8 Langkah Mudah Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat

8 Langkah mudah menjaga ginjal agar tetap sehat8 Langkah Mudah Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat - Ginjal merupakan salah satu organ vital yang memiliki banyak fungsi dan memegang peranan sangat penting dalam kehidupan.

Ginjal yang besarnya sekitar seukuran kepalan tangan ini terletak di bawah persis tulang rusuk dan berdampingan sebelah kanan dan kiri, mengingat perannya yang sangat vital maka di perlukan perawatan ginjal yang baik dan benar, Anda bisa dengan cara olahraga rutin setiap pagi dan mengkonsumsi makanan sehat.

Kita telah mengetahui berapa banyak orang yang menderita gagal ginjal karena kurangnya perhatian terhadap ginjal dan akibatnya membutuhkan perawatan dan pengobatan dengan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika keadaan ekonomi kurang memungkinkan untuk itu dan yang paling penting adalah kesehatan Anda sudah tidak normal lagi. Hal ini akan menjadi beban tersendiri yang menghantui.

Sebenarnya ada pengobatan secara alami yang bisa kita manfaatkan untuk penyakit gagal ginjal, di jawa sebagian masyarakat mempercayai bahwa daun tanaman sukun bisa sebagai obat herbal cuci darah tanpa harus secara medis atau dengan memanfaatkan rambut jagung, rambut jagung yang biasanya tidak kita perhatikan ternyata memiliki manfaat yang luar biasa terhadap penyakit gagal ginjal.

Fungsi Ginjal


1. Merupakan organ yang berfungsi untuk menyaring darah dari zat-zat asing dari sisa metabolisme tubuh.

2. Bagian tubulus ginjal memiliki fungsi sebagai penyerapan kembali elektrolit tertentu, atau biasa di sebut reabsorbsi.

3. Menyeimbangkan asam atau basa dalam tubuh manusia.

4. Menghasilkan hormon yang dapat membantu mematangkan dalam pembentukan sel-sel darah merah untuk sum-sum tulang.

5. Mengatur keadaan PH plasma darah agar pada posisi 7,4 dengan cara pertukaran ion hidronium dan hidroksil, sehingga urine yang di hasilkan dapat bersifat PH 5 atau asam dan basa pada PH 8.

6. Menyeimbangkan jumlah zat yang sifatnya berlebihan.

7. Mengatur tekanan darah.

Pada intinya tugas ginjal sangat penting, dengan mengeluarkan segala racun dari dalam tubuh melalui urine, maka kesehatan tubuh manusia bisa terjaga. Namun jika ginjal dalam keadaan yang tidak sehat maka proses penyaringan darah atau fungsi lainnya juga tidak normal lagi dan kesehatan manusia tentu saja terganggu.

Lalu bagaimana cara menjaga ginjal agar tetap dalam keadaan sehat? Di bawah ini ada beberapa langkah mudah yang dapat di lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal agar tetap dalam keadaan sehat, seperti yang telah di ungkapkan oleh Prof. Dr. dr. Parlindungan Siregar, SP. PD-KGH Seorang Guru besar penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) beberapa waktu lalu. Dengan demikian kesehatan organ tubuh yang lain juga akan terjaga.

Berikut Ini 8 Langkah Mudah Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat

Pertama
Menjaga tubuh kita agar tetap sehat, bugar dengan melakukan berolahraga setiap pagi setiap hari, sedikit waktu tapi rutin lebih baik daripada berjam-jam tapi hanya sekali dalam seminggu atau bahkan satu bulan.

Kedua
Menjaga kadar gula darah.
Caranya: Kontrol kadar gula darah Anda setiap 3-6 bulan sekali (Sebaiknya 3 bulan) dengan menggunakan HbA1c yang terdapat di dokter atau petugas kesehatan tertentu di daerah Anda.

Ketiga
Menjaga tekanan darah agar tetap dalam keadaan stabil.
Caranya: Kalau Anda perokok sebaiknya di hentikan karena ini adalah aktifitas buruk yang sangat merugikan, kemudian yang kedua adalah hentikan minum minuman beralkohol, ketiga jangan terlalu banyak makan makanan yang asin dan lebih baik konsumsi buah dan sayur segar. 

Keempat
Mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesehatan ginjal Anda dan jangan lupa istirahat jika memang tubuh sudah merasakan lelah, jangan di paksakan tubuh selalu beraktifitas jika sudah kelelahan!

Kelima
Menjaga berat badan agar tetap ideal, Anda bisa menjalankan salah satu program diet sehat karena hal ini juga bisa membantu meningkatkan derajad kesehatan ginjal. Jika kebetulan saat ini tubuh mengalami obesitas, Anda harus memilih salah satu dari beberapa cara yang tepat dan benar untuk menurunkan berat badan, hal ini agar tidak terlalu beresiko terkena berbagai penyakit. 

Keenam
Jangan lupa mengkonsumsi air mineral yang cukup, penuhilah kebutuhan air setiap hari agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Jika hal ini terjadi akan berakhibat fatal terhadap kesehatan semua organ vital tubuh kita.

Dengan banyak minum air mineral maka akan mengurangi timbulnya resiko batu saluran kemih yang menyiksa dan hal ini akan meminimalisir terjadinya infeksi saluran kemih.

Ketujuh
Tidak merokok dan minum minuman beralkohol serta mengkonsumsi obat-obatan terlarang, seperti yang telah di singgung di atas. Dan hal ini adalah penting! (Kenapa penting? karena masih banyak masyarakat kita yang melakukan aktifitas buruk seperti ini) sementara dirinya ingin selalu sehat. Bagaimana bisa?

Kedelapan
Tidak mengkonsumsi obat anti nyeri dalam jangka waktu yang lama. Nah, satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya. Di sinyalir obat kimia anti nyeri mampu memperburuk kondisi ginjal kita jika di konsumsi terus menerus terlalu lama. Cobalah untuk menghindari aktifitas ini!

Selain memperhatikan dan melakukan yang sudah di uraikan di atas, supaya lebih mantap kesehatan ginjal kita sebaiknya memeriksakanya secara berkala ke dokter ahli di daerah sekitar tempat tingal kita. Hal ini agar dapat terdeteksi keadaan kesehatan ginjal kita sejak dini. Perlindungan ginjal yang efektif akan mendapatkan kesehatan ginjal yang efektif pula.

Nah, itulah 8 langkah mudah dalam menjaga ginjal agar tetap sehat, sehingga akan berdampak pula pada kesehatan kita secara menyeluruh.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga