Manfaat Buah Matoa Untuk Kesehatan

Manfaat buah matoa untuk kesehatanManfaat Buah Matoa Untuk Kesehatan - Ada yang tahu buah matoa? ya benar, buah matoa adalah salah satu buah berpohon besar dan keras yang biasa tumbuh di daerah Irian jaya-Indonesia.

Pohon buah matoa tinggi, bisa mencapai rata-rata 17-20 meter dan diameter 100cm, buah ini memiliki nama latin Pometia pinnata.

Rata-rata buahnya sebesar biji jambu sampai genggaman orang dewasa dan kalau masih muda berwarna hijau tapi kalau sudah masak berwarna kuning kemerah-merahan.

Buah matoa bisa di makan dan rasanya seperti campuran antara buah rambutan dengan buah kelengkeng, segar dan lezat rasanya. Buah ini mengandung vitamin C dan vitamin E yang berguna bagi kesehatan.

Manfaat Buah Matoa Untuk Kesehatan

* Kandungan vitamin C, yang tinggi bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas sehingga meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai bakteri atau virus yang menyebabkan sakit.

* Kandungan vitamin E, bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit, meningkatkan kesuburan, meminimalisir hormon stres, dan juga bisa menjauhkan Anda dari berbagai penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung koroner.

Manfaat Daun Matoa

Selain manfaat buah matoa untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita ternyata daunnya pun juga bisa kita manfaatkan, salah satunya untuk mengobati penyakit disentri.

Caranya:
Ambil beberapa lembar daun pohon buah matoa, bersihkan dan rebus setelah itu dinginkan dan minumlah, hal ini di percaya sejak dahulu sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit disentri.

Manfaat Lain Daun Matoa

1. Untuk menghancurkan dan mengobati masalah batu ginjal

2. Untuk mengatasi masalah batu empedu

3. Menghambat proses penuaan dini

4. Menyembuhkan darah tinggi dan menormalkan tekanan darah

5. Menormalkan gula darah dan kestabilan kesehatan darah

Manfaat Kayu Pohon Matoa

* Sangat cocok untuk pembuatan perabot dan mebel karena kayu ini memiliki kekuatan yang bagus untuk perabot dan mebel.

* Sangat cocok jika di manfaatkan untuk bahan bangunan rumah atau industri yang lain, karena pohon atau kayu matoa termasuk kayu keras.

* Pohon matoa juga sangat cocok di manfaatkan sebagai alternatif bahan baku kertas, karena memiliki serat yang sangat bagus.

* Kayu matoa juga bermanfaat untuk pembuatan arang atau kayu bakar bagi yang masih memanfaatkan arang atau sekedar penghangat tubuh. 

Itulah sekilas tentang buah matoa yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kita semua, saat ini sudah banyak pohon buah matoa yang di tanam di seluruh Indonesia, Ayo, konsumsi buah matoa yang segar untuk kesehatan.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga