Artikel Tentang Hipertensi

Artikel hipertensiArtikel Tentang Hipertensi - Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah suatu penyakit yang terjadi karena makanan atau kondisi mental seseorang yang memicu timbulnya peningkatan tekanan darah secara kronis dan biasanya dalam jangka panjang.

Tekanan darah ini melibatkan dua ukuran yaitu diastolik (Otot jantung berelaksasi di antara denyut) dan sistolik (otot jantung berkontraksi).

Tekanan darah normal dalam keadaan istirahat dalam sistolik (bacaan atas) 100-140 mmhHg dan diastolik (bacaan bawah) 60-90 mmHg. Jadi tekanan darah tinggi jika terjadi terus menerus pada posisi 140/90 mmHg atau lebih.

Tanda Dan Gejala Penyakit Darah Tinggi

Umumnya penyakit darah tinggi tidak menunjukkan gejala, namun bisa di ketahui saat terjadi skrining atau pada waktu penanganan medis pada kesehatan tubuh yang tidak berkaitan.

Beberapa orang yang mengaku terkena darah tinggi atau hipertensi merasakan sakit kepala yang sering, vertigo, dengung atau desis yang terdengar di dalam telinga (tinitus), gangguan penglihatan dan terkadang pingsan.

Terjadinya darah tinggi juga bisa terdeteksi saat di temukan retinopati hipertensi pada fundus optik di belakang bola mata dengan menggunakan oftalmoskop. Hipertensi harus segera di tangani sedini mungkin seperti yang telah di lansir oleh livestrong.com

Berikut Ini Hal Penting Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Hipertensi

1. Periksakan Tekanan Darah Anda Secara Berkala Dan Teratur

Pada umumnya kebanyakan orang menganggap bahwa tekanan darah tinggi hanya di derita pada orang dewasa saja, namun kenyataanya hipertensi tidak pandang usia seseorang, hipertensi bisa menghinggapi seseorang mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Karena hipertensi di pengaruhi oleh makanan dan kondisi mental seseorang.

2. Memahami Pengertian Hipertensi

Terkadang seseorang tidak memahami bahwa dirinya terkena hipertensi, maka dari itu memahami pengertian tentang hipertensi adalah penting untuk mengukur kondisi kesehatan diri seseorang. Jika bingung untuk memulainya, awalilah dengan pengertian hipertensi sekunder atau hipertensi primer.

Hipertensi primer adalah jenis penyakit darah tinggi yang di pengaruhi oleh resistensi insulin atau diabetes. Sedangkan Hipertensi sekunder biasanya dapat di kendalikan dengan mengubah pola diet dan tingkat stres.

3. Hindari Obat Flu Dan Batuk

Jika Anda di diaknosis menderita hipertensi atau darah tinggi sebaiknya hindari penggunaaan obat flu atau batuk, karena jenis obat ini dapat memicu kontraksi pembuluh darah terutama yang menuju otak, jika hal ini terjadi terus menerus bisa memicu timbulnya strok dan ini lebih berbahaya lagi.

4. Pelajari Tentang Gaya Hidup Dan Mengganti Dengan Pola Hidup Sehat Serta Pengobatan Yang Tepat

Mulailah untuk mengenal gaya hidup sehat dan temukan pengobatan yang tepat untuk penyakit hipertensi Anda. Berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Anda adalah langkah yang tepat untuk mengambil sikap di kemudian hari.

Anda bisa memulai dengan makan makanan yang rendah lemak, diet rendah sodium, berolah raga teratur, menghindari Alkohol, tembakau dan kafein, serta berupaya untuk rileks di setiap even artinya kurangi tingkat stres.

5. Motivasi Yang Kuat Untuk Selalu Menjaga Kesehatan Tekanan Darah

Jelas bahwa antisipasi sedini mungkin lebih baik daripada pengobatan. Memunculkan motivasi untuk selalu menjaga kesehatan tekanan darah juga merupakan langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan tekanan darah Anda.

Hindari segala larangan baik makanan atau kegiatan yang dapat memicu timbulnya tekanan darah tinggi dan dan lakukan segala sesuatu yang baik untuk menjaga tekanan darah Anda.

Obat Tradisional Untuk Hipertensi 

Jika Anda ingin mengobati penyakit darah tinggi Anda dengan cara tradisional, Anda bisa menggunakan daun kersen di sebagian jawa menyebutnya talok atau ceri.

Caranya Ambil beberapa lembar daun kersen lalu jemur sampai kering dan bersihkan setelah itu seduh dengan air panas, tunggu hingga warna air berubah menjadi seperti air teh, tunggu sampai hangat dan seduh dua kali sehari.

Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga