Menjaga Kesehatan Jantung Dan Pembuluh Darah

Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah
Menjaga Kesehatan Jantung Dan Pembuluh Darah - Kesehatan merupakan satu aset penting yang sangat berharga. Manusia biasanya baru menyadari bahwa kesehatan itu sangat penting sekali tatkala dirinya merasakan sakit, barulah berbagai perjuangan dan pengorbanan di lakukan untuk mencapainya.

Salah satu organ vital manusia yang perlu adanya perhatian lebih agar kita tetap dalam keadaan sehat adalah jantung. Memiliki jantung yang sehat adalah impian bagi semua orang, dengan Anda tidak melakukan hal-hal yang bisa mengganggu aktifitas kerja jantung maka Anda sudah 50% menjaga kesehatan jantung apa lagi dengan melatihnya agar lebih sehat.

Penyebab kematian seseorang nomor satu di dunia sampai saat ini masih di pegang masalah jantung dan sisanya organ lainnya. Oleh karena itu menjaga kesehatan jantung harus di lakukan sedini mungkin agar tidak gampang sakit, jika terasa ada  kelainan atau tidak nyaman dengan kesehatan yang berhubungan dengan jantung sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Berikut Ini Beberapa Langkah Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung Dan Pembuluh Darah

1. Tidak Merokok

Bagi Anda yang suka merokok, saran saya hentikanlah aktifitas ini karena kekentalan darah yang di sebabkan oleh racun rokok menjadikan kerja jantung ekstra keras dan memberatkan aktifitas jantung, sehingga aliran darah yang membawa oksigen (O2) pada pembuluh darah yang menuju otak berkurang, otomatis kadar oksigen yang ke otak juga berkurang. Ini sangat beresiko sekali.

Ada yang berpendapat bahwa merokok sama dengan bunuh diri secara perlahan, karena secara logika tidak ada manfaat yang efektif bagi kesehatan tentang aktifitas ini. Saat ini juga ada rokok yang lebih modern yaitu rokok elektrik, rokok ini juga sama berbahaya dengan rokok pada umumnya. 

2. Mengurangi Minuman Yang Beralkohol

Minum-minuman yang beralkohol sangat mengganggu aktifitas kerja jantung apalagi kalau di lakukan berkelanjutan, hal ini bisa terjadi karena zat yang di kandung minuman beralkohol ini mampu merusak kesehatan otot jantung dan menjadi salah satu penyebab awal kerusakan jantung, pembuluh darah yang berhubungan langsung ke jantung juga semakin dalam keadaan yang tidak sehat, tidak hanya ke jantung saja namun ke seluruh bagian organ tubuh kita.

3. Melakukan Aktifitas Olah Raga Rutin

Melakukan olah raga tidak perlu terlalu lama, cukup 15-20 menit tapi di laksanakan rutin setiap pagi hari atau sekedar melakukan peregangan maka peredaran darah Anda akan lancar suplai oksigen ke otak pun juga tercukupi. Hidup Anda akan lebih sehat dan segar dalam mengisi waktu hari-hari Anda. Jadi jangan di ragukan kembali bahwa olahraga adalah salah satu tips cantik dan sehat secara jiwa dan raga yang paling mudah, murah dan efektif.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat

Jaga pola makan Anda. Mengonsumsi makanan yang rendah kolesterol dan garam juga membatasi konsumsi makanan cepat saji akan menjauhkan Anda dari penyakit jantung, konsumsilah sayur dan buah segar, susu, telur dan kacang-kacangan akan membantu untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

5. Periksakan Kesehatan Anda

Sesekali periksakan kesehatan Anda ke dokter keluarga Anda, agar kesehatan Anda terpantau dengan baik, sekecil apapun kelainan cepat terdeteksi dan di tanggulangi.

6. Makan Buah Dan Sayur Segar

Tadi sebelumnya sudah saya singgung mengenai buah dan sayur segar, Konsumsilah buah dan sayur segar dan jadikan menu favorit Anda, Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah dan sayur segar sudah tidak terbantahkan lagi. berbagai macam Vitamin dan mineral sangat di butuhkan untuk kesehatan jantung Anda.

7. Membuat Makanan Sendiri

Jelas dengan membuat makanan sendiri Anda lebih yakin akan kwalitas kesegaranya, Masakan Anda lebih sehat dan kesehatan keluarga pun terjamin pula. Carilah informasi mengenai menu-menu masakan sekaligus belajar memasak, siapa tahu Anda menjadi koki Andalan, paling tidak andalan untuk keluarga... Hehe

8. Tidur Malam Yang Berkwalitas

Dalam sebuah penelitian di sebutkan bahwa kekurangan tidur malam membuat jantung kurang sehat, Aturlah pola istirahat malam Anda, setidaknya sekitar 8 jam setiap hari. Dengan tidur yang sehat maka Anda memberikan kesempatan bagi tubuh untuk merefres kembali setelah melakukan aktifitas di siang hari, tubuh Anda akan terasa lebih segar pada saat bangun paginya. 

9. Minum Teh Hijau Dan Batasi Minuman Bersoda

Kebiasaan meminum teh hijau sangat baik untuk kesehatan jantung antioksidanya juga mampu sebagai penangkal radikal bebas. Buat sendiri seduhan teh hijau Anda dan Anda akan segera merasakan kasiatnya.

Itulah beberapa langkah sederhana untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda agar tetap dalam keadaan sehat kuat walafiat, semoga bermanfaat.

Salam sehat



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga