Manfaat Kecipir Untuk Kesehatan

Manfaat kecipir untuk kesehatanManfaat Kecipir Untuk Kesehatan - Bagi masyarakat Indonesia kususnya daerah jawa, mengenal sayur kecipir bukanlah hal yang baru, banyak masyarakat memanfaatkan sayur kecipir untuk di gunakan berbagai masakan, seperti tumis, pelengkap nasi pecel atau sayuran lain sesuai selera.

Sayur kecipir atau bahasa latinya Psophocarpus tetragonolobus, juga di kenal dengan bahasa yang berbeda-beda di seluruh daerah di Indonesia misalnya di Sumatra di kenal sebagai Kacang botol, Sunda sebagai Jaat, Bali (Kelongkang) dan lainnya.

Kecipir merupakan tanaman merambat seperti layaknya kacang panjang pada umumnya dan membutuhkan penyangga supaya bisa tumbuh tinggi, bunga kecipir biasanya berwarna biru kepucatan dan bisa di gunakan sebagai pewarna alami makanan atau jajanan, sementara bentuk buah kecipir memanjang agak bulat tetapi berbentuk segi empat dan tepi sudut bersayap, kecipir berwarna hijau segar yang panjangnya sampai sekitar 20-30 cm namun jika sudah tua berwarna coklat kehitaman, sementara bijinya mengandung protein yang bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Jadi sayur kecipir bukan hanya bermanfaat untuk dunia kuliner saja, namun memberikan manfaat lain yang lebih penting bagi kesehatan tubuh kita.

Artikel lain:
7 Manfaat buah mentega yang unik untuk menunjang kesehatan
9 Manfaat buah malaka untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat Biji Sayur kecipir Untuk Kecantikan

1. Menjaga kelembaban kulit dan mencegah agar kulit tidak mudah mengelupas.

2. Menghilangkan kesan pucat dan membuat tampilan wajah tetap segar merona.

3. Karena mengandung serat maka bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan bermanfaat sekali untuk program diet sehat.

4. Mengkonsumsi sayur kecipir dengan rutin akan bermanfaat untuk melancarkan menstruasi dan menghilangkan efek yang terjadi seperti rasa nyeri.

5. Menunda penuaan dini, menghilangkan keriput atau garis halus pada wajah.

Manfaat Sayur Kecipir Untuk Kesehatan Manusia

1. Sumber Asam Folat, zat ini bermanfaat untuk sisntesis DNA dan pembelahan sel, membantu pertumbuhan dan perkembangan janin juga menjaga dari abnormal struktur tubuh janin. Jadi kecipir sangat bermanfaat untuk bunda yang mengandung. Manfaatkanlah!

2. Pengganti Daging, Pada sebuah penelitian kandungan nutrisi kecipir lebih tinggi dari pada daging sehingga di kenal sebagai pengganti daging. Nutrisi tersebut antara lain kalori, protein, lemak dan karbohidrat. Karena nutrisi yang sama juga terkandung di dalamnya.

3. Sebagai Antioksidan, zat tokoferol yang terdapat dalam kecipir berfungsi sebagai antioksidan, sangat baik untuk ibu hamil dan menyusui, oleh karena itu bagi ibu hamil dan menyusui sangat di sarankan mengkonsumsi sayur jenis ini agar dapat terhindar dari penyakit anemia.

4. Sumber Protein, bagi Anda yang ingin mendapatkan protein nabati yang tinggi, kecipir bisa menjadi pilihat yang terpat.

5. Sumber Kalsium, dalam sayur kecipir juga terdapat mineral yang tinggi yaitu kalsium dan fosfor, sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

6. Sumber Vitamin, selain sebagai antioksidan yang baik, kecipir juga mengandung vitamin yang sangat berguna bagi tubuh kita, beberapa vitamin tersebut antara lain vitamin A, C, B, E, beberapa vitamin ini bermanfaat untuk menjaga DNA agar tidak rusak, menjaga vitalitas tubuh dan meningkatkan nafsu makan.

7. Rendah Kalori, jangan ragu untuk memilih sayur sebagai menu harian Anda, karena kecipir rendah kalori (dalam 100 gr kecipir terdapat sekitar 49 kalori), selain itu kaya serat sehingga bermanfaat sekali untuk Anda yang menjalankan program diet.

8. Mengandung Lemak Sehat, meskipun mejalankan diet bukan berarti harus menghindari lemak, lemak sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuh dan kestabilan hormon. Kecipir juga mengandung lemak nabati yang sehat dan berguna untuk tubuh kita.

Manfaat Kecipir Untuk Beberapa Pengobatan

Obat Bisul

Daun kecipir juga bisa di gunakan sebagai obat bisul, caranya: Daun kecipir di ambil sarinya lalu di campur dengan adas pulosari langsung di oleskan ke bagian tubuh yang bisulan, niscaya bisul akan segera sembuh.

Obat Tetes Mata

Jika kebetulan Anda sakit mata dan pekarangan terdapat sayur kecipir, tidak keburu membeli obat mata, kecipir dapat bermanfaat untuk obat tetes mata, caranya: Pilih beberapa lembar daun (5-10 lembar) lalu rebuslah sampai mendidih, setelah itu saring dan biarkan sampai dingin. Nah, air inilah yang dapat kita manfaatkan untuk obat tetes mata. Teteskanlah 1-2 kali ke mata Anda yang sakit niscaya akan kembali sehat.

Bagaimana sobat, banyak juga kan manfaat dari kecipir? oleh karena itu dengan mengkonsumsi kecipir setiap hari akan membantu tubuh dalam mendapatkan nutrisi. Jika Anda memiliki pengetahuan tentang manfaat lain dari sayur kecipir, bisa di tambahkan ke kolom komentar agar bisa bermanfaat untuk lebih banyak orang lain lagi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga