11 Manfaat Tomat Untuk Pengobatan Herbal

7 Manfaat tomat untuk kesehatan11 Manfaat Tomat Untuk Pengobatan Herbal - Pada kesempatan yang lalu kita telah membahas mengenai nutrisi buah tomat untuk kesehatan dan kecantikan, dan pada kesempatan kali ini kita akan mengetahui manfaat tomat lebih jauh yaitu untuk pengobatan herbal.

Jadi, di samping menjadi buah yang segar untuk di konsumsi dan teman sayur ternyata tomat juga bisa kita manfaatkan untuk pengobatan herbal.

Di dalam beberapa penelitian menyimpulkan manfaat tomat untuk kesehatan banyak sekali di antaranya untuk kesehatan jantung dan penangkal radikal bebas. Para pakar gizi pun juga membenarkan akan hal itu.

Dengan adanya kandungan beta-karoten yang di miliki tomat maka tomat di percaya juga bisa sebagai pencegah timbulnya sel tumor dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung, anti kanker dan memenuhi kebutuhan vitamin.

Buah tomat yang sudah di kukus atau melalui proses pematangan kandungan lykopenya tidak rusak namun justru menjadi lebih baik apalagi jika sudah menjadi pasta atau saos tomat.

Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Dari Buat Tomat

1. Untuk Mengatasi Darah Tinggi

Tubuh kita terdiri dari dua kolesterol yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL), kapasitas HDL harus jauh lebih banyak dari pada LDL, jika sebaliknya yang terjadi maka tekanan darah tinggi akan terjadi.

Konsumsilah buah tomat langsung 1-2 biji setiap pagi dapat membantu menstabilkan tekanan darah sehingga bisa menjadi normal kembali, kandungan mineral yang sangat bagus dapat menekan kadar LDL dalam darah. 

2. Mengobati Luka Bakar

Buah tomat dan daunnya bisa di gunakan untuk tindakan pertama dalam mengatasi luka bakar. Caranya iris tipis buah tomat dan langsung tempelkan di bagian yang luka, kalau menggunakan daunnya caranya, lumatkan dahulu setelah itu langsung di tempelkan di bagian tubuh yang terluka.

Banyak macam luka bakar yang bisa di obati dengan menggunakan buah tomat, memang bersifat untuk sementara waktu namun dengan tindakan ini akan mempercepat kesembuhan dan memberikan rasa dingin dan nyaman bagi penderita. 

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Buah bulat yang mungil berwarna merah dan hijau ini juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, terutama bagi anak-anak yang susah makan. Bunda bisa membuatkan jus tomat yang segar dan nikmat untuk buah hati, selain nikmat juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan anak-anak.

4. Mengatasi Gusi Berdarah

Kebiasaan mengonsumsi buah tomat segar juga akan menjauhkan Anda dari gusi berdarah atau radang gusi, karena buah ini banyak mengandung vitamin-C, A dan banyak unsur pendukung lain. Anda bisa mengkonsumsi tomat begitu saja atau bisa juga di buat jus, tidak hanya gusi berdarah namun sariawan pun juga akan lenyap.

5. Mengatasi Demam

Jus tomat yang sudah di tambahkan dengan madu murni secukupnya bisa di gunakan untuk mengatasi demam, namun bagi penderita diabetes melitus hindari penambahan madu agar kadar gula tidak naik.

Tomat itu banyak mengandung vitamin-C dan likopen oleh karena itu bermanfaat sebagai antioksidan yang baik (sistem pertahanan tubuh) agar tidak gampang sakit dan demam yang di sebabkan oleh bakteri atau virus.

6. Mengobati Wasir

Siapa bilang tomat hanya untuk pelengkap masakan dan kecantikan saja, tomat ternyata juga bermanfaat untuk mengobati wasir. Caranya: rebus beberapa buah tomat ke dalam minyak kelapa sekitar 10 menit lalu saring menggunakan kain tipis, tunggu sampai dingin setelah itu oleskan ke wasir.

Anda juga bisa mengkonsumsi buah tomat sebelum tidur setiap hari, karena asam ringan yang terkandung dalam buah tomat bermanfaat untuk menyembuhkan wasir secara perlahan. Tomat tersebut bisa di buat jus atau langsung di konsumsi, sesuaikan selera.

7. Mengtasi Jerawat

Buat jus tomat yang sudah di campur dengan yogurt murni lalu gunakan sebagai masker, tunggu sekitar 10 menit dan bersihkan, kebiasaan ini akan menjadi langkah yang tepat untuk menghilangkan jerawat secara herbal. dengan wajah yang bersih dari jerawat dan komedo akan meningkatkan kepercayaan diri Anda di depan umum. tomat bersifat rehabilitasi sel kulit yang mengalami kelainan termasuk jerawat dan komedo.

Nutrisi yang terkandung di dalam tomat selain dapat mengusir jerawat juga bermanfaat untuk mengecilkan lubang pori-pori kulit, karena jika pori-pori terlalu membuka lebar akan memberikan peluang bagi kotoran dan kuman bersarang dan membentuk jerawat.

8. Mengobati Degenerasi Makula Pada Mata

Kandungan vitamin A tidak terdapat pada wortel saja namun juga terdapat pada tomat, vitamin ini bukan hanya untuk kesehatan rambut dan kulit saja namun juga untuk meningkatkan derajat kesehatan mata.

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa tomat dapat mengurangi resiko penyakit degenerasi makula pada mata. Bahkan, terapi vitamin A di percaya dapat menyembuhkan kebutaan pada malam hari. Oleh karena itu vitamin dalam buah tomat bermanfaat sekali untuk pengobatan kelainan mata.

9. Membantu Penyembuhan Penyakit Diabetes

Dalam sebuah studi yang di lakukan oleh Journal of American Medical Assosiation menyatakan bahwa hanya dengan mengkonsumsi dua butir tomat ukuran sedang setiap hari saja, dapat mengurangi tingkat stres oksidatif diabetes tipe-2.

10. Anti Kanker Dan Membantu Menyembuhkan Penyakit Kanker

Beberapa ahli kesehatan dan gizi sependapat bahwa tomat dapat mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit kanker seperti kanker prostat, kanker usus besar dan kanker payudara. Lykopen yang terkandung di dalam buah tomatlah yang menangkal pertumbuhan sel kanker. Jadi, zat ini bermanfaat sebagai antioksidan yang sangat efektif untuk menjaga tubuh kita dari sel kanker.

11. Mengurangi Dan Menyembuhkan Peradangan

Peradangan yang terjadi di dalam tubuh kita dapat di sembuhkan dengan rutin mengkonsumsi buah tomat. Zat antioksidanya yang hebat akan mengurangi dan menyembuhkan peradangan dalam tubuh kita. Memang tidak terlalu merisaukan tapi kalau di biarkan saja bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius.

Itulah 11 manfaat tomat untuk pengobatan secara herbal, memang tidak langsung cepat di rasakan hasilnya namun jika kita sabar terus mengkonsumsinya maka perlahan tapi pasti hasilnya.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga