Gastritis Gejala

Gastritis gejalaGastritis Gejala - Gastriits atau biasa di sebut sakit maag ini di sebabkan oleh iritasi atau meradangnya pada lapisan lambung sehingga mengalami pembengkaan. Penyakit ini biasanya datangnya secara tiba-tiba dan sesaat saja.

Berdasarkan jangka waktu perkembangan gejala, Gastritis di bagi menjadi dua yaitu gastritis akut (Berkembang secara cepat dan tiba-tiba) dan gastritis kronis (Berkembang secara perlahan)

Gastritis bisa juga di sebut dengan penyakit maag yang di sebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori, jika seseorang menderita penyakit ini hendaknya segera di periksakan ke dokter keluarga Anda agar segera di atasi karena jika terlambat mengatasinya maka bisa menyebabkan penyakit maag akut dan bisa menimbulkan kanker lambung.

Penyakit maag akut biasanya karena banyaknya faktor pendukung terjadinya penyakit semakin parah, di antaranya kebiasaan kita makan makanan terlalu pedas, minuman beralkohol, stress, terlalu sering konsumsi obat yang mengandung zat-zat kimia, juga makanan yang banyak mengandung asam. Makanan-makanan tersebut merangsang saraf Nervus Vagus (NV) sehingga banyak memproduksi asam klorida (HCL) di dalam lambung.

Meningkatnya produksi zat ini di tandai dengan rasa mual yang sangat hingga ingin muntah dan anoreksia, Namun jangan kawatir penyakit Gastritis ini bisa di obati asalkan Anda berdisiplin untuk pengobatan, minimal dengan merubah gaya hidup dengan hidup sehat dan konsumsi makanan yang lebih sehat dan segar.

Kondisi seseorang yang mengalami gastritis berbeda dengan orang lain, ada yang tidak merasakan gejala tapi ada juga yang merasakan gejala.

Berikut Gejala Penyakit Gastritis Yang Bisa Kita Ketahui

1. Rasa nyeri dan panas yang amat sangat di dalam area sekitar lambung.

2. Perut terasa kembung dan selalu ingin bersendawa.

3. Kurang nafsu makan dan selalu ingin menunda makan.

4. Kadang terasa mual dan ingin muntah.

5.Gangguan pencernaan sehingga mengalami diare.

6. Karena makan tidak teratur sehingga berat badan mengalami penurunan.

7. Terkadang tinja berwarna kehitaman.

8. Nafas kadang terasa sesak.

9. Kalau makan cepat terasa kenyang dan tidak berselera.

10. Kalau sudah akut kadang sampai muntah darah.

Rasa nyeri di dalam perut tidak selalu di sebabkan oleh gastritis namun bisa juga karena penyakit lain, namun biasanya dokter akan memberikan pengobatan berdasarkan penyebab dari rasa nyeri tersebut.

Penyebab Terjadinya Gastritis

1. Infeksi Bakteri H. Pylori

2. Reaksi auto imunitas

3. Penyalah gunaan obat terlarang

4. Efek samping konsumsi obat anti inflamasi non steroid seperti ibuprofen dan aspirin, secara berkala

5. Stres atau depresi karena berbagai tekanan mental

6. Pertambahan usia

7. Refluks empedu

8. Konsumsi minuman beralkohol secara berlebih dan secara berkala

9. Muntah kronis

10. Anemia pernisiosa

11. Penyakit HIV/AIDS

12. Infeksi bakteri dan virus

DLL

Gejala penyakit gastritis ini bisa reda jika di tangani dengan cepat dan benar, dokter biasanya memberikan resep obat yang di sesuaikan dengan nyeri yang di rasakan pasien, beberapa obat tersebut antara lain.

1. Obat Antasida, Obat ini yang paling umum di berikan dokter kepada pasien karena dapat menetralisir asam lambung dengan cepat.

2. Obat Antibiotik, Obat ini biasanya di berikan dokter karena terindikasi gastritis yang di sebabkan oleh infeksi bakteri. Contoh obat antibiotik adalah amoxicillin, metronidazole, clarythromicyn

3. Obat Penghambat histamin 2 (H2 Blocker), obat ini di berikan dokter karena mampu menurunkan produksi asam lambung. Contoh obat histamin 2 adalah ranitidine.

4. Obat Penghambat pompa proton (PPI), obat ini bekerja dengan cara mengurangi produksi asam lambung (sama dengan histamin 2) namun lebih efektif. Contoh obat ini adalah omeprazole.

Bagi penderita gastritis di sarankan untuk konsumsi makanan yang lembut seperti nasi bubur atau di biasakan nyemil makanan seperti singkong rebus dan roti tawar yang lembut, ini di karenakan luka yang ada di dinding lambung agar tidak lebih parah lagi. Itulah gejala gastritis yang bisa kita ketahui semoga memberikan manfaat bagi yang membutuhkan.

Terima kasih dan salam sehat



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga