Meningitis Virus Dan Cara Menghindarinya

Meningitis virus dan cara menghindainyaMeningitis Virus Dan Cara Menghindarinya - Radang selaput otak atau biasa di sebut meningitis merupakan penyakit menular yang menyerang selaput di sekitar otak dan sumsum tulang belakang.

Penyakit ini tergolong berbahaya, karena jika tidak segera di tangani akan menyebabkan banyak resiko lain seperti cacat, lumpuh, gangguan pendengaran, gangguan memori otak hingga pada kematian.

Penyakit ini sebenarnya bisa di obati namun jika segera di temukan keberadaan virus atau bakteri tersebut dan langsung cepat mendapatkan pengobatan dan kemoterapi. Umumnya penyakit meningitis di sebabkan oleh virus (Meningitis viral dan meningitis tuberkulosis) dari pada meningitis yang di sebabkan oleh bakteri (meningitis bakterialis).

Biasanya meningitis bakteri menyerang orang dewasa yang memiliki kekebalan tubuh yang sangat lemah sementara meningitis viral dan TBC menyerang anak-anak dan bayi. Menurut dokter spesialis sayaraf anak, Irawan Mangunatmadja.

Agar terhindar dari penyakit ini dapat di lakukan beberapa langkah pencegahan sejak dini seperti yang telah di lansir oleh VIVAlife.com, di antaranya.

Meningitis Virus Dan Cara Menghindarinya


1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menerapkan hidup sehat salah satu caranya dengan meningkatkan daya tahan tubuh adalah sangat baik untuk membentengi diri dari berbagai penyakit, virus, bakteri, mikroorganisme yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Konsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi, buah dan sayur segar kaya zat antioksidan. Olahraga rutin asalkan tidak terlalu lama dan berdisiplin karena kelelahan juga justru akan menurunkan daya kekebalan tubuh Anda.

2. Menjaga Kebersihan

Tentunya kita senang jika diri dan lingkungan selalu dalam keadaan bersih dan sehat. Virus dan bakteri suka sekali tempat-tempat yang kotor dan menjijikan.

Budayakan selalu membasuh tangan setelah memegang beberapa benda terutama di tempat umum seperti Handle pintu dan tempat umum lain yang banyak di jamah orang. Gunakan sabuh saat mencuci tangan dan bila perlu buatlah moto tentang kesehatan seperti "Bersih sama dengan sehat atau kebersihan sebagian dari iman dll."

3. Usahakan Hindari Kontak Langsung Dengan Penderita

Seperti yang telah kami sebutkan di atas bahwa penyakit meningitis adalah penyakit menular, banyak medium yang bisa di gunakan seperti udara, air ludah, keringat, makanan, minuman serta benda-benda lain yang sering di gunakan penderita. Jadi sebaiknya hindari kontak langsung dengan penderita penyakit meningitis ini agar tidak mudah tertular.

4. Vaksinasi

Jika kita melihat terutama di daerah terpencil dan kumuh, banyak masyarakt kita yang belum mengetahui arti pentinya vaksinasi. Vaksinasi sangat penting untuk pencegahan berbagai macam mikroorganisme yang merugikan kesehatan. Vaksinasi adalah langkah awal untuk mencegah infeksi bakteri atau virus.

5. Atur Istirahat Dan Tidur Yang Cukup

Terlalu banyak aktivitas akan menyebabkan kelelahan bagi fisik dan psikis Anda dan ini tidak baik bagi kesehatan jiwa dan raga karena jika terlalu lelah maka kekebalan tubuh akan menurun dan membuka peluang bagi virus dan bakteri untuk masuk dan menyerang kesehatan kita. Tidurlah secukupnya, jangan terlalu banyak tidur atau kurang tidur karena dua-duanya tidak baik bagi kesehatan.

Artikel lain:
Penyakit meningitis Olga syahputra
10 Penyakit yang paling berbahaya di dunia 

Sebenarnya menjaga kebersihan dan kesehatan itu penting untuk selalu di lakukan namun biasanya kebanyakan orang meremehkandan tidak terlalu memperhatikannya, baru menyadari jika sudah dalam keadaan sakit dan ini tentu saja langkah yang terlambat.

Inilah sekilas mengenai virus meningitis beserta cara mengatasinya, intinya jika kita selalu menjaga kebersihan diri, tidak sembarangan dalam berteman, bergaul kontak langsung dengan seseorang dan menjalankan pola hidup sehat, tentu akan jauh dari penyakit ini.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga