Gejala Penyakit Ginjal Dan Macam Penyakit Ginjal

Gejala penyakit ginjal dan macam penyakit ginjalGejala Penyakit Ginjal Dan Macam Penyakit Ginjal - Pada kesempatan yang lalu kita telah membahas mengenai langkah mudah menjaga kesehatan ginjal agar tetap sehat dan kali ini kita akan membahas tentang gejala penyakit ginjal.

Dalam kenyataannya banyak masyarakat kita yang kurang peduli tentang kesehatan organ dalam tubuhnya, dan ini patut kita sayangkan karena beberapa organ dalam kita memiliki peran yang sangat penting dalam proses metabolisme tubuh, seperti ginjal misalnya.

Ginjal adalah organ vital kita sebagai manusia normal, tanpa ginjal yang sehat maka darah yang mengalir ke seluruh tubuh kita juga tidak akan sehat. Jika ginjal kita dalam masalah atau bahkan mengalami gagal ginjal maka ginjal harus di ganti dengan melakukan proses transplantasi ginjal. Oleh karena itu, agar terhindar dari masalah ginjal kuncinya adalah menjalankan konsep pola hidup sehat.

Bagi para penderita penyakit ginjal umumnya memiliki gejala awal yang sama yaitu rasa nyeri yang kuat terjadi di bagian area pinggang dan memiliki potensi untuk menyebar ke seluruh tubuh sampai pada pangkal paha. Jika memang benar ini adalah gejala awal dari penyakit ginjal maka penderita akan merasakan mual dan muntah. 

Pada fase selanjutnya penderita penyakit ginjal akan mengalami demam tinggi saat infeksi terjadi dan frekuensi buang air kecil meningkat dari biasannya serta perubahan struktur warna air seni, berubah menjadi warna kemerahan atau bahkan coklat, hal ini karena terjadi infeksi yang mulai berat.

Nafsu makan mulai berkurang dan berat badan menurun. Pembengkaan pada pergelangan kaki dan tangan juga mulai terjadi. Pada fase ini seharusnya penderita sudah mulai curiga terhadap kondisi kesehatan dirinya, dan sebaiknya periksakan kesehatan ke dokter untuk memastikan penyakit yang di derita agar tidak terlambat dalam pengobatan.

Macam-macam Penyakit Ginjal

1. Penyakit Batu Ginjal

Penyakit ini terjadi karena tumpukan zat asing atau partikel yang dapat menghambat proses penyaringan darah, sehingga membentuk batu kecil atau besar yang sangat menggangu. Jika masih kecil bisa di keluarkan secara alami melalui urine namun jika sudah membesar maka harus melalui pembedahan.

2. Penyakit Gagal Ginjal

Ini bukan penyakit namun berhentinya atau tidak lagi bermanfaatnya ginjal dalam menjalankan tugasnya, baik sebelah kanan atau kiri atau bahkan keduannya yang dapat mengancam jiwa seseorang. Gagal ginjal di sebabkan karena adanya konsumsi obat-obatan yang berlebih atau adanya larutan organik karbon tetraclorida, aseton, etilen glikol. Dan larutan tersebut bersinggungan dengan merkuri, timah serta uranium. Gagal ginjal juga bisa terjadi karena adanya penyakit diabetes akut yang merusak medula ginjal.

3. Peradangan Jaringan Ginjal Atau Biasa Di Sebut Pyelonephrits

Peradangan ini biasanya terjadi karena bakteri yang menyerang renal pelvis ginjal, dan biasanya karena tidak terlalu mendapatkan perhatian dari penderitannya maka cenderung menjadi lebih serius dan akut.

4. Kurangnya Fungsi Ginjal Karena Sistem Imun Atau Kekebalan Tubuh Penderita Lumpuh

Akhibatnya jika hal ini terjadi urine akan bercampur dengan darah dan pembengkaan pada bagian jaringan tubuh lain serta terdapatnya protein dalam urine karena terdapatnya bakteri streptococcal.

Batu Ginjal

Menurut intisari-online.com bahwa kebiasaan sehari-hari Anda menentukan kesehatan Anda sendiri. Mulai dari gaya hidup, makanan, olahraga, cara Anda berdiri, duduk, stres karena pekerjaan, stres karena pendidikan, keuangan dan banyak lagi yang lain.

Jika kesehatan kurang terkontrol maka tidak menutup kemungkinan berbagai penyakit akan hinggap pada tubuh kita, termasuk penyakit batu ginjal, (Semoga kita semua terhindar dari penyakit ini dan tetap dalam keadaan sehat).

Penderita batu ginjal akan merasakan nyeri yang tak terkira di bagian pinggang kanan atau kiri. Untuk mengetahui bahwa nyeri yang terjadi ini adalah karena batu ginjal maka kita harus kenali ciri-cirinya, Karena nyeri pinggang belum tentu karena batu ginjal.

Ciri-ciri Tersebut Antara lain

Pertama.
Rasa nyeri yang terjadi sangat kuat dan sakit sekali. Anda bisa jungkir balik jika hal ini terjadi, hal ini pun juga datang secara tiba-tiba.

Kedua.
Nyeri yang terjadi biasanya di rasakan di pinggang samping kanan atau kiri dan di bawah tulang punggung. Hal ini menjalar sampai ke perut, lipatan paha dan kemaluan.

Ketiga.
Saat buang air kecil rasa nyeri juga sering timbul dan sangat mengganggu.

Keempat.
Air seni atau urine berubah warna menjadi kemerah-merahan atau bahkan coklat. Hal ini karena terjadinya infeksi yang mulai kuat.

Kelima.
Bau urine sangat menyengat dan kekentalannya mulai tampak. Frekuansi air seni juga lebih banyak dari biasannya.

Keenam.
Jika terjadi infeksi yang kuat, penderita juga mengalami demam yang tinggi serta mual dan muntah.

Penyakit ginjal cenderung tidak menampakkan gejala yang menonjol sehingga sering di abaikan oleh penderitannya, mereka baru menyadari kalau dirinya terkena penyakit batu ginjal saat keadaan mulai parah.

Kurangi konsumsi gula dan garam dan cukupi kebutuhan air mineral, agar kesehatan ginjal selalu terjaga serta proses metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga