Apa Itu Penyakit Ebola

Apa itu penyakit ebolaApa Itu Penyakit Ebola - Baru-baru ini dunia telah di gemparkan tentang virus Ebola yang menyebar di negara Liberia, melalui mas media banyak informasi yang di sampaikan mengenai virus ini.

Virus yang mematikan ini dulu sempat menjadi perbincangan hangat namun akhirnya menghilang, tetapi kali ini virus ini kembali menjadi perbincangan karena penyebaranya yang sangat cepat di negara Liberia.

Virus yang di ketahui mulai mewabah sekitar Tahun 1976 ini menjangkiti warga Sudan, Republik Demokratik Kongo, Yambuku, Nzara dan terakhir di sebuah Desa yang terletak di dekat sungai yang pada akhirnya sungai tersebut di namakan sungai "Ebola"

Penularan Virus Ebola

Virus ini menjalar melalui kontak dekat dengan darah, sekresi, organ atau cairan tubuh hewan yang terinfeksi virus Ebola. Di Afrika Infeksi telah di dokumentasikan melalui penanganan simpanse yang terinfeksi, Gorilla, kalong, Monyet, Babi hutan dan Kijang hutan yang di temui sakit atau mati di hutan.

Virus ini akhirnya menyebar melalui manusia ke manusia melalui kontak langsung kulit rusak atau selaput lendir, darah, sekresi, organ atau cairan tubuh dari orang lain yang terinfeksi. Pria yang sudah sembuh dari penyakit ini masih bisa menularkan virus Ebola melalui air sperma hingga seminggu atau tujuh hari setelah sembuh dari penyakit tersebut.

Tanda dan Gejala Tertular Virus Ebola

Biasanya akan di mulai dari demam yang mendadak, sakit tenggorokan, sakit kepala, nyeri otot dan di ikuti dengan diare, muntah, gangguan fungsi ginjal, gangguan fungsi hati dan ruam. Dalam beberapa kasus sampai pendarahan baik internal (Dalam tubuh) maupun eksternal (Bagian luar tubuh). Dalam uji raboratorium di temukan jumlah sel darah putih yang sangat rendah dan peningkatan enzim hati.

Sementara masa inkubasi yaitu interval waktu dari infeksi dengan virus untuk timbulnya gejala adalah 2 sampai 21 hari.

Vaksin dan Pengobatan

Sampai saat ini belum di temukan Vaksin dari lesensi yang tersedia, beberapa vaksin telah di uji namun belum dapat di gunakan secara klinis.

Para pasien membutuhkan perawatan suportif intensif. Pasien sering dehidrasi dan sangat membutuhkan rehidrasi oral dengan larutan yang mengandung elektrolit atau cairan intravena. Jadi sampai saat ini belum di temukan pengobatan khusus yang tersedia sedangkan terapi obat baru sedang di evaluasi.

Seperti Yang Telah di Lansir Oleh Daile Health Post (25/08) Hal Wajib Yang Harus di Ketahui Tentang Ebola

Pertama. Seseorang yang terjangkit virus ini memiliki tingkat kematian hingga 90%, Karena Setelah masuk ke dalam tubuh, virus ini merusak kekebalan tubuh dan organ-organ tubuh yang sangat vital, dengan adanya infeksi virus ini menyebabkan darah encer atau sulit membeku sehingga pasien selalu mengalami pendarahan.

Kedua. Seperti sudah saya singgung di atas bahwa Virus ini menular melalui kontak langsung pada kulit, organ tubuh atau cairan tubuh dari manusia atau hewan yang terinfeksi. Penularan juga bisa terjadi karena kontak langsung dengan benda mati seperti meja, kursi, hendle pintu atau benda lain yang terinfeksi, namun tidak bisa menular melalui udara atau air. Virus ini bisa bertahan sangat lama.

Ketiga. Jika ingin bepergian ke luar negeri, hendaknya selalu menjaga kebersihan diri, masing-masing budaya memiliki tingkat Kehigienisan yang berbeda. Sebaiknya hindari bepergian ke tempat virus Ebola menyebar.

Itulah informasi penting yang wajib kita ketahui walaupun kemungkinan masuk ke Indonesia sangat kecil, namun kita tetap mewaspadai terhadap wisatawan atau orang-orang yang bepergian keluar masuk negara kita.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga