Cara Sederhana Menjernihkan Air

Cara sederhana menjernihkan air.Cara Sederhana Menjernihkan Air - Telah kita ketahui bersama bahwa air merupakan sumber kehidupan bagi semua mahluk hidup termasuk manusia, air kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari mulai dari memasak, minum, mencuci dan banyak keperluan lainya.

Pada kesempatan yang lalu kita telah membahas mengenai air mineral yang sehat untuk kesehatan. Sebagai referensi tambahan bahwa air merupakan kebutuhan vital bagi kehidupan manusia dan alam.

Namun bagaimana jika air yang biasa kita gunakan sehari-hari menjadi keruh, berbau atau berwarna? keadaan ini mungkin di sebabkan karena lingkungan yang mulai mempengaruhi kandungan air, mikroorganisme atau kotoran di sekitar area air tersebut.

Artikel lain:
Peduli air bersih dan sehat untuk hidup yang lebih berkualitas
Pengertian pencemaran air untuk indonesia yang lebih sehat 

Selama kualitas dan kuantitas air masih bagus dan bisa di manfaatkan, kita bisa menggunakan tehnik penyaringan sederhana untuk menjernihkan dan membersihkan air sehingga layak untuk di konsumsi.

Berikut Cara Sederhana Untuk Menjernihkan Air Agar Layak Untuk di Konsumsi


1. Saringan Air Kain Katun

Mendapatkan air bersih dari hasil saringan kain katun ini tergantung dari kerapatan tenunan kain tersebut. Mikroorganisme atau kotoran kecil yang mempengaruhi air akan tersaring di kain dan kita akan mendapatkan air bersih. Tehnik ini adalah yang paling sederhana dan mudah untuk di lakukan.

2. Saringan Air Dengan Kapas

Selain mendapatkan air bersih dengan cara di atas kita juga bisa mendapatkan air bersih dari tehnik saringan kapas, air yang di hasilkan juga lebih baik dan bersih namun tetap tergantung dari kerapatan kapas tersebut.

3. Aerasi

Proses penjernihan air dengan cara menyiramkan oksigen ke dalam air yang akan di jernihkan. Dengan adanya oksigen di dalam air tersebut menjadikan zat-zat seperti matana, karbondioksida dan hidrogen sulfida yang mempengaruhi rasa, bau dan warna air bisa di kurangi bahkan di hilangkan.

Sementara itu partikel mineral yang larut dalam air seperti besi dan mangan akan teroksidasi dan secara cepat dapat membentuk endapan di dasar sehingga dapat di bersihkan secara sedimentasi atau filtrasi.

4. Saringan Pasir Lambat (SPL)

Saringan pasir lambat adalah proses mendapatkan air bersih dengan cara melewatkan air ke dalam pasir halus di atasnya dan kerikil di bawahnya. Kita harus secara berkala membersihkan pasir dan kerikil tersebut untuk menjaga kualitas air.

5. Saringan Pasir Cepat (SPC)

Saringan pasir cepat sebenarnya hampir sama dengan saringan pasir lambat atau (SPL) namun bedanya Arah penyaringan air terbalik yaitu dari bawah ke atas (Up flow). Jadi air di dapatkan dari melewati lapisan kerikil dahulu setelah itu melewati lapsan pasir halus.

6. Grafity-fed Filtering System

Grafity-fed Filering system adalah cara mendapatkan air bersih dari gabungan Saringan pasir lambat (SPL) dan saringan pasir cepat (SPC) sehingga di harapkan akan mendapatkan air bersih yang berkualitas lebih baik. Caranya air di saring dengan Saringan pasir cepat (SPL) dulu setelah itu air di alirkan ke Saringan pasir lambat (SPL).


7.  Saringan Arang

Saringan arang atau saringan pasir arang adalah dengan cara menambahkan satu lapian arang. Lapisan arang ini sangat baik untuk menghilangkan rasa dan bau dalam air. Arang yang dapat di gunakan adalah arang kayu atau arang dari pembakaran batok kelapa.

8. Saringan Air Sederhana

Adalah cara untuk mendapatkan air bersih dari gabungan antara Saringan pasir arang dengan saringan pasir lambat. Pada tehnik ini selain menggunakan pasir, kerikil, batu dan arang juga di tambahkan ijuk atau sabut kelapa. Sehingga air yang di dapatkan lebih baik dan berkualitas.


9. Saringan Keramik

Tehnik mendapatkan air bersih dengan cara ini dapat di simpan dalam waktu yang relatif lama sehingga dapat di pergunakan sewaktu-waktu.

Air ini di dapatkan dari elemen filter keramik, beberapa filter keramik menggunakan campuran perak yang berfungsi untuk membunuh bakteri, ketika proses penyaringan, kotoran yang ada dalam air akan tertahan dan menumpuk sehingga akan menyumbat saluran filter.

Untuk perawatan kita bisa membersihkan dan menyikat filter saringan keramik pada air yang mengalir agar mudah dan cepat bersih.

10. Saringan Cadas

Tehnik ini biasa di gunakan masyarakat Bali, yaitu dengan menyaring air menggunakan lubang pori-pori batu cadas. Air yang di gunakan biasanya dari air sumur dan air irigasi aliran sawah.

11. Saringan Air Tanah Liat

Tanah liat di bentuk seperti kendi atau belanga yang di bakar terlebih dahulu dan di persiapkan kusus pada bagian dasarnya untuk menyaring air agar air yang keluar dapat tersaring dari pori-pori.

Semoga bermanfaat dan terima kasih


0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga