Cara Mengatasi Anak Yang Susah Tidur

Tips atasi anak susah tidurCara Mengatasi Anak Yang Susah Tidur - Orang tua kususnya ibu-ibu yang memiliki anak yang susah tidur memang sedikit menjengkelkan, kadang kita di buat repot karena ulahnya, namun tentu saja ada banyak cara agar anak memiliki kebiasaan tidur yang sehat dan teratur. Menurut seorang psikolog anak seperti yang di lansir oleh parenting.co.id bernama Roslina Verauli, Mpsi.

Beliau mengatakan bahwa " Anak sulit tidur di sebabkan oleh, adanya perbedaan individual yang dimiliki oleh anak tentang pola dan proses tidur. Ada yang mudah tidur dan tidur dalam interval yang panjang dan ada yang sebentar-sebentar bangun dan gelisah dan ada yang membutuhkan distimulasi yang berlebih agar bisa tidur. "

Atau kita ketahui bahwa tidur anak di tentukan oleh sifat yang di turunkan dari orang tua atau kakek dan neneknya. Ibu-ibu bisa menanyakan kepada pasangan atau orang tua dan mertua, bagaimana tidurnya pada saat mereka sewaktu masih kecil. Mungkin ada trik-trik yang berbeda yang bisa di terapkan kepada anak anda untuk menidurkannya.


Berikut Ada Beberapa Langkah Yang Bisa Anda Coba Lakukan Supaya Anak Bersedia Tidur

Pertama. Ajarkan Perbedaan Antara Siang Dan Malam

Ceritakan aktivitas pada waktu siang hari, saat pagi tiba buka cendela lebar-lebar dan ajak mereka berinteraksi, mengobrol dan memainkan suatu game yang menyenangkan. Sebaliknya pada saat malam hari tutup cendela rapat-rapat matikan TV, CD player serta kecilkan radio atau bila perlu di matikan lalu ganti dengan lampu yang menyala kecil. Usahakan tidak banyak bercakap-cakap dengannya.

Kedua. Ajak Anak Untuk Menentukan Jam Tidur Dengan Konsisten

Jika anak sudah terbiasa dengan jam waktu tidur, biasanya tanpa di ingatkan mereka bisa merasa kantuk dengan sendirinya dan pergi tidur. Dan pagi Anda bisa bantu untuk membangunkannya pada jam yang telah di sepakati bersama. Secara tidak di sadari ini akan menjadi suatu kebiasaan bagi anak Anda.

Ketiga. Pastikan Tubuh Dan Pakaian Anak Sudah Bersih Dan Hangat

Jika kebersihan sudah di terapkan sejak dini maka kebiasaan ini akan di lakukan oleh anak hingga dewasa. Atur suhu ruangan agar tidak terlalu panas atau dingin sehingga mengganggu kondisi kesehatan anak tersebut saat tertidur.

Keempat. Ciptakan Kebiasaan Menjalankan Ritual Tidur

Misalnya pada saat waktu sudah menunjukkan jam 20.00 atau jam 8 malam waktu setempat. Ajak anak pergi ke kamar dan mengganti pakaian serta bercakap-cakap di kamar tidur, Anda juga bisa memberikan cerita pendek saat menjelang tidur atau sebuah nyanyian yang mengantarkan si kecil dalam tidurnya, tidurkan dan selimuti dia. Jika belum tidur Anda bisa menemaninya sesaat sampai dia tertidur.

Kelima. Pura-pura Ngantuk Dan Ikut Tidur Di Sampingnya

Ikut rebahan di samping anak yang akan tidur agar anak mengikuti maka lama-kelamaan jika dia sudah tertidur Anda bisa meninggalkannya, asalkan Anda jangan ikut tertidur, sebelum meninggalkanya sebaiknya pastikan dalam keadaan aman baik dari gigitan nyamuk atau dari tempat yang jika dia bergerak bisa membahayakan dirinya seperti tempat tidur yang tinggi tanpa pengaman. 

Keenam. Biarkan Saja

Jika anak masih aktif bermain dan bersenda gurau biarkan saja sambil di kenalkan waktu tidur secara perlahan, dan nanti jika sudah saatnya kantuk maka dia akan tidur juga. Hal ini akan menjadi kebiasaan dan anak perlahan akan berubah serta memiliki pola tidur yang teratur. 

Itulah beberapa cara mengatasi anak yang susah tidur yang bisa kita terapkan jika mereka susah tidur, memang ketentuan anak adalah mereka sendiri yang merasakan bukan kita sebagai orang tua, jadi nanti kalau sudah saatnya terasa kantuk dia akan tidur sendiri tanpa harus di tidurkan.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga