Tips Hidup Sehat Seperti Nabi Muhammad SAW

Tips Hidup sehat seperti Nabi Muhammad SawTips Hidup Sehat Seperti Nabi Muhammad SAW - Hidup sehat menjadi harapan bagi banyak orang, termasuk saya sendiri.

Sebenarnya untuk hidup sehat tidaklah terlalu susah, asalkan kita rajin dan berdisiplin tinggi untuk menerapkanya dalam kehidupan sehari hari dan menjadikan sebagai kebiasaan.

Selain mengkonsumsi makanan yang bergizi dan halal tentunya olah raga rutin juga harus di lakukan, jangan malas kalau sudah ada niat untuk berolah raga, toh ini semua juga untuk kesehatan diri kita sendiri.

Artikel lain:
Kebiasaan sehat orang sukses yang di lakukan setiap pagi
7 Kebiasaan yang di anggap baik ternyata buruk untuk masa depan 

Berikut Tips Hidup Sehat Seperti Yang Telah Di lakukan Oleh Nabi Muhammad SAW

Pertama

Rasulullah selalu bangun pagi sebelum subuh. Hawa di pagi hari yang masih segar alami adalah waktu yang tepat untuk menjalankan sholat sunnah sebelum subuh. Nabi pun juga selalu mengajak umatnya untuk membiasakan bangun sebelum subuh. Banyak sekali manfaat bangun lebih pagi bagi kesehatan tubuh, mental dan spiritual kita.

Kedua

Rasullah selalu menjaga kebersihan. Baik itu kebersihan diri sendiri maupun kebersihan lingkungan yang ada di sekitarnya. Beliau senantiasa berpenampilan rapi, bersih dan menarik.

"Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang dewasa, demikian pula menggosok gigi dan memakai harum-haruman." (HR Muslim)

Ketiga

Rasulullah tidak makan berlebihan. Sabda Rasullah "Kami adalah kaum yang tidak makan sebelum merasakan lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak."  (Muttafaq Alaih)

Dalam tubuh manusia terdapat tiga ruang dan tiga isinya Yaitu Sepertiga untuk Udara, sepertiga untuk Air dan sepertiga lagi untuk Makanan. Bahkan ada satu tarbbiyah khusus bagi umat muslim yaitu puasa di bulan Ramadhan, hal ini juga bermanfaat untuk keseimbangan dan kestabilan kesehatan tubuh dan jiwa kita.

Keempat

Rasulullah cepat tidurnya dan cepat bangunya. Tidur di malam hari yang sehat yaitu selesai aktifitas rutinitas atau setelah sholat isa sekitar pukul 21.30 Wib setelah itu sekitar pukul 03.00 Wib atau sepertiga malam terakhir melakukan sholat sunnah malam. Dalam pembagian waktu 24 jam tentunya tidak harus kaku namun dalam pengertian untuk keseimbangan dan kestabilan tubuh kita.

Kelima

Rasulullah sering melakukan puasa, baik itu puasa sunnah maupun puasa wajib, tentu saja puasa sangat berpengaruh pada kesehatan kita dan di dalam ilmu kedokteran puasa juga membantu memperlancar dalam proses operasi, menyehatkan bukan?

Keenam

Beliau tidak pemarah, Rasullah selalu menerapkan tips singkat berikut jika ada sesuatu yang kurang berkenan di hati beliau yaitu:

* Mengubah posisi tubuh ketika marah, bila berdiri maka duduk, dan bila duduk maka berdiri atau berbaring.

* Membaca Ta 'awwudz.

* Segera melakukan wudhu.

* Sholat 2 Rokaat untuk meraih ketenangan hati.

Ketujuh

Terakhir adalah selalu bersikap optimis dan tidak pernah putus asa. Jika kita sadari, sikap optimis akan memberikan dampak psikologis yang mendalam bagi kelapangan jiwa kita, sehingga diri kita akan selalu dalam kondisi sabar, istiqomah, mau bekerja keras dan tawakal kepada ALLAH swt.

Demikianlah tips singkat tentang hidup sehat seperti Nabi Muhammad Saw yang bisa kita contoh dan terapkan untuk kehidupan kita sehari-hari, semoga bisa bermanfaat dan memberikan perubahan kepada pola hidup lebih sehat dari biasanya yang sering kita lakukan sebelumnya.


Semoga bermanfaat dan terima kasih


2 comments:

  1. Terimakasih infonya, semoga kita bisa mencontoh kehidupan nabi Muhammad SAW

    ReplyDelete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga