Detak Jantung Tak Beraturan Dan Cepat

Detak jantung cepatDetak Jantung Tak Beraturan Dan Cepat - Jika jantung kita berdetak terlalu cepat dan biasanya melebihi jumlah permenitnya, sebaiknya periksakan kesehatan Anda ke dokter.

Biasanya detak jantung cepat di pengaruhi oleh beberapa faktor sehingga mempengaruhi detak jantung kita.

Pada umumnya detak jantung orang dewasa permenitnya sekitar 60-100 detak jantung, Anda bisa memeriksanya di pergelangan tangan atau di lingkar leher.

Caranya tempelkan jari-jari Anda di pergelangan tangan atau lingkar leher, rasakan dan cari denyut atau detak pembuluh nadi Anda, hitung sambil melihat penunjuk waktu, jika detak jantung Anda sekitar 60-100 maka Anda baik-baik saja. Tetapi jika kurang atau lebih maka Anda harus periksakan kesehatan Anda ke dokter. Kenali juga gejala penyakit jantung.

Perlu di ingat bahwa saat menempelkan jari-jari di sisi lingkar leher, jangan sekali-kali menempelkan dengan cara bersamaan dengan sisi yang ada di sebelahnya karena hal ini bisa berdampak buruk pada kelancaran aliran darah yang menuju otak dan suplai oksigen akan berkurang.

Artikel lain:
Yoga menjadi alternatif penderita masalah jantung
Manfaat yoga dan meditasi untuk kesehatan jiwa dan raga 

Akhibatnya Anda akan pingsan. Lakukanlah hal ini sambil berdiri atau duduk, berhati-hatilah karena walau tampak sepele namun kepekaan tekanan terhadap Arteri seputar leher pada sebagian orang sangat sensitif, sehingga dapat menimbulkan pingsan.

Berikut Ini Beberapa Hal Yang Dapat Mengakhibatkan Detak Jantung Cepat


1. Tekanan Darah Tinggi

Adalah salah satu penyebab jantung berdetak cepat, karena di akhibatkan oleh penebalan dinding pembuluh darah jantung sehingga peredaran darah tidak lancar namun di sisi lain jantung terus memaksa berdetak dengan cepat dengan harapan suplai darah ke seluruh tubuh dapat lancar.

2. Adanya Penyakit Jantung

Jelas hal ini menyebabkan detak jantung cepat, karena adanya kerusakan pada jaringan pembuluh atau di sekitar dinding jantung yang mengakhibatkan tekanan detak jantung semakin kuat. Dorongan elektrik dari tubuh yang tidak normal akan memaksa jantung berdetak lebih cepat.

3. Kebiasaan Mengkonsumsi Makanan Atau Minuman Yang Tidak Sehat

Konsumsi makanan seperti junk food atau makanan yang mengandung banyak kolesterol jahat sangat berpotensi untuk detak jantung yang tidak normal, merokok, minum minuman beralkohol dan juga makanan atau minuman yang mengandung banyak kafein sangat berpengaruh terhadap detak jantung Anda.

4. Dehidrasi

Saat Anda kurang minum air putih maka banyak sekali organ tubuh kita yang tidak bisa bekerja dengan maksimal termasuk jantung, jadi dehidrasi bisa mempengaruhi keseimbangan cairan elektrolit dalam tubuh Anda. Jagalah keseimbangan air dalam tubuh Anda, karena dampaknya akan lebih fatal jika hal ini terjadi terus menerus.

5. Stres

Jaga kondisi tubuh Anda agar tidak stres, jalani hidup Anda dengan rileks dan apa adanya, Anda juga bisa melakukan kebiasaan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Stres akan menyebabkan denyut jantung berdetak lebih cepat, sehingga dapat menghadirkan beberapa hasil pemikiran yang negatif dan tidak berguna seperti rasa kawatir atau cemas yang berlebihan. Ini semua akan merugikan Anda.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga