Penyebab Kemandulan Pada Wanita

Penyebab kemandulan pada wanitaPenyebab Kemandulan Pada Wanita - Pada umumnya setiap wanita atau laki-laki sebagai pasangan suami istri pasti mendambakan kehadiran seorang anak di tengah-tengah mereka.

Kehadiran anak yang lucu dan menghibur terasa lebih lengkap dalam kehidupan berkeluarga. Cinta dan kasih sayang mereka seolah terbayarkan dengan bukti hadirnya anak yang menjadi dambaan bersama.

Namun pada kenyataanya tidak semua wanita dapat memiliki seorang anak, kalimat "mandul" di rasa terlalu ekstrem dalam menilai seseorang dan menyakitkan, tetapi itulah kenyataan yang ada saat ini.

kemandulan apakah hanya terjadi pada wanita saja? Jawabnya "Tidak" Mandul atau dalam istilah medis di sebut Infertilit dapat terjadi pada laki-laki, dan banyak faktor yang menyebabkan laki-laki mandul.

Sebelum kita membahas tentang penyebab kemandulan pada wanita, alangkah lebih baiknya kita pahami dulu apa yang di sebut "hamil." Hamil adalah hasil dari suatu proses yang rumit dan lama antara kedua kalamin pria dan wanita yang sukses dengan adanya suatu pembuahan di dalam uterus atau rahim.

Pertama. Pada Wanita

Wanita harus bisa menghasilkan ovum atau sel telur yang terdapat di dalam ovarium, hal ini bisa di terjadi pada wanita normal. Hormon-hormonnya pun juga harus dalam keadaan sehat dan seimbang. Indikasi ketidak seimbangan hormon pada wanita dapat di lihat dari haid yang tidak lancar.

Setelah terjadi senggama atau hubungan intim pada kedua insan manusia ini, di harapkan terjadinya sel telur yang di miliki wanita meloncat keluar melalui saluran tuba dan menuju rahim atau uterus. Pergerakan sel ovum tersebut di bantu dengan adanya zat kalsium yang di konsumsi.

Wanita yang kekurangan kalsium maka pergerakan sel ovum tidak begitu cepat sehingga biasanya sel ovum tidak sampai menuju uterus. Indikasi wanita kekurangan zat kalsium adalah nyeri saat haid atau sakit pada punggung.

Kedua. Pada pria

Pria harus mampu memproduksi sel sperma, jika tidak bisa maka pria tersebut bisa di katakan "mandul" Kemandulan pada pria ini bisa terjadi karena banyak faktor bisa juga karena minuman penurun kualitas sperma. Pria yang sehat dan normal memiliki kemampuan untuk memproduksi sel sperma, kesehatan dan kualitas sperma juga di tentukan dari beberapa makanan atau minuman yang di konsumsi.

Zat kalsium di butuhkan sel sperma untuk bergerak cepat menuju rahim dan menemui sel ovum, sel sperma yang kekurangan kalsium memiliki kesulitan dalam menembus sel ovum dan biasanya lama-kelamaan akan mati.

Setelah terjadi pembuahan di dalam rahim, selanjutnya peran rahim yang menentukan. Rahim atau uterus harus sehat dan dalam keadaan subur, sehingga memudahkan perkembangan fetus dalam rahim, yang pada akhirnya menjadi bayi.

Sementara Itu Apa Yang Menyebabkan Kemandulan Pada Wanita

Proses ovulasi pada wanita normal di perlukan agar terjadi pembuahan. Karena jika tidak ada ovulasi maka tidak ada ovum yang di buahi. Ovulasi yang sehat akan menjamin terjadinya pembuahan yang sehat pula, jika pasangan pria juga dalam keadaan normal. Indikasi wanita tidak bisa ovulasi adalah saat haid terasa nyeri dan sakit serta haid yang tidak teratur.

Gangguan Lain Yang Menyebabkan Wanita Mandul Adalah

1. Wanita perokok

2. Wanita sering minum minuman beralkohol dan bersoda.

3. Mioma uteri.

4. Stres.

5. Usia.

6. Kelainan fisik uterus.

7. Kanker serviks, kista.

8. Radiasi elektromagnetis.

9. Aborsi.

10. Penyakit menular seksual.

11. Tertutupnya lubang saluran tuba yang di sebabkan karena radang luka atau infeksi, endometriosis, Operasi pengangkatan kehamilan ektopik.

12. Obesitas atau sebaliknya terlalu kurus.

13. Dan masih banyak faktor lain yang memungkinkan terjadinya kemandulan pada wanita.

Pada beberapa kasus, seseorang menunda kehamilan karena alasan tertentu. Hingga akhirnya sampai pada usia 30 Tahun memutuskan untuk mendapatkan anak, namun apa yang terjadi? kehamilan sulit terjadi. Salah satu alasan yaitu faktor usia, jadi hanya sekitar 15 hingga 20 persen saja pasangan ini mampu mendapatkan kehamilan sempurna.

Kenapa Faktor Usia Menentukan Kehamilan Juga? Karena Beberapa Alasan Berikut

1. Kemampuan ovarium untuk melepaskan ovum sulit karena seiring dengan bertambahnya usia maka kekuatan otot jaringan ovarium semakin lemah.

2. Seorang wanita tua kadang mudah terserang berbagai penyakit yang pada akhirnya mempengaruhi tingkat kesuburan.

3. Wanita yang sudah berumur sangat rentan dengan keguguran. Maka dari itu jika memutuskan untuk mendapatkan momongan lakukanlah saat usia masih muda yaitu bagi pria sekitar usia 27 Tahun dan bagi wanita sekitar usia 21 tahun.

4. Seiring dengan bertambahnya usia maka kualitas sel telur juga menurun.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



2 comments:

  1. Setelah membaca tulisan anda diatas saya jadi memiliki banyak pertanyaan.
    a. Sejak umur berapakah wanita mulai memiliki kuallitas sel telur yang menurun ?
    b. Makanan yang tinggi zat kalsiumnya ?
    c. Kalau boleh tahu Mioma Uteri itu apa ? Penyakit ? kelainan ?

    Itu saja, semoga berkenan untuk menjawabnya. Mengingat tingkat kemandulan memang bukan hal yang sedikit, mungkin postingan ini memberikan peringatan bagi semua orang bahwa ada beberapa perilaku yang memicu kemandulan.

    ReplyDelete
  2. Sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas kesediaan Anda untuk membaca artikel ini.
    a. Sejak umur berapakah wanita mulai memiliki kualitas sel telur yang menurun?
    Jawab:
    Sebenarnya hormon estrogen yang di produksi wanita adalah bertujuan untuk memberikan daya tarik seksual, seiring dengan bertambahnya usia maka jumlah maupun kualitas sel telur juga menurun, karena penurunan kualitas estrogen. Pada umumnya sejak usia 35 tahun kualitas sel telur wanita sudah mulai ada penurunan, sebagian berpendapat bahwa usia 30 tahun adalah waktu yang tepat untuk hamil namun usia segitu terlalu dekat dengan masa-masa rawan kehamilan karena kerawanan kehamilan tidak hanya di tentukan oleh usia saja namun banyak faktor termasuk gaya hidup sehari-hari yang berpengaruh terhadap kesehatan ibu. Pada akhirnya kehamilan merupakan hal yang misteri juga, kadang usia 20 tahun belum juga hamil sedangkan wanita yang sudah berumur 40 tahun bisa hamil. Namun kita bisa memahami bahwa kehamilan di usia lanjut sangat beresiko baik bagi sang ibu maupun bayinya.

    b. Makanan yang tinggi zat kalsiumnya?
    Jawab:
    Makanan yang banyak mengandung kalsium antara lain keju, ikan sarden (sekali dalam satu minggu), kacang almond, brokoli (kalsium terbaik), kacang kedelai dan yoghurt. Kebutuhan kalsium memang sangat penting bagi ibu hamil atau ibu yang dalam proses kehamilan, karena zat ini di butuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang) bagi sang ibu. Karena jika kebutuhan kalsium kurang mencukupi maka perkembangan bayi akan kalsium di ambil dari ibunya.

    c. Kalau boleh tahu Mioma Uteri itu apa? Penyakit? kelamin?
    Jawab:
    Mioma uteri itu adalah suatu jenis tumor jinak yang berada di dalam organ reproduksi wanita. Biasa di sebut juga dengan penyakit miom atau Fibroid uteri, hal ini terjadi karena adanya pembesaran otot polos rahim (miometrium) dan berisi jaringan ikat yang di bungkus dengan selaput. Gejalanya antara lain. Pendarahan dari alat kelamin, darah haid banyak, nyeri punggung dan konstipasi (sulit BAB) saran saya segera konsultasikan kepada dokter ahli kandungan (SpoG) karena jika di biarkan penyakit ini bisa membesar dan menjadi kanker ganas.

    Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda.
    Terimakasih

    ReplyDelete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga