Tips Tidur Yang Sehat

Tips tidur yang sehatTips Tidur Yang Sehat - Tidur sebenarnya adalah suatu kebutuhan alami setiap manusia, tidur merupakan saat yang tepat untuk mengistirahatkan jiwa dan raga kita.

Pada zaman dahulu tidur di lakukan setelah tubuh melakukan aktivitas atau kegiatan di siang hari saja, sehingga tenaga bisa pulih kembali saat terbangun, dan esok harinya bisa melakukan aktivitas kembali. Hanya itu?

Ternyata tidak, tidur tidak hanya untuk mengistirahatkan tubuh saat merasa lelah selesai melakukan segala aktivitas di siang hari saja, namun lebih dari itu yaitu berkaitan dengan pengurangan atau kelebihan berat badan kita, hal ini terjadi karena perubahan hormon yaitu hormon leptin dan ghrelin. Hormon Leptin berperan dalam regulasi penurunan berat badan sementara hormon ghrelin sebagai hormon pembangkit nafsu makan.

Pada suatu penelitian di temukan bahwa tips tidur yang sehat dan tepat berdurasi sekitar 7 jam setiap malam. Namun, kita tidak hanya berpedoman pada lamanya waktu tidur saja namun kondisi kesehatan orang itu sendiri juga menentukan terbentuknya kebiasaan tidur yang sehat.

Selain itu tidur yang sehat dan cukup mampu membantu membentuk perkembangan otak yang lebih positif, karena saat tidur berlangsung otak akan membentuk sel yang baru.

Lalu posisi tidur yang bagaimana sehingga bisa di katakan tidur yang sehat? Berikut ini beberapa tips tidur yang sehat, yang dapat kita terapkan agar kita dapat memiliki kualitas tidur yang baik.

Tips Tidur Yang Sehat Dan Nyaman

Pertama. Tidur Dengan Posisi Miring

Tidur dengan posisi miring di percaya sangat baik untuk perkembangan pencernaan dan aliran darah, sebagian orang juga mempercayai bahwa tidur miring dapat mengurangi potensi mendengkur, Jadi jika Anda terbiasa dengan mendengkur cobalah tips ini, maka Anda tidak akan mendengkur lagi dan pasangan Anda tidak akan terganggu karena suara dengkuran Anda. Tetapi menurut Prof. dermatologi di Saint Louis University, Dee Anna Glaser, MD mengatakan bahwa kebiasaan tidur miring ada kekuranganya yaitu membuat kerutan dan payudara cenderung mengendur.

Kedua. Tidur Dengan Posisi Telentang

Inilah posisi tidur sehat berikutnya, karena dapat dapat meminimalisir ceredara leher dan memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh. Posisi tidur seperti ini keberadaan kepala Anda lebih proporsional dan tekanan lutut kaki ke bawah lebih ringan karena di bantu dengan sandaran bantal yang lain.

Ketiga. Tidur Tengkurap

Posisi tidur ini kurang baik untuk peredaran darah dan kesehatan namun dapat membantu memperlancar peredaran darah menuju kelamin sehingga di percaya dapat membantu kesehatan alat kelamin Anda.

Sebelum Anda tidur, sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan, apalagi makanan yang terlalu mengenyangkan karena kondisi ini akan menyulitkan dalam tidur dan makanan tidak akan langsung di cerna oleh usus karena pergerakan makanan ke pencernaan lambat di karenakan kondisi tubuh yang merebah, dan lagi akan menimbulkan efek rasa mual di perut.

Tips tidur yang sehat berikutnya adalah jangan membiasakan tidur dengan kondisi lampu menyala apalagi menyala terang sekali. Jika Anda tidak biasa dengan kondisi gelap gunakanlah lampu kecil di samping tidur Anda.

Selanjutnya, jangan menaruh barang-barang elektronik di dekat tidur Anda seperti HP atau Komputer, karena dalam keadaan tidur kita tidak tahu kondisi sikap tubuh saat tidur kita yang sebenanya bagaimana, di kawatirkan akan menyenggol barang-barang tersebut dan mengakibatkan kerusakan atau saat tidur terlelap HP berbunyi sehingga terpaksa Anda akan terbangun, hal ini akan menyebabkan tidur Anda tidak puas, dan tidak bagus untuk kesehatan.

Minum segelas air putih sebelum tidur sangat baik untuk membantu proses pencernaan Anda, tetapi sebelumnya Anda harus ke kamar mandi dahulu untuk membuang sisa air seni yang terdapat di kandung kemih. Membasuh muka, tangan dan kaki juga menyegarkan kondisi tidur Anda nantinya.

Jangan lupa kenakan baju tidur yang longgar sehingga membantu memperlancar proses peredaran darah Anda, bila perlu kenakan baju tidur kusus.

Saya rasa itulah tips tidur yang sehat, yang bisa kita terapkan bersama. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih



2 comments:

  1. Sebaiknya tidak tidur tengkurap, gan. Meski ada efek positifnya, tapi efek negatifnya juga ada. Makasih infonya, gan. Sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul juga mas Akhmad Jazuli, jadi sebaiknya kita tidur sesuai kebutuhan saja yah,,, makasih sudah berkunjung.

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga