Nutrisi Buah Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Nutrisi buah tomat untuk kesehatan dan kecantikanNutrisi Buah Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Buah yang berbentuk bulat dan berwarna merah jika sudah masak ini tidak asing lagi di telinga kita. Konon, awal di temukanya buah tomat di Amerika selatan dan buah ini masih tergolong dengan cabe, terung, paprika dan kentang.

Sayang Buah tomat

Buah tomat banyak di budi dayakan di perkebunan di desa-desa kecil di indonesia dan di Asia pada umumnya, cara penanaman buah ini bisa langsung tanah atau dengan metode hidroponik. Cara penanamanya yang mudah membuat buah tomat di sayang banyak orang.

Kita tentunya sering mengkonsumsi buah ini, baik secara langsung (di buat jus) atau di buat campuran bumbu masakan seperti sayur atau "Sambal" yang di campurkan dengan buah tomat terasa lebih segar dan menarik, saat makan pun terasa lebih mantap!

Nutrisi Buah Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Jus tomat yang di tambah sedikit air es terasa lebih segar dan nikmat. Nutrisi dalam buah tomat sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, pada intinya buah tomat banyak mengandung Vitamin-C dan Air jika kita konsumsi tentu sangat baik dalam proses metabolisme dan pencernaan, nutrisi buah tomat dapat memperkecil pori-pori kulit tubuh kita dan membuat kulit terasa lebih sehat, kenyal dan cerah.

Mengkonsumsi buah tomat setiap hari adalah salah satu cara agar kulit kencang dan awet muda, oleh karena itu dengan membiasakan mengkonsumsi buah tomat dapat meningkatkan derajad kesehatan diri kita. 

Selain sebagai sumber Vitamin-C dan air ternyata buah ini juga mengandung unsur lain yang bermanfaat dalam menunjang kesehatan kita, meskipun jumlahnya sangat sedikit, di antaranya adalah (Dalam 100 gram buah tomat):

* Karbohidrat

* Beberapa Vitamin dan mineral

* Lemak

* Lemak tak jenuh ganda

* Lemak tak jenuh tunggal

* Kalori

* Protein

* Serat

* Kalsium

* Kromium

* Kalium

* Sodium

* Gula dan Nol kolesterol

Nutrisi Buah Tomat Untuk Kesehatan

Mengurangi Kadar Lemak

Lemak memang bermanfaat bagi tubuh kita tapi kalau jumlahnya terlalu banyak dan mengendap di dalam tubuh akan menyebabkan tingkat kesehatan kita menurun dan bahkan justru membahayakan keselamatan.

Jika tubuh kita terlalu berlebih kadar lemaknya, selain berolahraga dan melakukan aktivitas lain yang menguras energi, sangat di sarankan untuk mengkonsumsi buah tomat setiap hari. Karena buah ini banyak mengandung kalori, protein, serat dan karbohidrat seperti yang telah di sebutkan di atas.

Membentuk Otot Yang Sehat

Aktivitas siang hari yang melelahkan dan membuat kesehatan otot menurun maka akan berdampak pula pada kesehatan diri kita secara keseluruhannya. Oleh karena itu kita membutuhkan yang namanya "istirahat" Nah, dalam proses istirahat inilah otot berupaya kembali sehat dan sempurna.

Dalam upaya kembali sehat dan sempurna seperti sedia kala di butuhkan beberapa nutrisi yang menunjang antara lain "buah tomat", jadi buah ini sangat membantu mengembalikan kondisi otot yang lelah dan menjadi prima kembali.

Mencegah Penyakit Kanker

Tahukah Anda, bahwa buah tomat dapat mencegah penyakit kanker? buah tomat juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita dan tidak gampang sakit.

Jika kita konsumsi buah tomat setiap hari, di jamin Anda akan jauh dari penyakit kanker, mulai dari kanker payudara, kanker rahim, kanker kulit, kanker usus besar dan banyak lagi jenis penyakit kanker yang lain.

Anti Radikal Bebas

Selain nutrisi yang di sebutkan di atas, buah tomat juga mengandung zat antioksidan lain seperti flavonoid dan zea-xanthin yang sangat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang jelas sangat merugikan kesehatan.

Menjaga Kesehatan Gigi Dan Tulang

Di sebutkan di atas bahwa buah tomat mengandung kalsium yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi, bagus bagi kesehatan anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Anti Kolesterol Jahat

Buah tomat tidak mengandung kolesterol, sehingga peranan nutrisi buah ini sangat di butuhkan dalam mengkontrol kesehatan darah. Kita ketahui bahwa dalam tubuh kita terdapat dua jenis kolesterol yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL).

Jika kolesterol baik yang lebih dominan itu bagus, tapi kalau kolesterol jahat yang lebih dominan berarti harus di imbangi dengan kontrol kolesterol yang lebih baik. Nah, buah tomat yang banyak mengandung mineral sangat baik untuk mengontrol jumlah kolesterol dalam darah, sehingga kita jauh dari penyakit tekanan darah tinggi.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Vitamin-A yang terkandung dalam buah tomat bermanfaat untuk kesehatan mata kita, selain itu nutrisi lain yang terkandung adalah niacin, asam folat dan thiamine. Beberapa nutrisi tersebut berkolaborasi dalam meningkatkan derajat kesehatan mata.

Meringankan Kerja Jantung

Kalium yang terdapat dalam buah tomat bermanfaat untuk mengkontrol denyut jantung kita dalam memompa darah untuk di salurkan ke seluruh tubuh. Dengan kalium kerja jantung lebih ringan dan stabil, sehingga kita jauh dari penyakit yang berat seperti penyakit jantung dan strok.

Mengontrol Gula Darah

Gula dalam darah tidak boleh berlebih yang pada akhirnya akan berakhibat fatal yaitu beresiko terkena penyakit diabetes. Kandungan kromium dalam tomat berfungsi untuk mengkontrol kadar gula dalam darah kita sehingga membuat gula dalam darah menjadi stabil dan normal.

Nutrisi Buah Tomat Untuk Kecantikan

Mengencangkan Dan Merawat Kulit

Buah tomat sangat baik untuk kesehatan kulit Anda, selain bisa mengencangkan kulit juga membuat pori-pori lebih kecil. Jika ingin memiliki kulit wajah yang kencang, sehat dan bercahaya maka Anda harus membiasakan membuat masker buah tomat.

Caranya bisa di blender (di buat jus) atau bisa juga langsung di tempelkan ke kulit wajah, caranya buah tomat di potong tipis dan langsung di tempelkan di kulit wajah kita. Maka, wajah akan terasa lebih kencang, segar dan sehat.

Menghilangkan Jerawat

Banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar buah tomat, artinya, jika Anda membutuhkan vitamin-C dan A untuk memenuhi nutrisi kulit wajah, jangan terburu membeli sebuah produk! ada yang masih alami yaitu buah tomat.

Wajah yang berjerawat berangsur-angsur akan bersih jika kita rutin menggunakan masker atau potongan tipis buah tomat karena mengandung banyak asam yang bermanfaat untuk membunuh kuman penyebab jerawat.

Mencegah Kerusakan Sel Kulit

Kerusakan sel kulit akan membuat kulit tampak tidak menarik dan kemerahan, yang paling parah bahkan bisa membentuk semacam kerutan yang membuat Anda tampak lebih tua 10 tahun kemudian. Wow,, mengerikan bukan?

Nah, untuk menjaga kesehatan sel kulit Anda maka harus di butuhkan nutrisi likopen yang cukup. Kita harus membutuhkan sekitar 16 miligram likopen agar sel kulit lebih sehat dan tahan lama. Setelah makan jangan minum soft drink tapi ganti dengan jus buah tomat yang lebih sehat.

Melindungi Kulit Dari Ultraviolet Sinar Matahari

Sinar matahari yang langsung mengenai kulit bisa merusak struktur atau susunan sel kulit kita, jika nutrisi kulit kurang maka mudah terkena banyak penyakit seperti kanker kulit, gosong, bersisik dan kusam.

Tidak perlu membeli produk tabir surya untuk melindungi kulit Anda, memilih buah tomat langsung untuk tabir surya lebih baik dari pada produk jadi yang telah beredar di toko, apotik dan pasar, selain alami, tanpa efek samping, ekonomis lagi.

Saya rasa cukup tulisan artikel ini dan jika di antara pemirsa menemukan manfaat lain dari buah tomat untuk kesehatan dan kecantikan bisa di tambahkan di kolom komentar, agar bermanfaat bagi lebih banyak orang lagi.

Perlu untuk di ketahui bahwa beberapa orang mungkin tidak cocok terhadap buah ini, maka dari itu sangat di sarankan bagi pembaca untuk mengkonsultasikan dahulu kepada para ahli gizi dan kesehatan, terutama yang akan menjalani program diet sehat.

Itulah ulasan mengenai nutrisi buah tomat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kita, bagaimana sobat, berkhasiat sekali buah tomat ini bukan?
Sumber: Here

Semoga bermanfaat dan terima kasih


0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga