Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Manfaat buah anggur untuk kesehatan.Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan - Siapa yang tidak tahu buah anggur? tentunya kita semua tahu buah ini namun tidak banyak dari kita mengetahui kandungan nutrisi apa saja yang ada di dalamnya sehingga bisa bermanfaat bagi kesehatan kita.

Dari dulu, buah yang rasanya manis campur asam ini sangat di gemari oleh semua orang mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa, terutama saya.

Nilai Gizi Buah Anggur

Anggur memiliki nilai gizi yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita, namun secara umum kandungan anggur terdiri dari 70 persen air dan 20 persen gula alami yang membuat anggur sangat baik untuk membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh.

Anggur juga mengandung banyak zat antioksidan yang sangat berguna untuk meningkatkan ketahanan tubuh, di antara zat antioksidan tersebut antara lain polifenol dan resveratol, zat ini menangkal radikal bebas yang melindungi tubuh dari patikel atau zat asing yang beresiko terbentuknya sel kanker.

Beberapa Zat Yang Terkandung di Dalam Buah Anggur Tersebut Antara Lain

Zat Tanin

Zat ini bermanfaat untuk menyerang virus yang ada di dalam pencernaan dan sirklulasi darah dalam pembuluh darah.

Zat Besi

Zat besi bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah atau hemoglobin. Artinya, kita tidak usah kawatir kekurangan darah jika mengkonsumsi buah anggur.

Zat Flavonoid

Selain dua antioksidan di atas, buah anggur juga mengandung zat antioksidan lain yaitu flavonoid,  yang merupakan sebuah antioksidan yang bagus untuk radikal bebas dan mencegah atherosclerosis.

Senyawa Fenol (Biasa terdapat pada anggur merah)

Satu lagi zat antioksidan dalam buah anggur yaitu fenol, antioksidan yang satu ini juga sangat bagus untuk kesehatan jantung, sehingga terhindar dari serangan jantung koroner.

Kalium Dan Melatonin

Kedua zat ini bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah sementara kandungan seratnya bermanfaat bagi dinding usus untuk membersihkan dari sisa lemak yang menempel pada usus yang pada akhirnya menghambat proses pencernaan.

Menghambat Sel Kanker

Antioksidan yang lain yang terkandung di dalam buah anggur antara lain senyawa petrostilbene, acutimissin A, resveratrol, asam elagik. Antioksidan yang cukup tinggi terdapat pada buah anggur sehingga mampu menghambat tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Mencegah Diabetes

Kandungan zat mangan yang terdapat pada buah anggur berfungsi untuk mencegah terjadinya diabetes. Mangan meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak tetapi sangat di butuhkan tubuh.

Buah anggur selain rasanya yang sangat enak dan segar apalagi di konsumsi pada saat rehat di sore hari atau saat istirahat.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga