Cara Menghilangkan Bau Petai

Cara menghilangkan bau petaiCara Menghilangkan Bau Petai - Petai adalah jenis tanaman yang tergolong keluarga Leguminosae jenis parkia speciosa. Tanaman ini biasanya memiliki ketinggian rata-rata 5-25 meter dan bercabang banyak.

Selain kayu dan bagian lainnya, yang sering di manfaatkan adalah bijinya. Biji petai memiliki bau yang khas dan biasanya banyak di gemari orang untuk lalapan atau teman saat makan. Biji petai bisa di makan mentah, di goreng atau di bakar. Bagi ibu-ibu, kadang petai juga di manfaatkan untuk campuran penyedap masakan.

Siapa sangka biji buah petai yang sebagian orang tidak menyukainya ternyata memiliki kandungan gizi yang banyak dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Petai mengandung antioksidan yang baik sebagai penangkal radikal bebas, sehingga kita tidak gampang terserang penyakit. Jika konsumsi petai juga bisa menurunkan tingkat depresi seseorang.

Sumber Energi dan pengobatan

Konon katanya kandungan gizi pada buah petai melebihi kandung gizi yang ada di dalam buah Apel. Zat yang terkandung di dalam petai antara lain protein, lemak, karbohidrat, fospor, zat besi dan beberapa vitamin seperti Vitamin A dan C. Petai juga mengandung gula alami seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa. Petai juga mengandung serat alami yang bagus untuk pencernaan.

Selain nutrisi tersebut petai juga mengandung beberapa senyawa kimia seperti Cyclic polyshulfidha dan Thiozoline-4 Carbocyclic (TCA) yang biasanya dalam dunia medis di gunakan untuk pengobatan.

Menghilangkan Depresi

Kandungan triptofan (asam amino esensial) yang terdapat di dalam petai mampu di ubah oleh tubuh menjadi zat serotonin yang bermanfaat untuk memberikan efek rileks pada tubuh. Jadi, tubuh lebih mood dan bahagia. Hal ini karena serotonin mampu mengendurkan saraf otak dengan baik.

Petai bisa juga di sebut sebagai sumber energi alami yang potensial. Pada sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi petai 2 porsi, cukup untuk melakukan aktifitas berat selama 90 menit, efek
yang di dapat tersebut tidak instan namun cukup lama dan efektif.

Dari banyaknya manfaat petai untuk menunjang kesehatan manusia di atas ternyata petai juga memiliki bau khas dan sangat menyengat sehingga dapat mempengaruhi penampilan kita, kita jadi tidak atau kurang percaya diri (PD) saat berinteraksi dengan seseorang. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau petai yang ada di mulut?

Berikut Ini Beberapa Cara Yang Dapat Kita Lakukan Untuk Menghilangkan Bau Petai

1. Gosok Gigi Anda Dengan Pasta Gigi Pilihan

Ini adalah cara yang umum di lakukan banyak orang dan kadang masih ada sedikit bau yang tertinggal, untuk itu selesai makan petai jangan langsung gosok gigi tetapi biarkan dulu selama sekitar 30 menit untuk menetralisir, setelah itu gosoklah gigi Anda seperti biasa.

2. Mengunyah Sedikit Bubuk Kopi

Mungkin terasa sedikit pahit tapi bau petai dapat hilang, setelah itu berkumur dengan air dan bersihkan. Mungkin Anda bisa menambahkan sedikit gula agar tidak terlalu pahit.
 
3.Mengunyah Sedikit Kencur

Cara yang satu ini pernah di lakukan oleh salah seorang teman saya, dan berhasil. Mungkin terasa pedas tapi manjur untuk menghilangkan bau petai di mulut.

4. Mengunyah Beras

Cara ini belum pernah saya coba namun konon dapat menghilangkan bau petai di mulut dengan baik. Kunyah sedikit beras setelah itu bersihkan dengan cara berkumur dengan air putih.

5. Mengunyah Mentimun Mentah

Bersihkan mentimun (kupas atau tidak sesuai selera) lalu makan langsung, bisa di potong-potong dahulu atau bisa juga untuk lalapan.

6. Makan Kue Brem

Jika Anda penyuka brem dan memilikinya, Anda bisa menghilangkan bau petai dengan mengkonsumsi brem, baik brem yang berwarna putih atau yang kuning.

7. Minum Susu

Selain mengandung banyak nutrisi, menurut teman saya susu juga bisa mengusir bau mulut dari aroma petai yang menyengat, Anda bisa mencobanya.

8. Konsumsi Coklat

Kalau tips yang satu ini saya dapatkan dari teman juga, Anda boleh mencobanya. Katanya, coklat hitam atau coklat yang banyak di jual di toko-toko bisa menghilangkan bau petai yang bikin kita pusing.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan bau petai yang selalu bikin tidak percaya diri, tapi memang enak rasanya (bagi yang menyukai).

Semoga bermanfaat dan terima kasih



2 comments:

  1. Wah artikel menarik, biasanya kalau yang banyak orang lain tahu bahwa petai itu biasanya hanya diatasi dengan berkumur maupun gosok gigi berkali-kali. Kalau saya tahu ternyata brem, susu maupun coklat hitam juga bisa mengatasinya lebih baik saya mencobanya. Selain rasanya enak kenyataannya juga bisa menghilangkan bau mulut akibat petai.

    ReplyDelete
  2. Betul kita bisa mencobanya masing-masing, kebetulan saya sendiri dapat tipsnya sebagian dari kawan...

    ReplyDelete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga