Pengertian Penyakit Gastritis

Pengertian penyakit GastritisPengertian Penyakit Gastritis - Penyakit gastritis adalah suatu penyakit lambung yang di sebabkan karena terlalu banyak zat asam yang di produksi lambung sehingga mengganggu fungsi kerja lambung, penyakit gastritis bisa juga di sebut sakit maag atau sakit lambung.

Asam lambung yang berlebihan mempengaruhi dinding lambung dan mengakhibatkan iritasi dan infeksi.

Infeksi atau iritasi yang terjadi pada lambung ini terjadi karena faktor obat-obatan yang biasanya tidak sesuai dengan anjuran dokter dan faktor makanan yang kita makan tidak teratur artinya pola makan kita tidak teratur dan makan makanan yang kita konsumsi kurang atau tidak sehat, seperti makanan yang terlalu pedas, berminyak, alkohol, merokok dan stres yang berlebihan.

Infeksi yang terjadi pada lambung biasanya di sebabkan oleh bakteri Helicobakter pylori dan penyebab lain karena masuknya materi lain atau zat asing yang bersifat merugikan fungsi kerja lambung.

Perut yang kosong dan di tambah dengan makanan yang bercita rasa pedas atau minuman soft drink, kopi, terlalu banyak minum minuman beralkohol, pikiran stres dan tidak stabil di sinyalir sebagai pemicu utama penyakit gastritis ini.

Selain itu penggunaan obat tertentu seperti aspirin, naproxen, ibuprofen dan sejenisnya yang berlebih dan secara berkala juga bisa menyebabkan munculnya gastritis pada lambung, oleh karena itu penggunaaanya harus di hentikan.

Penyakit Gastritis Umumnya Bisa Kita Bedakan Mejadi Dua Yaitu

1. Penyakit gastritis akut atau penyakit maag akut, yaitu inflamasi (Reaksi tubuh terhadap mikroorganisme atau zat asing yang masuk ke dalam tubuh sehingga tubuh terasa panas/demam, nyeri, bengkak.) secara akut di dalam lambung dan ini biasanya terbatas, penyakit maag akut biasanya datangnya secara tiba-tiba dan tanpa kita sadari.

2. Penyakit gastritis kronis atau sakit maag kronis, yaitu kemungkinan lambung mengalami inflamasi atau reaksi lambung/tubuh saat zat asing masuk ke dalam tubuh dan tubuh terasa panas, nyeri di lambung dari tipe gangguan tertentu, yang menyebabkan gastritis dari tipe yang spesifik adalah gastritis kronisa.

Setiap orang memiliki kemungkinan yang sama terkena penyakit gastritis, oleh karena itu tidak ada salahnya kalau kita mengetahui lebih jauh mengenai penyakit gastritis ini, sehingga kita terbebas dari penyakit ini. Memang tidak begitu mengganggu namun kadang merepotkan juga, akibatnya kerja kurang maksimal dan tidak fokus, dan masih banyak lagi dampak dari penyakit ini.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga