Penyebab Kemandulan Pada Pria

Penyebab kemandulan pada priaPenyebab Kemandulan Pada Pria - Pada kesempatan yang lalu kita telah membahas mengenai penyebab kemandulan pada wanita, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab kemandulan pada pria.

Karena sampai saat ini masih beredar rumor bahwa, biasanya ketika suatu pasangan yang telah lama menikah dan tidak kunjung hamil maka pihak istrilah yang di persalahkan, padahal kenyataannya belum tentu demikian.

Penyebab Kemandulan Pada Pria

Pada kesempatan yang lalu sudah saya singgung bahwa pria juga memiliki peluang untuk mandul. Lalu apa saja yang menyebabkan pria sulit mendapatkan sel sperma yang berkualitas bagus atau bahkan tidak memiliki sel sperma alias mandul.

Beberapa diantaranya adalah penggunaan celana dalam yang terlalu ketat, belum lagi celana luar yang tebal. Hal ini menjadikan suhu di seputar testis meningkat yang pada akhirnya mempengaruhi beberapa hormon pembentuk sel sperma.

Beberapa hormon pembentuk sel sperma tersebut antara lain. hormon testosteron, hormon LH (Luteinizing Hormone) dan hormon FSH (Follicle Stimulating Hormone). Jika kebutuhan hormon ini tidak terpenuhi maka akan mempengaruhi pembentukan sel sperma yang sehat dan berkualitas atau biasa di sebut dengan Abnormalitas spermatozoa.

Penyebab kemandulan pada pria selain itu adalah adanya beberapa penyakit yang dapat meningkatkan suhu tubuh seperti infeksi kelenjar air ludah atau kita biasa menyebutnya dengan Gondongen, Suhu yang terlampau tinggi sehingga melebihi suhu tubuh akan sangat mempengaruhi dan mengganggu pembentukan sel sperma, sehingga jumlah atau kualitas sperma juga terpengaruh. Infeksi lain seperti gangguan pada sistem transport sperma misalnya pada saluran epididimis atau saluran Fasdeferens.

Berlama-lama di dalam air hangat, juga dapat mempengaruhi pembentukan sel sperma karena suhu yang tinggi dapat mempengaruhi testis dalam memproduksi sel sperma. Orang yang selalu dekat dengan tungku api entah itu karena tuntutan pekerjaan atau hal lain juga berpengaruh terhadap testis dalam memproduksi sel sperma.

Kebiasaan memangku PC yang menambah rasa hangat dan terjadi secara terus-menerus di seputar paha dan kemaluan juga memicu timbulnya kelemahan testis dalam memproduksi sel sperma.

Sebenarnya perlindungan terhadap testis terhadap suhu tinggi sudah terjadi secara alamiah yaitu sejak janin masih dalam kandungan ibunya. Sesuai perkembangan janin testis makin lama makin berkembang dan akhirnya turun ke kantong pelir atau skrotum.

Suhu sehat testis sekitar 33-34 derajat celcius, dalam suhu demikian testis dapat bekerja secara optimal, dan di lakukan oleh skrotum melalui kelenjar keringat dan otot polos. Sebaliknya jika terjadi kelainan terhadap testis seperti testis tidak mampu turun ke skrotum maka suhu testis akan tinggi dan tidak mampu memproduksi sel sperma.

Kalau kita simpulkan bahwa penyebab kemandulan pada seorang pria adalah kualitas sperma yang buruk, saluran sperma yang tersumbat, kelainan genetik (kromosom), impotens, varikokel, gangguan hormonal, pengaruh radiasi dan obat.

Itulah penyebab kemandulan pada pria yang umumnya terjadi, menjaga kesehatan dan pola hidup sehat adalah salah satu jalan untuk selalu sehat.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga