Pengertian Pencemaran Air Dan Cara Mengatasi Untuk Indonesia Sehat

Pengertian pencemaran Air dan cara mengatasi untuk Indonesia sehatPengertian Pencemaran Air Dan Cara Mengatasi Untuk Indonesia Sehat - Air merupakan salah satu unsur penting dalam kehidupan di dunia ini, air bermanfaat bagi semua makhluk hidup, air bukan hanya untuk di konsumsi namun juga telah menjadi habitat bagi makhluk hidup yang lain.


Tetapi apa jadinya jika air yang kita konsumsi sudah tercemar dan makhluk hidup air sudah pada mati, maka kita akan menjadi bingung dan sedih karena tidak ada air bersih.

Pengertian Pencemaran Air Dan Cara Mengatasi Untuk Indonesia Sehat

Semua air sudah tercemar dan semua makhluk hidup terancam jiwanya, bayangan kematian sudah tergambar jelas dan meluas ke tempat lain. Kehancuran global kehidupan di muka bumi akan tampak nyata dan menghantui, hal ini akan menjadi fenomena yang sangat mengerikan bila terjadi.

Sobat, bayangkan jika hal itu terjadi saat ini dan melanda Anda beserta keluarga yang Anda sayangi, kehidupan di sekitar Anda akan kering dan kotor, karena kehilangan satu unsur alam, semua kehidupan menjadi lumpuh, tidak berdaya dan setelah itu mati. Saat itu mungkin beberapa sisa-sisa kehidupan baru menyadari arti pentingnya menjaga kelestarian alam, termasuk air bersih.

Sobat, gambaran kejadian di atas sudah terbukti dengan adanya contoh-contoh kecil di sekitar kita, mulai dari sungai yang penuh sampah akhibat ketidak pedulian seseorang atau kelompok tertentu sampai dengan limbah pabrik yang menumpuk di sungai, daratan atau laut, dikarenakan pemilik usaha sudah tidak peduli terhadap kelestarian alam.

Kebocoran tangki minyak pada kilang minyak di tengah laut akan mengganggu ekosistem perairan dan sebagai pemicu kematian biota air.

Artikel lain:
Ternyata air itu hidup
Cara sederhana menjernihkan air 

Oleh karena itu di butuhkan tekad kepedulian yang besar untuk mengatasinya, serta, langkah nyata secara bersama-sama. Para pihak harus peduli terhadap kejadian ini mulai dari pemerintah, elemen masyarakat serta kelompok tertentu untuk mempelopori usaha penyelamatan yag di mulai dari menjaga keaslian air tersebut.

Mulailah dari diri sendiri, karena apa yang Anda lakukan saat ini akan menjadi contoh figur keteladanan yang baik dan akan di tiru oleh yang lainnya. Mulailah dengan membiasakan hal sepele, seperti membuang sampah pada tempatnya, membuang limbah keluarga pada tempatnya dan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Cara Yang Efektif Menjernihkan Air Yang Kotor

Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu teknologi, manusia semakin berusaha mengembangkan bakat dan potensinya, kehidupan manusia semakin maju dan semakin beragam pula kebutuhan dan fasilitas manusia, tentu saja limbah yang di hasilkan semakin banyak dan mengganggu. Pencemaran tidak lagi pada sektor air saja namun sedah melanda Tanah, Udara dan Suara.

Banyak cara yang di lakukan manusia untuk menangani pencemaran air namun tidak terlalu efektif, berikut ini di paparkan beberapa langkah yang mudah dan efektif untuk mengatasi pencemaran air, tentu saja sangat bijak dan tepat jika di lakukan bersama-sama dengan kelompok atau komunitas tertentu dengan kerja sama yang baik untuk mewujudkan harapan bersama pula, demi terciptanya lingkungan Indonesia yang bersih, sehat dan Asri, hidup menjadi bermartabat dan berkualitas.

Pertama. Pertahankan Sumber Air Bersih Yang Masih Ada Dan Belum Tercemar

Jika ada sumber air bersih di sekitar Anda, segera lindungi dan jaga kebersihanya karena jika sudah terlanjur tercemar maka sulit untuk mengembalikan kondisi bersih seperti sedia kala. Lakukanlah sebelum memerlukan tindakan yang lebih besar lagi. Berikan contoh pada yang lain agar kehidupan sumber air bersih di muka bumi ini, selamat sedini mungkin.

Kedua. Lakukan Penanaman Kembali Lahan Yang Gundul (Reboisasi)

Reboisasi harus segera di lakukan untuk menjaga air bersih di dalam tanah kita demi masa depan anak cucu kita nanti. Lakukan penanaman kembali tanah yang gundul dengan kayu jenis besar dan tebal seperti sengon, mahoni, kopi, jati, pinus atau yang lainnya. Dengan demikian persediaan sumber air bersih akan tetap terjaga.

Contoh nyata telah di lakukan oleh PT Tirta Investama, reboisasi telah di lakukan di 4 desa yaitu Desa Jatiarjo, Dayurejo, Ledug dan Pecalukan Kabupaten Pasuruan, dalam rentan waktu Tahun 2009 sampai Tahun 2013. Pohon yang telah di tanam adalah sekitar 30.000 pohon sengon, 70.000 pohon kopi (Dilakukan peningkatan jumlah pohon dari rencana awal 8.000 pohon, karena adanya permintaan dari penduduk setempat) dengan luas area total 78968 Ha (Open area 33190 Ha dan Ocoipied by building 4577,7 Ha) Hal itu juga memberikan penyediaan air bersih kepada 202 KK warga sekitar. Langkah yang cemerlang demi mewujudkan Indonesia yang lebih bersih dan sehat. 

Ketiga. Tidak Membuang Sampah di Sungai Atau Laut

Bayangkan saja jika kita membuang sampah sembarangan, maka setiap keluarga akan demikian, dan bagaimana jika semua limbah keluarga di buang sembarangan ke sungai maka sungai akan tercemar dan pendangkalan akan terjadi, maka jika hujan turun akan memicu timbulnya banjir danm menggenangi rumah-rumah penduduk, air yang sudah kotor tersebut akan masuk ke dalam rumah dan meninggalkan berbagai penyakit seperti Diare, Gatal kulit, Penyakit pencernaan serta yang lainnya.


Keempat. Daur Ulang Sampah Yang Bisa di Daur Ulang

Beberapa jenis sampah seperti daun, kertas, ranting atau sampah yang mudah terurai dapat di jadikan pupuk kompos, selain bermanfaat juga bisa mengurai kapasitas sampah di lingkungan kita. Khusus limbah plastik bisa di daur ulang menjadi biji plastik yang di namakan Pelet, yang bisa di manfaatkan kembali untuk bahan baku produk jadi seperti Gayung, Sapu, Timba dan alat rumah tangga lain. Kita bisa bekerjasama dengan pihak tertentu untuk mendaur ulang limbah plastik.

Kelima. Penyuluhan Mengenai Limbah Industri

Pengawasan terhadap industri-industri tertentu yang masih kurang memperhatikan kelangsungan siklus hidup ekosistem lingkungan sekitar. Penyuluhan di berikan untuk memberi peringatan kepada pemilik perusahaan agar memperhatikan pembuangan limbah hasil produksinya. Limbah cair atau padat yang membahayakan harus di olah terlebih dahulu sebelum di buang. Pemerintah dan pihak-pihak tertentu agar meningkatkan pengawasan terhadap setiap perusahaan karena hal itu akan berpengaruh pada kehidupan masyarakat dan lingkungan.

Keenam. Penyuluhan Bagi Pengguna Transportasi Laut

Memberikan penyuluhan bagi para nelayan atau pengguna transpoprtasi laut yang lain untuk mematuhi setiap peraturan yang sudah di tetapkan, serta menjaga kondisi kapal agar tidak terjadi kebocoran tangki kapal yang pada akhirnya mencemari kebersihan air laut. Pemerintah juga harus memberikan sangsi dan hukuman tegas bagi para pelaku pencemaran air laut dan air sungai.

Ketujuh. Memberikan Peraturan Yang Ketat Dan Tegas Pada Para Pengusaha Minyak

Peraturan tersebut harus di terapkan dan bukan hanya sebagai peraturan tertulis saja. Agar hal ini menjadi pedoman bagi para pengusaha minyak untuk selalu memperhatikan perusahaannya. Kilang minyak harus jauh di tengah laut dan tidak dekat dengan pemukiman penduduk karena akan mengganggu aktivitas penduduk sekitar. Kilang minyak harus selalu di perhatikan agar meminimalisir kemungkinan kebocoran yang pada akhirnya akan mengganggu kehidupan ekosistem laut. Ini adalah perhatian penting bagi para pengusaha minyak.

Kedelapan. Pemerintah Sebaiknya Membuat Peraturan Ketat Dan Tegas Terhadap Limbah Beracun

Cara ini sangat efektif untuk menjaga keaslian air bersih. Pemerintah harus memperhatikan hal ini karena dampaknya akan berpengaruh pada seluruh sektor kehidupan. Demi berhasilnya peraturan tersebut maka pengawasan tidak hanya di lakukan oleh pemerintah saja namun semua lapisan masyarakat harus ikut berpartisipasi.

Dengan demikian para pengusaha akan berfikir ulang untuk melakukan sebuah pelanggaran terhadap kelangsungan kehidupan ekosistem Alam.Mengeluarkan biaya mahal untuk pembuangan limbah sudah menjadi resiko bagi para pengusaha, maka dari itu saran saya untuk para pengusaha, Buatlah industri yang ramah lingkungan, selain tidak terlalu mahal Anda pun tidak di benci masyarakat dan kelompok atau elemen masyarakat pecinta lingkungan hidup. Hasil usaha Anda pun bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Artikel lain:
Air mineral yang sehat untuk kesehatan
Peduli air bersih dan sehat untuk hidup yang lebih berkualitas

Tulisan tersebut di atas hendaknya di aplikasikan pada kehidupan nyata, konsisten dan berkelanjutan, tidak ada kata terlambat untuk memulai hal ini. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menggugah kesadaran setiap eleman masyarakat kita tentang arti pentingnya menjaga kelestarian Alam khususnya Air. Agar hidup ini tetap lestari dan kita bisa bersyukur atas segala nikmat Tuhan yang di limpahkan kepada umatnya, demi terciptanya masyarakat Indonesia yang Madani, sehat dan Berkualitas.

Semoga bermanfaat dan terima kasih


0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga