Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan

Mengenal buah Plum.Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan - Ada yang tahu buah plum? Yah, buah ini memang sulit di temui di Indonesia karena bukan asli tanaman Indonesia, Buah plum bentuknya kecil dan seperti anggur, banyak warna dan jenisnya ada hitam, hijau, kuning, merah dan ungu.

Kalau buah plum di Indonesia biasanya berwarna hijau kekuningan dan mengandung banyak air sedangkan di Eropa buah ini biasanya berwarna merah keunguan rasanya manis tetapi sedikit mengandung air dan black plum berasal dari Cina selain rasanya manis dan enak juga memiliki cerita mitologi sebagai symbol kearifan, keabadian dan kebangkitan.

Jika kita ingin mendapatkan buah ini mungkin di supermarket besar atau pasar buah besar bisa di temui. Kalau di Indonesia daging buah plum tebal dan jika di gigit memiliki cita rasa manis seperti jambu dan berair mungkin tekstur dagingnya seperti buah sawo. Harga buah plum ini berkisar antara 40-50 ribu per kilo.

Selain memiliki rasa yang manis dan enak ternyata buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Buah plum memiliki kandungan vitamin-C yang sangat tinggi, asam malat, asam oksalat, zeng, vitamin-B, zat tanin dan sumber zat besi yang membantu proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

Buah plum membantu memurnikan atau membersihkan darah dari zat-zat yang tidak di butuhkan tubuh sehingga cocok bagi penderita strok dan pengidap penyakit jantung.

Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan Manusia

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Terutama plum merah mengandung mineral potasim yang mengontrol laju tekanan darah dan detak jantung. Zat dalam buah plum dapat menurunkan kadar kolesterol sedangkan serat dalam buah ini adalah serat larut yang meningkatkan ekskresi tubuh. Buah plum sangat baik untuk menormalkan kadar gula darah.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan kerotenoid yang biasanya ada pada plum merah sangat bermanfaat untuk memfilter cahaya yang masuk ke retina sehingga mencegah berbagai penyakit mata termasuk akhibat penuaan.

3. Sebagai Antioksidan

Kandungan vitamin-C sebagai antiradikal bebas sangat bermanfaat untuk tubuh agar kita tidak gampang sakit.

4. Bermanfaat Untuk Diet

Bagi Anda yang saat ini menjalani program diet, memilih buah plum adalah langkah yang tepat karena buah plum memiliki serat yang tingi.

5. Menjaga Kesehatan Kulit Dan Rambut

Kandungan zat dalam buah plum juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut.

6. Mencegah Kerusakan Tulang

Anda bisa buktikan sendiri kasiat buah plum yaitu untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. Sehingga Anda akan memiliki tulang yang kuat sampai tua.

Meskipun buah ini banyak manfaat dan khasiatnya namun tidak di anjurkan bagi penderita batu ginjal, karena buah plum juga mengandung asam oksalat.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga