Pengertian Penyakit Stroke

Pengertian penyakit strokePengertian Penyakit Stroke - Stroke adalah suatu kondisi yang terjadi karena suplai darah ke salah satu bagian otak terganggu.

Hal ini karena terjadinya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah sehingga terjadi penggumpalan darah di sekitar jaringan sel otak tersebut.

Karena adanya kerusakan pembuluh darah yang menuju otak maka suplai oksigen menjadi berkurang dan mengakibatkan kematian beberapa bagian sel otak.

Umumnya bagi sebagian penderita stroke, jika mereka sehat maka akan berdampak pada kelainan bentuk tubuh seperti lumpuh sebagian anggota badan, bicara cadel, atau berkurangnya ingatan.

Penderita stroke harus segera mendapatkan perawatan kesehatan, karena jika terlambat mendapat perawatan akan berakibat fatal dan umumnya berakhir dengan kematian. Menurut badan kesehatan dunia (WHO) kematian akibat penyakit ini adalah menjadi urutan ke tiga setelah kematian akibat Jantung dan kanker.

Klasifikasi Stroke

Penyakit strok di bagi menjadi dua yaitu stroke iskemik dan strok hemorragik Sedangkan penjelasan di antara keduannya adalah:

Stroke iskemik adalah Penyumbatan biasanya terjadi pada sepanjang jalur pembuluh darah arteri yang menuju otak karena banyaknya timbunan lemak, dan ini merupakan sebagian besar (Sekitar 85%) penderita mengalaminya.

Sedangkan stroke hemorragik adalah keadaan yang lebih parah lagi yaitu pecahnya pembuluh darah sehingga terjadi penggumpalan darah pada sekitar jaringan otak dan mengganggu sirkulasi darah pada pembuluh darah normal yang lain.

Stroke Hemorragik Terbagi Lagi Menjadi Dua

- Pendarahan intraserebral adalah Terjadi ketika pembuluh arteri di otak pecah dan membanjiri bagian otak yang lain dengan darah dan ini bersifat umum artinya biasa banyak di derita bagi penderita stroke hemorragik.

- Penderita stroke hemorragik subarachnoid adalah pendarahan yang terjadi pada daerah antara otak dan jaringan tipis yang menutupinya.

Faktor Penyebab Stroke

- Faktor resiko medis seperti Tekanan darah tinggi atau hipertensi, kolesterol jahat, diabetes, gangguan jantung, pengerasan pada pembuluh darah dan riwayat strok pada keluarga.

- Faktor resiko dari prilaku orangnya seperti kebiasan merokok (aktif maupun pasif), konsumsi terlalu banyak junk food dan fast food, Alkohol, norkoba, kontrasepsi oral, kurang olahraga, mendengkur dan Obesitas.

- Penyebab terjadinya strok sekitar 80% karena tekanan darah tinggi atau hipertensi.

- Sedangkan pemicu terjadinya penyebab stroke adalah karena terlalu sering marah-marah, makan makanan yang tidak sehat, merokok dan kebiasaan minum minuman yang beralkohol.

Tanda-tanda Terjadinya Stroke

Pada umumnya penderita stroke mengalami tanda-tanda antara lain sebagai berikut

1. Mati rasa pada sebagian tubuh biasanya pada lengan, wajah dan kaki.

2. Rasa bingung yang datangnya tiba-tiba.

3. Pusing yang sangat kuat yang tidak di ketahui penyebabnya dan kehilangan keseimbangan saat berjalan.

4. Kesulitan saat berbicara (Bicara cadel) dan sulit memahami maksud seseorang lawan interaksi.

5. Penglihatan mengalami masalah secara tiba-tiba.

Demikian semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang kesehatan, kususnya tentang penyakit stroke.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga