Manfaat Buah Dan Daun Melinjo Untuk Kesehatan

Manfaat buah dan daun melinjoManfaat Buah Dan Daun Melinjo Untuk Kesehatan - Melinjo atau nama ilmiahnya Gnetum gnemmon L, adalah pohon yang banyak menghasilkan manfaat bagi kelangsungan hidup manusia mulai dari akar, batang atau pohon, bunga, daun dan buahnya, selain untuk di konsumsi juga untuk berbagai pengobatan.

Pohon melinjo merupakan evolusi dekat dari tanaman Ginko biloba atau sejenis tanaman purba. Buah melinjo muncul di batang dan cabang batang, buah melinjo di bungkus kulit tipis yang lunak dan setelah itu di bungkus lagi dengan kulit tipis yang keras. Bagi buah yang masih mentah berkulit hijau, kuning dan yang sudah matang berkulit merah.

Buah melinjo yang sudah matang bisa jatuh sendiri tanpa harus di petik, bagian melinjo yang di manfaatkan adalah pada bagian kulit, daun, buah, kayu dan akar. Daun yang masih muda bisa di manfaatkan untuk sayur, namanya sayur "Eso" sementara buahnya selain bisa di makan setelah di rebus atau di goreng, juga bisa di buat keripik, namanya keriping "emping".

Konon ada banyak kabar di kalangan masyarakat bahwa buah melinjo tidak baik untuk penderita asam urat. Katanya "mereka merasakan sakit pada kaki dan tangan setelah mengkonsumsi buah melinjo", Namun ternyata buah melinjo sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Artikel lain:
Sari buah kurma untuk kesehatan 
Cara menghilangkan bau petai dengan mudah

Manfaat Buah Dan Daun Melinjo Untuk Kesehatan Kita

Daun Melinjo

Di atas telah di singgung bahwa daun melinjo bermanfaat untuk menunjang kesehatan kita. Daun melinjo menurut pengertian masing-masing orang berbeda, kalau orang jawa menyebutnya daun eso, manenjo (Bangka belitung), mulieng (Aceh) atau tangkil menurut bahasa Sunda.

Daun melinjo memiliki kandungan zat yang di namakan saponin dan flavonoid. Pada dasarnya manfaat dari zat ini adalah untuk memperlancar pembuangan urine melalui alat kelamin.

Caranya:
Sediakan beberapa lembar daun melinjo (15-20 lembar) bila perlu di campur dengan kulit buah belinjo, setelah itu kukus dan di makan sekaligus saat kondisi hangat, lalu minum segelas penuh air putih. Biasakan hal ini setiap dua atau tiga hari.

Kegunaan lain dari daun melinjo yang sudah tua adalah untuk mengatasi gigitan anjing yang kadang bisa meradang.

Caranya:
Ambil beberapa lembar daun melinjo dan cuci bersih setelah itu campurkan dengan 2 siung bawang putih serta sepotong temulawak, lalu tumbuk sampai halus. Ramuan ini di gunakan untuk membalurkan ke bagian tubuh yang di gigit anjing.  

Buah Melinjo

Buah melinjo memang enak jika di buat keripik emping namun kita di sarankan agar tidak mengonsumsi terlalu banyak karena biji atau buah melinjo ini mengandung zat purin yang bisa menyebabkan gangguan pengeluaran oleh ginjal atau istilahnya Hiperurisemia. Jadi jika kita menyukai melinjo atau masakan yang terbuat dari melinjo sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsinya.

Buah melinjo juga mengandung konsentrasi protein yang cukup tinggi sehingga bisa berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Kita pun tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Secara Rinci Berikut Manfaat Buah Melinjo 

* Meningkatkan kekebalan tubuh

* Mencegah penuaan dini

* Bahan alami untuk mengatasi hipertensi

* Sebagai bahan pengawet alami

* Memperkuat daya ingat

* Mencegah anemia

* Mengobati luka

* Mencegah penyakit jantung

* Mencegah masalah ginjal

Itulah manfaat buah melinjo untuk menunjang kesehatan kita, jika ada di antara pemirsa yang mengetahui manfaat lain dari buah melinjo bisa di tulis di kolom komentar untuk berbagai informasi dengan yang lain.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga