3 Suplemen Rekomendasi Dokter Untuk Kecerdasan Otak

3 Suplemen rekomendasi dokter untuk kecerdasan otak3 Suplemen Rekomendasi Dokter Untuk Kecerdasan Otak - Terlalu banyak aktivitas dan semakin bertambahnya usia seseorang maka tingkat kecerdasan seseorang cenderung menurun, sehingga kita sering lupa terhadap sesuatu yang pernah terjadi.

Kemampuan otak dalam menangkap respons segala sesuatu yang ada di sekitar kita berbeda-beda pada setiap orang.

Otak tidak boleh terlalu di paksakan berfikir atau sebaliknya (malas berfikir), karena otak layaknya sebuah komponen mesin utama dalam tubuh kita, sehinga butuh istirahat dan perlu perawatan intensif agar tetap maksimal saat di gunakan, sehingga kita dapat berfikir cerdas, cemerlang, bugar dan sehat yang pada akirnya mendapatkan hasil kerja yang terbaik.

Untuk merawat otak kita selain istirahat dan olahraga yang cukup, juga memberikan nutrisi dan suplemen yang tepat agar kesehatannya tetap terjaga dengan baik, lalu nurisi atau suplemen apa saja yang di rekomendasikan dapat membantu kesehatan dan kecerdasan otak kita?

Artikel lain:
Vaksin HPV Pencegah kanker serviks
8 Makanan yang nutrisinya melebihi multivitamin

Berikut Suplemen Yang Direkomendasikan Oleh Dokter Untuk Menjaga Otak Kita Agar Tetap Sehat Dan Cerdas

Minyak Ikan Omega-3

Dua asam lemak tak jenuh yang terdapat dalam minyak omega-3 yaitu DHA (Asam Dokosaheksaenoat) dan EPA (Asam Eikosapentaenoat) merupakan zat yang sangat penting untuk menunjang kesehatan otak Anda.

DHA adalah salah satu unsur sangat penting untuk kesehatan dan nutrisi otak kita sedangkan EPA adalah asam lemak yang berfungsi untuk mengurangi peradangan dan membantu memperbaiki suasana hati, jadi keduannya saling berkaitan.

Minyak ikan omega-3 ini banyak tedapat pada ikan salmon dan ikan tuna, konsumsi 3-4 porsi dalam seminggu bagi orang dewasa adalah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi otak, karena setiap hari kita setidaknya membutuhkan sekitar 300 Mg untuk otak kita.

Mengkonsumsi suplemen minyak ikan omega-3 juga bisa membantu menjaga kesehatan otak, namun harus sesuai dengan anjuran dokter yah,,!! supaya tepat penggunaanya, karena nutrisi Omega-3 ini tidak dapat di produksi di dalam tubuh namun harus di datangkan dari luar (eksternal), artinya kita harus mengkonsumsi makanan yang mengandung zat tersebut.

Selain ikan Salmon dan Tuna ada beberapa ikan lain yang juga mengandung Omega-3 juga beberapa bahan makanan berikut, seperti,

1. Ikan Makerel

2. Ikan Sarden

3. Ikan Hering

4. Ikan Lemuru

5. Ikan Air Tawar, seperti (Lele, gurami dan nila)

6. Ikan Tenggiring

7. Minyak Canola

8. Kacang Kenari

9. Kacang Kedelai

10. Walnut

11. Alpukat dan bayam

Di dalam omega-3 selain DHA dan EPA beberapa makanan di antaranya juga mengandung LNA (Asam Linolenic Acid) yang bermanfaat untuk membantu menghasilkan energi dari makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Vitamin B-Complex

Mengkonsumsi vitamin B-complex dapat membantu menambah energi bagi otak, sehingga otak dapat bekerja dengan baik dan juga meningkatkan kesehatan mental. Vitamin B-complex berarti semua vitamin B yaitu antara lain:

1. Vitamin B1 atau Tiamin.

2. Vitamin B2 atau Reboflavin.

3. Vitamin B3 atau Niasin.

4. Vitamin B5 atau Asam pantotenat.

5. Vitamin B6 atau Piridoksin.

6. Vitamin B7 atau Biotin

7. Vitamin B9 atau Asam folat.

8. Vitamin B12 atau Cobalamin.

Secara garis besar manfaat vitamin B-complex untuk keseimbangan kesehatan tubuh kita adalah sebagai berikut:

1. Membantu dalam memproduksi energi dari makanan yang kita konsumsi setiap hari.

2. Untuk kekuatan dan kesehatan sistem syaraf agar lebih maksimal dan untuk membantu proses pembentukan sel yang baru.

3. Vitamin B-complex sangat di perlukan untuk pemecahan karbohidrat. lemak dan protein maka dari itu di butuhkan untuk merangsang produksi HCL terutama dalam sistem pencernaan.

4. Vitamin B-complex juga bermanfaat untuk pembentukan RNA dan DNA, untuk itu vitamin ini juga bermanfaat untuk kesehatan rambut, kulit dan kuku.

5. Selain itu vitamin ini juga menyeimbangkan kadar kolesterol artinya, memperbanyak kolesterol baik "HDL" dan menurunkan kadar kolesterol jahat "LDL" dengan demikian akan juga akan menambah sifat elastisitas pembuluh darah.

Konsumsilah Vitamin B-complex secara bijaksana karena kekurangan maupun kelebihan zat ini dapat mengakibatkan negatif bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi vitamin tambahan ini, itu lebih baik.

Kurkumin

Suplemen yang mengandung kurkumin sangat di rekomendasikan oleh para dokter, kurkumin banyak terkandung dalam kunyit kuning. Kurkumin sangat bermanfaat untuk melindungi saraf otak sehingga dapat mengurangi resiko radang otak serta dapat mengembalikan dan menormalkan kondisi homeostasis energi yang terjadi karena luka akibat trauma yang lama.

Manfaat lain dari kurkumin atau biasa di sebut (BCM-95) bermanfaat untuk melindungi hati dari Hepatitis B, Hepatokarsinoma dan Hemangioendotelioma. Selain bisa di dapatkan dalam bentuk kapsul Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah secara tradisional.

Rempah kunyit yang di buat langsung secara tradisional ini lebih efektif daripada produk perusahaan, dan cara membuatnya pun sangat mudah yaitu ambil beberapa potong kunyit yang sudah di bersihkan dan haluskan lalu di peras untuk di ambil ekstraknya, konsumsi setidaknya sehari sekali.

Untuk hasil yang maksimal sekaligus jika Anda tidak suka rasanya, Anda bisa juga menambahkan satu sendok madu atau gula jawa (gula aren) secukupnya, aduk sampai merata dan minumlah rutin setiap hari sekali.

Kurkumin juga bermanfaat untuk menangkal penyakit Alzheimer, di India banyak masyarakatnya menggunakan kunyit untuk menambah warna dan rasa dari masakan, ternyata di ketahui bahwa dapat menurunkan tingkat penderita Alzheimer atau biasa di sebut pikun tersebut sebanyak dua pertiga jika di bandingkan dengan Amerika Serikat. Konsumsi kurkumin juga bermanfaat untuk melindungi pankreas dari sitokina yang berlebihan.

Untuk mendapatkan kecerdasan otak yang maksimal tidak hanya membutuhkan suplay nutrisi dari suplemen saja, namun juga di butuhkan olahraga atau latihan fisik lain seperti senam, menari atau bernyanyi dan sebagainya agar sirkulasi oksigen di dalam tubuh dapat berjalan dengan lancar.

Dengan mendengarkan musik dan kita ikut bernyayi bersama maka akan membuat otak lebih rileks, cara meningkatkan kesehatan dengan mendengarkan musik sudah menjadi favorit kebanyakan masyarakat dunia sejak lama karena ini sangat menyenangkan terutama para remaja kita bukan,,,?

Namun ada juga dari sebagian masyarakat yang menyarakan agar bermain sudoku atau menjawab setiap pertanyaan di teka-teki silang, hal ini akan merangsang syaraf otak untuk lebih kreatif dalam menjawab tantangan tersebut. 

Itulah 3 suplemen yang sangat di rekomendasikan oleh para dokter untuk kecerdasan otak kita, semoga dapat menambah wawasan kita dan membantu memudahkan dalam menentukan pilihan yang terbaik untuk kesehatan otak secara maksimal.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.


11 comments:

  1. Terimakasih informatif sekali, sebelum nya saya sudah membaca di [ http://goo.gl/IengJT ] mengenai Omega 3 Plus, Kurkumin dan vitamin B. Semua produk yang direkomendasikan dokter ada disana. Saya pribadi mengonsumsi minyak ikan omega 3 Nature EPA nya. karena berguna untuk merawat kesehatan jantung saya. Karena saya termasuk pekerja berat.

    ReplyDelete
  2. Betul George xx, Omega - 3 adalah salah satu nutrisi otak yang terbaik, juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Ok, terima kasih kembali sudah berkunjung,,,

    ReplyDelete
  3. bagus artikelnya mantap...
    Sngat cocok dng brainking plus.
    Www.brain-king-plus.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih,,, kami tunggu kehadiranya di kemudian hari

      Delete
  4. thanks artikelnya sangat bermanfaat seputar kecerdasan otak anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okey Rino semoga Anda puas dan senang dengan artikel ini,,,

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa Yang Kamu Gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape