Gastritis Yang Biasa Timbul Pada Anak

Gastritis yang biasa timbul pada anakGastritis Yang Biasa Timbul Pada Anak - Penyakit gastritis yang terjadi pada anak biasanya disebabkan oleh bakteri helicobacter. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh anak-anak dengan berbagai macam cara, yang paling rawan bisanya masuk melalui makanan yang telah terkontaminasi atau bisa juga karena adanya sentuhan fisik dari anak-anak atau orang yang menderita infeksi bakteri helicobacter.

Gastritis adalah suatu istilah kedokteran untuk suatu keadaan inflamasi mukosa (jaringan lunak) lambung.

Keadaan ini sering ditandai dengan gejala klinis yang sangat bervariasi yang sering kali tidak korelasi dengan beratnya inflamasi pada mukosa lambung tersebut.

Artikel lain:
Penyebab penyakit gastritis
Pengertian penyakit gastritis 

Gastritis Yang Biasa Timbul Pada Anak

Anak-anak yang menderita gastritis biasanya merasakan gejala berupa rasa kembung atau mual sampai rasa nyeri pada daerah lambung dengan derajat yang sangat variatif sampai pada yang terberat misalnya pendarahan sekitar lambung.

Gastritis yang akut biasanya jelas sebabnya, misalnya penderita habis meminum obat yang sangat iritatif terhadap lambung semisal obat-obat penghilang rasa sakit  dengan berbagai merek dagang atau dapat pula jika anak-anak terbiasa minum minuman beralkohol.

Di ketahui sekitar 10-15 persen anak-anak yang menderita gastritis disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori. Kuman atau bakteri ini sudah umum di temukan di dunia, terutama di negara berkembang. Infeksi oleh kuman tersebut dapat menular, terutama pada orang terdekat seperti keluarga, teman atau akibat sanitasi yang kurang baik.

Pada pemeriksaan endoskopi terhadap pasien gastritis bisa dimungkinkan, dan di temukan suatu benjolan kecil adalah polip yang terjadi karena reaksi terhadap adanya gambaran patologi anatomi dari jaringan tubuh yang diambil.

Umumnya apabila diambil dengan prosedur yang tepat tidak akan membahayakan bagi pasien. Namun apabila biopsi diambil dari jaringan yang dicurigai adalah kanker ganas, maka meskipun terjadi penyebaran hal tersebut bukan disebabkan oleh tindakan biopsi namun lebih dikarenakan penyakitnya sendiri.

Untuk pengobatan gastritis pada anak yang paling baik adalah dengan mengetahui penyebab penyakit gastritis itu sendiri. Jamu-jamuan memang dikatakan dapat menyebabkan gastritis apabila mengandung zat kimia tertentu yang dapat melukai mukosa lambung jika diminum secara terus-menerus. Oleh karena itu, sebaiknya seorang Ibu atau orang tua mencermati kandungan dari jamu seduh yang sering diminum oleh anak, agar penyakit gastritis pada anak tidak akan terjadi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga