Kata Motivasi Untuk Anak

Kata motivasi untuk anakKata Motivasi Untuk Anak - Motivasi atau dorongan semangat yang bertujuan untuk memberikan kekuatan bagi seseorang dalam menjalani hidup atau menghadapi sesuatu bukan hanya suatu keharusan yang di miliki orang dewasa saja, namun bagi anak-anak juga memerlukan suntikan motivasi agar mereka lebih tegar dan bersemangat dalam menjalani hidupnya.

Motivasi ini sangat bermanfaat bagi mereka karena dapat memberikan dorongan kekuatan untuk lebih semangat dalam berprestasi agar apa yang di cita-citakan dapat atau mudah tercapai. 

Masalahnya, bagaimana cara menyampaikan motivasi ini kepada mereka agar tidak terkesan sebagai upaya paksaan sehingga anak-anak justru enggan untuk melakukannya, di tambah lagi rasa ego yang tinggi atau keinginan bermain yang masih dominan.

Artikel lain:
Cara meningkatkan kepercayaan diri anak dengan olahraga 
Cara membentengi anak dari kejahatan pedofilia

Selain itu sikap dari kedua orang tua yang mudah melekat dalam benak anak-anak akan sangat mempengaruhi. Jadi sebelum memberikan kata motivasi kepada mereka sebaiknya kedua orang tua harus koreksi terhadap sikap dirinya selama ini. Termasuk keharmonisan ke dua orang tua, karena setidaknya ada 7 akibat yang terjadi jika anak sering melihat orang tua bertengkar.

Berikut ini beberapa kata motivasi untuk Anak Yang Dapat di terapkan dalam Kehidupan Setiap Hari Seperti Yang Telah Di Lansir Oleh parents.com 

Pertama. Berhati-hatilah Dalam Memberi Imbalan Atau Hadiah Kepada Anak

Memberikan apresiasi atas prestasi yang di raih anak memang baik dan perlu namun jangan sampai berlebihan karena dampak yang akan terjadi justru bisa lebih buruk pada anak di kemudian hari, anak akan selalu bergantung pada Anda. Ajaklah anak untuk belajar tentang pentinnya rasa puas dan bahagia ketika melakukan sesuatu yang positif. Buat anak-anak merasa bahwa dengan melakukan yang baik dia dan orang lain akan merasakan manfaatnya.

Kedua. Berbicara Empat Mata

Komunikasi dengan anak sangat penting di lakukan, mereka cenderung memiliki rasa ingin tahu yang besar, mereka senang jika selalu di ajak bermusyawarah dan berdiskusi bersama. Kebiasaan ini akan membantu membangun kesehatan psikologis anak serta membangun motivasi intrinsik dalam diri mereka. Dengarkan ketika anak berbicara dan anggap bahwa keberadaan mereka sangat penting di dalam kehidupan Anda. Dengan demikian kepercayaan diri anak akan tumbuh dengan baik.

Ketiga. Jangan Terlalu Menuntut Kesempurnaan

Biarkan anak-anak belajar sesuai dengan kemampuannya, terimalah apa adanya. Berikan kebebasan pada anak-anak untuk memilih apa saja yang mereka sukai dan yakini. Jika suatu saat nanti mereka melakukan kesalahan itu bukan masalah dan bersifat wajar, karena dari kesalahan tersebut mereka bisa belajar, asalkan masih dalam pengawasan Anda yang tidak di ketahui oleh anak-anak.

Keempat. Dorongan Pada Anak Untuk Terus Mau mencoba

Rasa puas setelah berhasil melakukan sesuatu hal yang bersifat positif akan membuat anak merasa puas dan ingin melakukan lagi dan lagi, beri dorongan pada mereka untuk mengenal sesuatu yang baru dan mereka akan terus ketagihan untuk melakukannya. Hal ini akan membantu tumbuh kembang potensi anak.

Kelima. Beri Contoh

Seperti yang telah di singgung di atas bahwa kita sebagai orang tua harus memberikan contoh sikap yang benar karena anak-anak sangat mudah mengingat apa yang telah di lakukan orang tuanya. Anda adalah panutan atau mentor bagi mereka, maka dari itu jika Anda mengharapkan anak melakuka sesuatu yang Anda inginkan tentu saja Anda harus bisa memberikan contoh terlebih dahulu, agar anak-anak mudah untuk mengaplikasikannya pada dirinya.

Selain sebuah keberhasilan anak-anak juga perlu merasakan arti sebuah kegagalan karena itu menjadi pembelajaran bagi mereka agar kelak saat dewasa nanti mereka lebih siap dalam menghadapi segala cobaan hidup.

Beberapa kata motivasi untuk anak ini semoga menjadi referensi bagi kita semua sebagai orang tuanya, agar kelak nanti di kemudian hari anak-anak lebih siap dalam menghadapi perubahan hidup dan menjadi contoh bagi yang lain.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



2 comments:

  1. Betul, kadang sebagai orang tua nggak sadar menuntut ini itu, mengharap anaknya sempurna.
    Harus banyak belajar lagi nih agar bijak menjadi orang tua. Makasih sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kadang orang tua memberikan (dengan sedikit paksaan) sesuatu benda atau tutur kata di sesuaikan dengan takaran dirinya padahal kebutuhan anak dan orang dewasa jelas berbeda. makasih sudah berkunjung

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga