6 Penyakit Yang Dapat Menular Melalui Ciuman

6 Penyakit yang dapat menular melalui ciuman6 Penyakit Yang Dapat Menular Melalui Ciuman - Berciuman adalah salah satu bentuk aktivitas ritual yang di lakukan oleh dua orang karena suatu perwujutan rasa kasih sayang dan cinta terhadap pasangannya.

Ciuman jika di lakukan dalam kondisi keduanya sehat tidak bermasalah dan bahkan memberikan dampak yang positif bagi kesehatan tubuh, namun jika salah satu atau keduanya tidak sehat artinya dalam tubuhnya terdapat kuman atau bakteri maka sangat beresiko untuk terjadi penularan penyakit terhadap aktivitas ini.
                                           
Yang di maksud ciuman disini tentu saja bukan ciuman pipi atau kening namun ciuman bibir/lidah/mulut, rongga mulut yang tidak sehat mengandung banyak bakteri atau virus yang dapat menular ke pasangannya saat terjadi aktivitas ini. Ketahuilah ada lebih dari 80 juta lebih mikroba tertukar saat berciuman.


Menurut Drg. Ardiansyah dalam suatu program solusi gigi sehat, menerangkan bahwa kebersihan rongga mulut perlu di perhatikan karena akan berdampak kepada kesehatan diri dan orang lain, terutama jika Anda sering melakukan ciuman bibir dan lidah.

Bakteri atau virus yang biasa di temukan di dalam air liur atau saliva adalah virus EBV (Ebstein Bar Virus) virus Cytomegalovirus, kuman Streptococcus (penyebab penyakit radang tenggorokan), kuman Coxsackie, virus herpes tipe 1, Hepatitis B dan C ( Penyebab terjadinya penyakit herpes simpleks).

Lalu bagaimana dengan HIV? Virus HIV tetap di temukan dalam saliva namun sampai saat ini masih belum terbukti bahwa penyakit HIV menular melalaui ciuman, namun tetap saja beresiko menular saat berhubungan dengan penderita HIV.

Artikel lain:
Manfaat bercinta di pagi hari
Penggunaan alat kontrasepsi dan efek sampingnya

Berikut Ini 6 Penyakit Lain Yang Bisa Menular Melalui Ritual Ciuman Antara Lain

1. Flu

Virus penyebab flu dan batuk sangat mudah menular apalagi jika kondisi tubuh Anda tidak cukup sehat untuk melalukan ciuman dengan pasangan. Virus penyebab flu menular dengan baik melalui kontak langsung dengan penderita melalui sekresi (lendir atau cairan) yang keluar dari mulut dan hidung.

Lebih baik tahan dulu keinginan Anda untuk berciuman dengan pasangan jika salah satu dari Anda mengalami kondisi yang demikian. Atau Anda membiarkan virus terus menjalar ke orang yang lebih sehat.

2. Hepatitis B

Penyakit ini menular saat terjadi ciuman yang mengandung darah dari penderita, biasanya saat terjadi ciuman rongga mulut mengalami luka kecil dan mengeluarkan darah, jika darah ini mengandung virus hepatitis dan cairan saliva yang mengandung darah tersebut berpindah ke mulut pasangan maka pasangan Anda pun beresiko terkena Hepatitis B juga.

3. Kutil

Kutil terjadi karena adanya penebalan kulit luar yang di sebabkan oleh virus HPV yang memang biasanya menyerang kulit. Jika kutil ini tumbuh di rongga mulut dan terdapat luka maka virus ini memiliki peluang untuk berpindah ke pasangan ciuman sehingga dapat beresiko menderita penyakit kutil juga.

4. Glandular Fever

Penyakit ini biasanya banyak menyerang para kaum remaja yang sedang di mabuk asmara. Penularan virus ini terjadi saat ciuman berlangsung lama sehingga memungkinkan cairan saliva atau lendir dapat berpindah ke mulut pasangannya, mereka justru sering lebih lama memainkan lidah dengan pasangannya dan saling menggigit.

Ini sangat beresiko jika salah satu pasangan menderita virus tersebut. Penyakit Glandular fever biasa di sebut juga dengan Infeksi mononukleosis yang di sebabkan oleh virus Epstein Bar.

Gejala bagi penderita virus ini adalah rasa pusing yang datang secara tiba-tiba, sakit tenggorokan, demam, merasa cepat lelah, mudah timbul amandel dan nafsu makan berkurang.

5. Herpes

Herpes merupakan penyakit radang kulit yang bisa menular melalui ciuman. Herpes sangat mudah menular ke orang lain atau pasangan jika lesi atau gelembung yang berisi air tersebut meletus. Penularan juga bisa melalui air liur (saliva) dan kontak langsung dengan penderita. Virus yang termasuk keluarga Herpes antara lain Virus Epstein Bar, Varicella zoster (penyebab cacar air) dan Herpes Simpleks (penyebab Cold sores).

6. Penyakit Meningakokus

Di antara penyakit yang sudah di sebutkan di atas, ini adalah yang paling berbahaya karena dapat mengancam keselamatan penderitannya. Virus ini menyerang selaput otak yang mengakhibatkan penderita mengalami radang selaput otak (meninges) dan sumsung tulang belakang. Pada umumnya di ketahui penyebaran virus ini melalui kontak langsung dengan pasangan melalui lendir atau cairan saliva orang yang terinfeksi.

Bagi orang yang sudah mengerti tentang hubungan intim, berciuman memang mengasyikkan dan jika Anda mengetahuinya, tentu saja banyak manfaatnya untuk kesehatan, berikut 8 manfaat ciuman bibir untuk kesehatan, namun sebelumnya sebaiknya kita perlu mengetahui kesehatan pasangan yang akan kita ajak untuk berhubungan intim tersebut, apakah di pastikan sehat atau sebaliknya.

Inilah 6 penyakit yang dapat menular melalui ciuman, semoga dapat menjadi referensi bagi kita semua untuk selalu waspada dan tidak sembarangan berinteraksi intim dengan orang lain, apalagi seseorang yang belum begitu di kenal.

Berikut Ini Ada Tips Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Mulut

* Rajin menggosok gigi, minimal dua kali dalam sehari (Setelah makan dan sebelum tidur) usahakan dengan mengunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

* (Di sarankan) Berkumur dengan menggunakan obat kumur yang biasanya sudah tersedia di toko terdekat.

* Jika Anda menggosok gigi, pilihlah bulu sikat gigi yang lembut dan tidak terlalu kasar agar gusi atau rongga mulut tidak mudah luka.

* Hindari merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol karena akan menambah aroma tak sedap pada ronga mulut Anda.

* Kurangilah porsi makanan yang banyak mengandung gula, karena gula bisa dengan mudah menempel di gigi yang pada akhirnya menyebabkan gigi berlubang.

* Akan lebih maksimal lagi kesehatan gigi Anda jika rutin memeriksakan kesehatan gigi Anda ke dokter ahli.

Berciuman dengan seseorang yang sudah kita kenal (istri/suami) lebih terjamin kesehatannya daripada orang yang kurang atau tidak kita kenal sebelumnya, selain itu aktifitas ini juga dapat meningkatkan tingkat derajad keharmonisan hubungan di antara keduannya.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih



4 comments:

  1. Jadi, sekarang mesti hati-hati lagi jika berhubungan bebas dengan pasangan kita

    ReplyDelete
  2. Betul, kita harus lebih berhati hati jika berhubungan intim, dan sebaiknya hubungan bebas di hindari saja karena penyebaran virus berbahaya tersebut lebih mudah dan menginfeksi. Kita pun belum tentu mudah mengetahui apakah pasangan kita tersebut terinfeksi atau tidak.

    ReplyDelete
  3. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

    ReplyDelete
  4. Obat Alami Hepatitis B, Ok, makasih kunjungannya...

    ReplyDelete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga