Manfaat Biji Sirsak Bagi Manusia

Manfaat biji sirsak bagi manusiaManfaat Biji Sirsak Bagi Manusia - Halo apa kabar pemirsa infokesehattan.com? semoga kali ini masih tetap dalam keadaan sehat dan kuat.

Kesehatan adalah harta yang tak ternilai jumlahnya, tidak ada orang yang tidak ingin tidak sehat, saya rasa semua orang ingin sehat dan bisa melakukan pekerjaan yang menjadi rutinitas setiap hari dengan baik.

Pada postingan yang lalu kita telah membahas mengenai 14 manfaat daun sirsak untuk kesehatan namun pada kesempatan kali ini kita akan kembali membahas mengenai manfaat biji sirsak.

Manfaat Biji Sirsak Bagi Kepentingan Manusia

Buah sirsak yang manis dan asam plus segar rasanya sangat bagus untuk menunjang kesehatan kita, dan bijinya langsung kita buang begitu saja. Siapa sangka biji sirsak yang kita anggap tidak berguna ternyata bisa kita manfaatkan.

Biji sirsak yang berbentuk bulat lonjong dengan ukuran sekitar 2x1 cm, biji sirsak berwarna coklat kehitaman dan mengkilat. Dalam satu buah sirsak kadang mengandung sekitar 25 sampai 200 biji yang tempatnya saling berdekatan.

Dalam suatu penelitian di simpulkan bahwa biji sirsak memiliki kandungan senyawa bioaktif yaitu Alkaloid yang terdiri dari Annonaine dan acetogenins, senyawa ini biasa di gunakan sebagai pestisida nabati.

Bagi sebagian orang biji buah sirsak di gunakan sebagai bahan anti cacing (Vermifuges) dan membunuh serangga. Bangsa Brasil menggunakan minyak biji sirsak untuk bahan kosmetik karena minyak tersebut berfungsi sebagai astrigent atau toner pembersih permukaan kulit yang kotor, bahkan bisa juga di manfaatkan untuk membunuh kecoa atau serangga lain dalam jumlah besar. Sedangkan di belahan suku Amazon minyak biji sirsak di gunakan untuk obat masuk angin.

Akar Pohon Sirsak

Akar pohon sirsak memiliki kandungan zat atau senyawa aktif bernama anonain, alkaloid, dan tanin. Biasanya senyawa ini bermanfaat untuk bahan baku obat, akar pohon sirsak juga bisa di manfaatkan untuk obat dalam bentuk minuman.

Obat akar pohon sirsak biasanya di gunakan untuk obat penenang, anti diabetes, anti kejang dan menurunkan tekanan darah tinggi. Masyarakat di Amazon memanfaatkan akar pohon sirsak untuk penangkal racun, pembasmi serangga dan obat diabetes. Ekstrak akar pohon sirsak juga bisa di manfaatkan untuk racun dalam penangkapan ikan dan membunuh jentik nyamuk.

Bunga Pohon Sirsak

Bunga sirsak sangat unik dan cantik, bunga sirsak berwarna kuning kehijauan dan membentuk segi tiga dengan panjang sekitar 2-4 cm, bunga sirsak muncul di sekitar bawah pangkal daun, ranting serta ujung cabang.

Tanaman sirsak termasuk tanaman tunggal atau berumah satu, artinya tanaman yang memiliki bunga jantan dan betina sekaligus, bunga sirsak bagi sebagian warga Brazil di manfaatkan untuk obat penyakit saluran pernafasan (bronkhitis) dan menghilangkan batuk.

Ternyata begitu banyak manfaat dari pohon buah sirsak ini, selain buahnya yang terasa segar, manis, asam ternyata biji dan bunganya pun juga bermanfaat untuk manusia.

Itulah manfaat dari biji buah sirsak untuk kepentingan manusia, kali ini pengetahuan kita bertambah lagi mengenai biji buah sirsak, semoga walau hanya sekilas tetapi bermanfaat untuk kita semua dan selamat pagi, selamat beraktifitas.

Salam



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga