Manfaat Nutrisi Buah Langsat Untuk Kesehatan

Manfaat dan nutrisi buah langsat.Manfaat Nutrisi Buah Langsat Untuk Kesehatan - Anda tahu buah langsat? Yah, buah langsat yang biasanya banyak tumbuh di Asia tenggara termasuk Thailand, Singapura dan Indonesia.

Buah ini memiliki rasa yang manis keasaman dan berbentuk bulat kecil, kalau masih mentah berwarna hijau tapi kalau sudah matang berwarna kuning langsat.

Buah langsat masih dalam satu jenis dengan buah duku bedanya kalau buah duku memiliki kulit yang lebih tebal dan rasanya agak lebih manis sementara kulit buah langsat tipis dan cenderung bergetah.

Artikel lain:
Manfaat buah pisang bagi ibu hamil
Nutrisi buah salak untuk menjaga kesehatan 

Ciri lain buah langsat ini adalah tidak bisa tahan lama saat setelah di petik, dalam sehari warna kulit buah ini akan berubah coklat kehitaman namun tidak mempengaruhi rasa dari daging buahnya. Buah ini biasanya sangat di gemari mulai dari anak sampai orang dewasa, namun kepopuleranya kalah dengan buah duku.

Manfaat Nutrisi Buah Langsat Untuk Kesehatan

1. Buah ini memiliki serat atau dietary fiber yang bagus untuk membantu meningkatkan fungsi proses pencernaan, kita pun juga terhindar dari berbagai masalah buang air besar.

2. Sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, selain itu juga mencegah munculnya sel tumor dan kanker, terutama kanker kolon.

3. Bagian kulit dan biji ternyata bisa untuk bahan baku obat anti diare, anti nyamuk (Caranya: kulit yang sudah kering di bakar dan ini sangat ramah lingkungan), serta menurunkan demam dan sebagai obat cacingan.

4. Kulit batang kayunya bisa di gunakan untuk pengobatan gigitan serangga yang berbisa, juga untuk pengobatan disentri.

5. Limbah dari kulit dan biji buah langsat bisa untuk pupuk organik.

Nutrisi Yang Terkandung di Dalam Buah Langsat

Buah yang mirip dengan duku ini ternyata memiliki kandungan yang baik untuk menunjang kesehatan kita, bahkan dalam sebuah studi menemukan bahwa kandungan mineral, zat besi, kalori setingkat lebih tinggi jika di bandingkan dengan buah apel dan jeruk.

Nutrisi Buah Langsat Dalam Takaran Per 100 gr:

1. Kalori 70 kal

2. Karbohidrat, 13 gr 

3. Protein, 1 gr

3. Kalsium, 18 mg

4. Fosfor, 9 mg

5. Zat besi, 0,9 sampai 1 mg

6. Tiamin, 0,05 mg

7. Riboflavin, 0,02 mg

8. Niacin, 0,5 mg

9. Vitamin-C, 4-13,4 mg

10. Mineral 0,7 gr

11. Lemak 0,2 gr
  
Kalau kita saat makan buah ini lalu secara tidak sengaja mengunyah bijinya memang terasa pahit sekali, namun kalau Anda mau Anda bisa menelanya, dan ini tidak berdampak negatif pada kesehatan.

Semoga bermnfaat dan terima kasih


2 comments:

  1. banyak banget manfaatnya
    bentuknya kayak buah duku

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masih keluarga buah duku, rasanya pun mirip buah duku hanya saja lebih ada asem-asemnya,,,

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga