9 Kebiasaan Yang Dapat Menurunkan Kinerja Otak

9 Kebiasaan yang dapat menurunkan kinerja otak
9 Kebiasaan Yang Dapat Menurunkan Kinerja Otak - Otak adalah pusat pengendali semua aktivitas organ tubuh kita. Tidak ada yang terlepas dari respon otak kecuali ada kelainan.

Oleh karena itu, kesehatan otak kita perlu di jaga dengan sebaik-baiknya, beristirahatlah jika otak mulai merasakan lelah dan jangan malas berpikir jika memang ada yang perlu di pikirkan, namun juga tidak boleh terlalu sering memikirkan sesuatu dengan serius karena otak akan kelelahan yang pada akhirnya berdampak pada kesehatan Anda secara menyeluruh, rileks saja dalam menghadapi setiap permasalahan hidup.

Ibarat komputer otak kita adalah processor yang super canggih dan tidak ada duannya. Memorinya kuat dan mampu menyimpan banyak data kehidupan terutama cerita hidup kita sendiri. Sungguh luar biasa karya Tuhan yang satu ini, kita wajib menjaganya agar tidak rusak.

Jika kita terlalu banyak pikiran maka sangat berpengaruh bagi kesehatan fisik dan psikis kita tentu saja mempengaruhi kinerja otak, dan tidak bisa bekerja secara maksimal.

Kita perlu me-refres otak kita agar tetap dalam keadaan sehat dan segar, bisa dengan rekreasi, olahraga atau ke tempat-tempat yang baru yang menarik hati Anda. Cara meningkatkan kesehatan dengan mendengarkan musik juga menjadi alternatif terbaik untuk menjaga kesehatan otak agar tetap segar.

Kadang kita tidak menyadari jika ada beberapa tindakan atau tingkah laku yang mempengaruhi kesehatan otak dan menurunkan kinerjannya. Sebenarnya jika kita peduli ada beberapa langkah agar otak cemerlang dengan rempah alami yang mudah di dapatkan terutama di daerah tropis.

Berikut 9 Kebiasaan Yang Dapat Menurunkan Kinerja Otak

Kurang Olahraga

Fakta membuktikan bahwa kurang olahraga dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita termasuk kesehatan otak. Dan sebaliknya jika kita rutin melakukan olahraga secara teratur dan disiplin maka seluruh kesehatan organ tubuh kita akan terjaga.

Stres

Jaga kondisi tubuh Anda agar tidak terlalu stres dan capek karena jelas akan merugikan Anda, pekerjaan terbengkalai dan semua urusan tidak terselesaikan. Stres entah itu karena pekerjaan, pendidikan, asmara, keuangan atau ekonomi dan sebagainaya sama saja dampaknya terhadap perkembangan kesehatan tubuh Anda.

Alkohol

Banyak informasi kesehatan yang menyatakan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol beresiko pada kesehatan semua organ tubuh Anda termasuk ginjal, hati dan termasuk otak Anda. Jika otak sudah tidak sehat maka indikasinya adalah mudah gelisah, resah, stres dan depresi yang mempengaruhi jiwa Anda.

Sering Tidur Terlalu Lama (Over sleeping)

Terlalu banyak tidur bukan hanya menurunkan kinerja otak namun juga berpotensi pada banyak penyakit lain seperti diabetes, jantung dan penyakit kronis lain. Gunakan waktu tidur Anda sebaik munkin dan secukupnya.

Merokok

Jelas, merupakan sumber penyakit yang mematikan secara perlahan. Zat aditif yang terkandung di dalam rokok sangat beracun dan sumber penyakit kanker. Merokok dapat menggangu fungsi normal sel otak dan menurunkan kinerja otak, akhibatnya kekuatan memori otak juga menurun.

Obat-obatan Terlarang

Konsumsi obat-obatan terlarang seperti narkoba juga mempengaruhi kesehatan kinerja sel otak, bukan hanya kesehatan fisik namun juga berpengaruh pada kesehatan mental dan jiwa Anda parahnya lagi ini sulit di sembuhkan dan cenderung bersifat permanen. Kesembuhan pasien narkoba tergantung pada keyakinan dan kemauan pasien itu sendiri.

Monoton

Tidak ada keinginan untuk mencoba hal baru adalah langkah awal dari penurunan fungsi sel otak. Hari-hari selalu di isi dengan aktivitas yang monoton dan itu-itu saja, hal yang membosankan bukan? Buat hidup Anda lebih berwarna yang menyegarkan jiwa dan raga.

Makan Makanan Yang Tidak Sehat

Saya tidak mengatakan bahwa makanan yang di goreng adalah menurunkan kinerja otak, namun saya mengatakan bahwa makanan yang banyak mengandung lemak tak sehat untuk kelangsungan proses metabolisme serta kesehatan semua organ tubuh termasuk otak. Makanan buah dan sayur segar jauh lebih baik untuk memenuhi kebutuhan gizi harian Anda.

Kehidupan Sosial Yang Buruk

Salah dalam pergaulan mempengaruhi kesehatan jiwa dan raga kita. Kita harus pandai dalam bergaul, bukan berarti kita menghindarai interaksi dengan orang lain namun kita harus pandai menyikapi banyaknya sikap dan sifat seseorang di luar sana, agar kita lebih cerdik dalam berhubungan dengan siapa pun.

Itulah 9 kebiasaan yang dapat menurunkan kinerja otak kita yang perlu untuk kita ketahui bersama, tinggal kita sendiri, bersediakah mengaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, agar hidup kita lebih sehat dan berkualitas tinggi.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga