Artikel Kesehatan Jantung

Artikel kesehatan JantungArtikel Kesehatan Jantung - Jantung adalah suatu rongga yang terdapat di dalam dada sebelah kiri yang bertugas memompa darah melalui pembuluh darah oleh kontraksi irama yang berulang-ulang.

Dengan adanya gerakan ini sehingga darah dapat mengalir ke seluruh tubuh. Massa jantung manusia sekitar 300 gram dan besarnya sekitar kepalan tangan manusia dewasa.

Artikel Tentang Kesehatan Jantung

Pada jantung manusia terbagi menjadi empat bagian yaitu Serambi kanan dan serambi kiri serta bilik kanan dan bilik kiri.

Bilik jantung manusia atau (ventrikel) memiliki ketebalan yang lebih besar jika di banding dengan serambi atau (atrium) jantung.

Bilik kiri jantung lebih tebal jika di banding dengan bilik kanan karena bertugas memompa darah ke seluruh tubuh sedangkan bilik kanan jantung hanya memompa darah ke pau-paru saja. setiap serambi dan bilik di sambungkan dengan sebuah katub.

Katub yang menyambungkan antara serambi kanan dan bilik kanan di sebut katub trikuspidalis atau katub berdaun tiga. sedangkan katub yang menggabungkan serambi kiri dan bilik kiri di sebut katub mitralis atau katub bikuspidalis (katub berdaun dua)

Otot jantung tampak mirip dengan kerangka ada warna yang gelap dan ada warna yang terang, otot jantung bekerja seperti otot polos, jantung berdetak secara ritmik dengan kekuatan yang sama berbeda dengan otot rangka yang kekuatan kontraksinya di pengaruhi oleh kekuatan rangsangan.

Kontraksi otot jantung lebih stabil, jika Anda bekerja lebih keras maka jantung akan berkontraksi lebih cepat itu berarti aliran darah juga cepat.

Artikel lain:
Penyebab serangan jantung mendadak
Macam macam penyakit jantung

Cara Kerja Jantung

Saat berdenyut setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah yang disebut diastol. Selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung disebut sistol. Kedua serambi mengendur dan berkontraksi secara bersamaan, dan kedua bilik juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan.

Darah yang tidak mengandung oksigen dan mengandung banyak karbondioksida atau darah kotor dari seluruh tubuh mengalir melalui dua vena di sebut vena kava menuju ke dalam atrium kanan. Setelah atrium kanan terisi darah, ia akan mendorong darah ke dalam ventrikel kanan melalui katup trikuspidalis.

Darah dari ventrikel kanan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam pembuluh arteri pulmonalis menuju ke paru-paru. Darah mengalir melalui pembuluh kapiler yang mengelilingi kantong udara di paru-paru, menyerap oksigen lalu melepaskan karbondioksida dan selanjutnya kembali ke jantung.

Darah yang kaya oksigen mengalir di dalam pembuluh vena pulmonalis menuju ke atrium kiri. Peredaran darah di antara bagian kanan jantung, paru-paru dan atrium kiri disebut sirkulasi pulmoner karena darah dialirkan ke paru-paru.

Darah dalam atrium kiri didorong menuju ventrikel kiri melalui katup bikuspidalis, lalu memompa darah bersih melewati katup aorta masuk ke dalam ruang aorta atau di sebut juga dengan arteri terbesar dalam tubuh kita. Darah yang kaya oksigen ini disirkulasikan ke seluruh tubuh, kecuali paru-paru. dan seterusnya.

Itulah pengertian kesehatan jantung yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan bagi kita semua.

Terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga