Sirsak

Khasiat akar, batang dan bunga sirsakKhasiat Akar, Batang dan Bunga Sirsak - Pada kesempatan yang lalu kita telah membahas mengenai 14 manfaat daun sirsak untuk kesehatan dan manfaat biji sirsak yang semua itu bermanfaat bagi kita.

Dan kali ini kita akan membahas tentang khasiat akar, batang dan bunga sirsak. Bukan hanya buahnya saja yang bisa di konsumsi ternyata ada banyak manfaat lain dari tanaman sirsak.

Mari kita bahas satu persatu dari tanaman sirsak ini, mulai dari akar, batang dan bunganya, siapa tahu dapat memberikan kebaikan bagi kita yang membutuhkan.

Berikut Kasiat Akar, Batang Dan Bunga Sirsak Untuk Segala Keperluan Manusia

Akar Pohon Buah Sirsak

Akar pohon sirsak ini mengandung senyawa aktif  seperti tanin, annonain, dan alkaloid. Senyawa ini biasanya di gunakan untuk obat penenang, anti kejang, antidiabetes dan menurunkan tekanan darah dan biasanya di sajikan dalam bentuk ekstrak teh.

Masyarakat Amazon biasanya menggunakan ramuan akar pohon sirsak ini untuk membasmi kutu, penangkal racun dan obat antidiabetes yang mereka derita.

Oleh para nelayan ramuan ini bisa di gunakan untuk menangkap ikan/sebagai racun ikan, sementara manfaat lain dari ramuan akar pohon sirsak adalah untuk membunuh larva nyamuk.

Batang Sirsak

Batang pohon sirsak terutama pada kulit batang mengandung senyawa murisine, tanin, caoksalad, alkaloid dan fitosterol, Senyawa ini bisa di gunakan untuk pengobatan Asma, batuk, penenang dan darah tinggi.

Caranya: Kulit batang pohon sirsak yang sudah di cuci bersih di rebus dengan air mendidih, setelah air dingin ramuan ini di minum. Bangsa Haiti mempercayai bahwa air rebusan kulit batang sirsak untuk memperbaiki sistim kerja jantung.

Bangsa Peru biasa menggunakan ramuan ini untuk obat kencing manis. Suku Amazon menggunakan ramuan ini untuk obat anti kejang dan menyembuhkan diabetes.

Sementara dari negara-negara lain ramuan dari kulit pohon buah sirsak untuk penghangat tubuh, anti flu dan anti parasit.

Bunga Sirsak

Bunga sirsak memiliki tiga kelopak bunga yang berbentuk segi tiga dan berwarna hijau kekuningan, biasanya berukuran sekitar 2-4 cm, panjang tangkai bunga sekitar 2,5 cm. Bunga sirsak biasanya muncul di bawah pangkal daun, ranting dan ujung cabang.

Bunga sirsak oleh sebagian masyarakat Brasil di gunakan untuk pengobatan bronkhitis (penyakit saluran pernafasan), batuk dan terapi kecanduan narkoba.

Itulah khasiat akar, batang dan bunga sirsak untuk membantu keperluan dan menunjang kesehatan manusia, meskipun hanya sekilas tetapi semoga membawa manfaat.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga