Puasa Bikin Sehat Jiwa Dan Raga

Puasa bikin sehat jiwa dan ragaPuasa Bikin Sehat Jiwa Dan Raga - Saat bulan Ramadhan tiba seluruh umat muslim di dunia memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa yaitu menahan lapar, haus, nafsu, mengendalikan sikap dan sifat setiap harinya mulai terbit fajar sampai terbenam matahari agar mendapatkan keberkahan dan pahala dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Selain mendapatkan keberkahan di atas ternyata menurut sebuah penelitian, berpuasa bisa menjadikan sehat jasmani dan rohani kita.

Logikanya saat kita berpuasa berarti dapat mengistirahatkan organ pencernaan kita yang selama ini terus bekerja keras. Dengan menjalankan puasa proses metabolisme tubuh akan jauh lebih sempurna dari biasanya. 

Berikut Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jiwa Dan Raga

Pertama. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pada saat menjalankan puasa ternyata terjadi peningkatan HDL dan penurunan LDL sehingga berpengaruh pada ritme penurunan distribusi sirkadian dari suhu tubuh, hormon kortisol, melatonim dan glisemia dengan demikian peredaran darah ke jantung menjadi lebih baik.

Kedua. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Telah kita ketahui bahwa organ ginjal berfungsi untuk menyaring segala kotoran atau senyawa kimia yang berada didalam darah. Jadi dengan menjalankan puasa merangsang ginjal untuk melakukan aktifitas dialisis yang lebih baik dan memiliki fungsi sebagai "Detoxifikasi" yaitu mengeluarkan segala racun yang merugikan dari dalam tubuh.

Ketiga. Meningkatkan Fungsi Kerja Otak

Dengan menjalankan puasa juga mendorong sel otak untuk bekerja lebih aktif sehingga kecerdasan meningkat, berpuasa juga menekan produksi hormon kortisol yang menjadikan stres, sehingga pikiran lebih tenang dan damai.

Keempat. Menyerap Banyak Nutrisi

Berpuasa merangsang hormon adiponectin yang bertugas menyerap nutrisi dari makanan yang kita makan dari saat sahur sampai berbuka puasa menjadi lebih baik dan efektif, sehingga sedikit kemungkinan nutrisi yang terbuang.

Kelima. Menstabilkan Tekanan Darah

Sangat di anjurkan bagi mereka yang menderita diabetes, kolesterol tinggi dan kegemukan dan darah tinggi, kecuali bagi penderita yang sudah kronis seperti jantung koroner dan batu ginjal. Puasa dapat menjaga kondisi perut yang penuh makanan sehingga kelebihan nutrisi yang berakibat kurang baik untuk kesehatan.

Keenam. Menstabilkan Kondisi Psikologi

Kondisi yang tenang, damai dan tentram menjadikan jiwa seseorang yang menjalankan puasa lebih baik. Karena dengan demikian produksi hormon adrenalin menurun.

Ketujuh. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan menjalankan puasa kita tidak akan gampang sakit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa saat menjalankan puasa terjadi peningkatan limfosit sampai dengan sepuluh kali lipat. Kendati sel darah putih tidak berubah ternyata sel T mengalani kenaikkan pesat. Perubahan aksidental lipoprotein yang berkepadatan rendah (LDL), tanpa diikuti penambahan HDL.

Kedelapan. Melancarkan Pembuluh Darah ke Jantung

Pada sebuah penelitian juga di ketahui terdapat penurunan produksi kadar apobetta, menaikkan kadar apoalfa 1 di bandingkan saat sebelum menjalankan puasa. Sehingga dengan demikian bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah terutama darah ke jantung.

Kesembilan. Memperlancar Pencernaan Makanan

Saat menjalankan puasa maka usus akan bekerja lebih maksimal, membersihkan endapan sisa-sisa lemak sehingga pencernaan menjadi lebih lancar dan penyerapan sari-sari makanan oleh usus halus lebih baik dan efektif.

Kesepuluh. Meningkatkan Performa Hubungan Intim

Bukan halangan pada seseorang yang menjalankan puasa untuk melakukan seks, dengan berpuasa memang menurunkan konsentrasi produksi hormon testoteron, tetapi itu hanya sementara saja. Selanjutnya produksi hormon testoteron menjadi berlipat lebih banyak lagi sehingga performa seks menjadi lebih meningkat pesat.

Banyak sekali manfaat menjalankan puasa, jika ada pemirsa yang ingin menambahkan silahkan tulis di halaman kolom komentar agar bisa bermanfaat bagi lebih banyak orang lain lagi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga