Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Manfaat biji bunga matahariManfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan - Ngemil biji bunga matahari yang sudah di masak dengan berbagai cara dan biasanya di keringkan untuk kuaci atau makanan ringan sangat tepat untuk mengisi waktu santai dan istirahat.

Biji bunga matahari yang memiliki tekstur lembut kaya nutrisi untuk menunjang kesehatan kita. Selain mudah di dapatkan biji bunga matahari juga bisa di jadikan tambahan variasi berbagai macam resep masakan.

Ciri ciri biji bunga matahari adalah memiliki permukaan yang kerucut, halus dengan sedikit lis warna putih di pinggirnya, memiliki panjang sekitar 6 mm sampai 10 mm dan berbiji tunggal juga mengandung minyak nabati, setiap satu bunga matahari mengandung ratusan biji.

Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan 

Selain sebagai makanan cemilan yang lezat, biji bunga matahari ternyata juga sangat bermanfaat untuk menambah kekuatan daya ingat serta mempercepat proses pengelolaan informasi yang masuk ke otak, karena adanya kandungan Vitamin B-kompleks dan B-6 yang sangat bagus.

Asalkan bukan kuaci yang terlalu banyak garam, pemirsa tahukan jika kita terlalu banyak mengonsumsi garam salah satunya penyakit darah tinggi bisa terjadi karen terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berkadar garam tinggi, lebih baik pilih biji bunga matahari yang di masak dengan sedikit garam.

Menurut sebuah penelitian, biji bunga matahari memiliki kandungan Triptofan-Asam amino nonesensial yang di lepaskan setalah asupan karbohidrat, yang berperan melepaskan hormon serotonin ke dalam darah, hormon ini yang bisa mendatangkan perasaan rileks sehingga membantu menghilangkan stres dan depresi. Hal ini sebagai alasan bahwa, cemilan biji bunga matahari sangat cocok bagi mereka yang sering mengalami stres karena menanggung berbagai masalah yang rumit.

Selain itu kandungan Vitamin-E di dalam biji bunga matahari juga banyak, Vitamin-E bersifat antioksidan yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah sampai ke otak, sehingga suplai oksigen ke otak terpenuhi dengan baik. Vitamin ini juga menjauhkan Anda dari penyakit Kardiovaskuler sehingga jantung menjadi sehat.

Biji bunga matahari juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang berperan sebagai Anti penyakit kanker dan Anti Stroke. Juga kandungan Pitosteron (semacam senyawa yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh).

Selain manfaat yang sudah di sebutkan di atas, secara lebih lengkapnya manfaat dari biji bunga matahari adalah sebagai berikut.

* Menurunkan kolesterol

* Memberikan rileksasi pada otot, pembuluh darah dan saraf otak

* Menjaga kesehatan tulang

* Anti kanker dan meningkatkan proses detoksifikasi

* Mencegah serangan jantung dan strok

* Bagus untuk menambah keseimbangan dan kestabilan pertumbuhan anak

* Menstabilkan kadar gula dalam darah

* Bagus untuk menjaga kesehatan kulit

* Membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan dan perkembangan janin

Di beberapa negara seperti di Cina, Rusia, Eropa dan Amerika serikat telah banyak menciptakan produk kesehatan yang berbahan dasar dari biji bunga matahari. Salah satu produk tersebut adalah sunbutter, produk ini adalah sejenis mentega yang di buat untuk memasak dan sebagai tambahan salad.

Di atas telah di singgung bahwa biji bunga matahari juga mengandung minyak, minyak dari biji bunga matahari hampir sama kualitas manfaatnya dengan minyak zaitun bagi kepentingan manusia. Minyak dari biji bunga matahari banyak mengandung Omega 9 atau Asam oleat yang lebih tinggi dari minyak zaitun.

Selain mengandung asam oleat atau Omega 9, minyak biji bunga matahari juga mengandung omega 6, Vitamin dan Mineral yang kadarnya lebih tinggi dari minyak zaitun. Beberapa mineral tersebut antara lain, Magnesium, Kalsium, Selenium, Tembaga, Zinc dan zat besi.

Jika Anda ingin mendapatkan makanan sebagai sumber lemak sehat tinggi hampir 90 persen, Anda bisa memilih biji bunga matahari. Karena biji bunga matahari mengandung lemak tak jenuh ganda (Asam linoleat) dan tunggal (Asam oleat), Jenis lemak yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini akan meningkatkan HDL (Kolesterol baik) dan sebaliknya menurunkan kolesterol jahat atau LDL.

Hmmm,,, kecil bentuknya tapi banyak mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita semua, biji bunga matahari yang hebat dan nikmat untuk teman di waktu senggang. Bagi pemirsa yang memiliki informasi manfaat lain dari biji bunga matahari bisa di tambahkan di kolom komentar agar bisa berbagi dengan yang lain.

Semoga bermanfaat dan terima kasih


0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga