5 Tips Mengatasi Radiasi Komputer

5 Tips mengatasi radiasi komputer5 Tips Mengatasi Radiasi Komputer - Komputer plus perlengkapanya saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok, tidak afdol kalau tidak pernah menyentuh dunia seperti ini.

Pada zaman sekarang apalagi jika Anda yang kebetulan bekerja di kantor, menatap layar komputer hampir setiap hari dan harus di lakukan karena kebutuhan kerja.

Pada posting yang lalu kita telah membahas mengenai tips mudah merawat kesehatan mata, karena sangat pentingnya salah satu panca indra kita ini, maka kita harus rajin merawatnya.

Pada awalnya kita sempat kawatir terhadap pengaruh radiasi komputer yang di pancarkan oleh layar monitor terhadap kesehatan tubuh terutama mata, seiring dengan semakin canggihnya peralatan komputer tercipta pula berbagai alat untuk meredam efek yang di timbulkan dan ramah lingkungan.

Penelitian para ahli menemukan bahwa radiasi komputer dapat berpengaruh pada kesehatan terutama mata, mata kita jika terlalu lama menatap layar monitor maka akan terasa pedih, kering dan pandangan terasa kabur, selain itu konsentrasi sudah tidak fokus lagi. Selain itu masalah lain yang bisa timbul adalah nyeri punggung, pinggang, bahu dan leher.

Berikut 5 Tips Untuk Mengatasi Radiasi Terhadap Komputer

Pertama. Gunakan Filter Monitor

Konsultasikan dengan teknisi komputer Anda untuk mendapatkan filter yang baik dan mampu mengurangi pengaruh radiasi komputer, bukan hanya meredupkan cahaya monitor saja namun juga menjadikan mata lebih nyaman. 

Kedua. Jaga Jarak Pandangan Mata Dengan Layar Monitor

Jarak pandang antara layar monitor komputer dengan mata jangan terlalu dekat atau terlalu jauh, karena akan berdampak pada kesehatan mata juga. Jarak antara layar monitor dengan mata adalah sekitar 35-45cm.

Ketiga. Perhatikan Posisi Monitor

Sesuaikan posisi layar monitor dengan mata Anda. Jika monitor terlalu tinggi dengan pandangan mata maka akan mengganggu pasokan udara yang di suplai ke otak, sebaiknya layar monitor di posisikan dengan sejajar dengan pandangan mata. Letakkan layar monitor membentuk sudut antara 10-15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus mata Anda, Hal ini selain tidak melelahkan mata Anda juga menjaga bahu dan leher agar nyaman bekerja.

Keempat. Sesuaikan Pencahayaan Layar Monitor Agar Nyaman di Mata

Dengan adanya pencahayaan yang terlalu terang menjadikan mata silau namun jika terlalu redup membuat mata bekerja ekstra keras untuk bisa melihat. Keduannya merugikan bagi kesehatan mata untuk itu sesuaikan pencahayaan layar monitor agartetap nyaman di mata.

Kelima. Bekerjalah di Dalam Ruangan Yang Cukup Cahaya

Jangan bekerja di ruangan yang terlalu terang karena akan menyilaukan mata, gunakan kerei untuk mengatur pencahayaan dari cendela. Letakkan lampu jauh di atas kepala dan hindari menatap langsung sumber cahaya. Sebaliknya jangan bekerja di ruangan terlalu redup cahaya, Atur pencahayaan dan jadikan Anda dalam posisi yang paling nyaman.

Beberapa langkah di atas saya rasa sudah cukup untuk menata posisi Anda dalam bekerja lama di depan layar monitor, Perhatikan juga kesehatan Anda jika terasa sudah terlalu lelah untuk bekerja, berhentilah dan istirahatlah jangan paksakan mata menatap terus layar monitor agar kondisi tubuh tetap stabil.

Jangan lupa banyak minum air mineral, karena meskipun tidak dalam keadaan olahraga fisik tetapi dengan bekerja di depan layar monitor sudah cukup banyak menggunakan tenaga dan menguras energi otak sehingga tubuh rentan dehirasi dan kelelahan.

Itulah 5 tips singkat dan mudah untuk mengatasi radiasi komputer, sehingga kita dapat bekerja optimal dan bertahan lebih lama lagi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga