Cara Mencegah Virus Ebola Yang Efektif Dan Mudah


Cara mencegah virus ebola yang efektif dan mudahCara Mencegah Virus Ebola Yang Efektif Dan Mudah - Virus Ebola memang sangat mengerikan dan mematikan, hal ini sangat membahayakan keselamatan setiap jiwa yang terjangkiti, karena hampir 95%  mereka yang terjangkiti berakhir dengan kematian.

Virus yang berasal dari belantara Afrika ini merusak kekebalan tubuh seseorang, dan juga merusak organ vital tubuh yang lain seperti ginjal, hati, empedu dan otak, sehingga menyebabkan pendarahan hebat sekitar CFR 80 persen hingga pendarahan 100 persen. 

Virus Ebola memproduksi protein di dalam sel darah merah yang di namakan ebolavirus glycoprotein, Protein ini menyebabkan dinding pembuluh darah korban menipis dan akhirnya pecah sehingga terjadi pendarahan hebat. 

Virus ini menyebar dari kontak langsung dengan penderita dan sampai saat ini belum di temukan korban terinfeksi melalui medium udara.

Pada kesempatan yang lalu kita telah membahas mengenai apa itu penyakit ebola, dan pada kesempatan kali ini kita kembali membahas mengenai cara sederhana dan efektif mencegah virus ebola, suatu virus berbahaya yang menghantui warga dunia saat ini, seperti yang telah di lansir oleh boldsky.com

Berikut Ini Cara Sederhana Dan Efektif Mencegah Penyebaran Virus Ebola

1. Membiasakan Mencuci Tangan

Kebiasaan sederhana ini terkadang sering kita sepelekan, demi kesehatan Anda sendiri dan keluarga, mulai sedini mungkin kita biasakan mencuci tangan, apalagi setelah aktifitas di luar. Tangan adalah sarana termudah bagi terjangkitnya suatu penyakit atau virus. Agar lebih maksimal gunakan cairan pembersih khusus tangan.

2. Tutup Luka

Jika ada luka yang terbuka di sarankan agar menutupnya dengan perban steril agar virus tidak mudah masuk melalui luka yang terbuka. Semua jenis virus mudah masuk melalui luka terbuka termasuk virus Ebola.

3. Menggunakan Sarung Tangan

Satu lagi kebiasaan mudah yang membawa manfaat maksimal adalah membiasakan memakai sarung tangan, Selain menggunakan masker, sarung tangan penting untuk menjaga kesehatan Anda terutama saat di luar ruangan atau di sekitar penderita terinfeksi virus termasuk virus Ebola.

4. Jangan Sembarangan Konsumsi Daging

Konsumsi daging yang tidak sehat adalah sarana mudah bagi terjangkitnya suatu virus, Anda harus selektif terhadap daging yang akan di konsumsi setiap hari. Pilih daging merah segar dan dari hewan yang sehat agar terhindar dari semua jenis virus termasuk virus Ebola. Atau jika Anda ragu hindari konsumsi daging.

5. Hindari Daging Babi

Peternak babi di Afrika menjadi salah satu sumber terbesar tumbuhnya virus Ebola. Indonesia memang jauh dari infeksi virus ini namun tidak menutup kemungkinan virus ini menyebar ke dalam negeri. Jadi sebaiknya hentikan atau hindari daging ini. Pastikan daging yang Anda konsumsi sehat dan berkualitas.

6. Hati-hati Menyentuh Sarana Umum

Anda harus selektif dan hati-hati dalam menyentuh setiap sarana umum seperti handel pintu, tempat bermain, tangga, lift, halte atau sarana umum yang lain, karena tempat-tempat seperti itu menjadi berkumpulnya berbagai virus. Saran saya sebaiknya jangan menyentuhnya, atau jika terpaksa gunakan sabun cuci tangan agar tetap higienis dan sehat.

7. Hindari Perjalanan ke Negara Suspect Virus Ebola

Sebaiknya hindari bepergian ke negara yang suspect virus Ebola karena untuk meminimalisir terjadinya infeksi. Bagi para muslim dalam negeri yang menjalankan Ibadah Haji sebaiknya hindari kontak langsung dengan warga Afrika atau negara lain yang suspect virus Ebola.

Minimal itulah yang harus kita lakukan untuk mencegah terjadinya suspect semua jenis virus termasuk virus yang mematikan yaitu Ebola.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga