Penyakit Lupus

Penyakit lupusPenyakit Lupus - Penyakit lupus adalah suatu penyakit kronis yang dapat menyerang sendi, ginjal, paru, saraf, kulit dan berbagai organ lain.

Penyakit ini biasanya lebih sering di derita oleh kaum wanita daripada pria. Penyakit lupus termasuk jenis penyakit yang mematikan dan menyerang sistim kekebalan tubuh manusia.

Bagi penderita penyakit ini awalnya seperti mengalami penyakit kulit yaitu terdapat bercak-bercak kemerahan di kulit seperti pipi, hidung, lengan, kaki dan bagian tubuh lain. Persendian terasa nyeri, timbul kerontokan rambut, sariawan dan lelah yang bekepanjangan.

Artikel lain:
10 Penyakit paling berbahaya di dunia
Apa itu penyakit ebola 

Penyakit Lupus

Penyebab Penyakit Lupus

Secara siknifikan penyebab penyakit ini masih belum di temukan namun ada beberapa faktor resiko penyakit lupus terjadi adalah faktor genetika (Keturunan) dan lingkungan. Sedangkan faktor lingkungan atau ekstern dari luar tubuh adalah penyalahgunaan obat-obatan, makanan, ultraviolet sinar matahari, stres dan faktor lain yang memungkinkan terjadi.

Gejala Penyakit Lupus

1. Seperti telah di singgung di atas gejala yang paling sering adalah rasa lelah yang berkepanjangan, pegal linu di persendian dan mulai timbul bercak-bercak kemerahan.

2. Bagi penderita penyakit ini maka akan mengalami anemia karena sel darah merah banyak yang rusak dan hancur.

3. Terdapat bercak kemerahan yang terdapat di berbagai bagian kulit tubuh dan sangat sensitif serta mudah gosong jika terkena sinar matahari.

4. Timbulnya gangguan pencernaan, diare, sariawan yang berkepanjangan dan jika tidak segera di tangani akan menimbulkan demam yang tinggi dan lama.

5. Lihat kondisi urine, biasanya terdapat darah.

6. Nyeri sendi dan sering sakit perut.

7. Biasanya menyerang penglihatan dan bagi wanita akan mengalami keguguran yang berulang.

8. Nyeri dada dan sesak nafas.

9. Waspadai juga sakit kepala hebat dan berkepanjangan.

Jenis Penyakit Lupus Yang Di Ketahui

1. Penyakit lupus eritematosus sistemik (systemik lupus erythematosus/SLE)

2. Penyakit lupus eritematosus diskoid (discoid lupus erythematosus/DLE)

3. Penyakit lupus karena penggunaan obat.   

Penderita Penyakit Lupus Di Dunia Dan Indonesia


Pada pembahasan di awal telah di singgung bahwa umumnya penyakit lupus banyak di derita oleh kaum wanita pada usia produktif yaitu sekitar usia 15 Tahun hingga 50 Tahun, Namun tidak menutup kemungkinan lupus juga di derita oleh kaum pria dan anak-anak. Dan di dunia penyakit lupus sampai pada lima juta jiwa, angka fantastis untuk kita ketahui dan waspadai.

Di Indonesia sendiri, penyakit lupus pada tahun 2012 mencapai 12.700 jiwa dan pada tahun 2013 meningkat menjadi 13.300 jiwa. Data dari Yayasan Lupus Indonesia (YLI)

Cara Mengobati Penyakit Lupus

Pengobatan terhadap penyakit lupus ini tergantung pada berat atau ringannya penyakit yang di derita oleh penderita, oleh karena itu di butuhkan pemeriksaan medis secara berkala. Jika penyakit lupus ini bersifat ringan biasanya dokter akan memberikan obat anti imflamasi nonsteroid (OAINS) dan Anti malaria (Seperti Chloroquine).

Namun jika penyakitnya tergolong berat dan sampai pada mengancam keselamatan jiwa penderita maka dokter akan memberikan steroid (Seperti Prednison, Metilprednisolon) dan obat Imunosupresif (Seperti azathioprine, cyclophosphamide, cyclosporine dan mycophenolate mofetil)

Semua obat-obatan tersebut memang bermanfaat untuk penderita penyakit lupus namun ada efek samping yang perlu di ketahui

Efek Samping Yang Biasanya Terjadi Adalah

1. Tekanan darah tinggi.

2. Berat badan meningkat.

3. Wajah tampak bulat.

4. Meningkatnya resiko infeksi misalkan tuberkulosis.

5. Mual dan kadang di sertai muntah.

6. Berat badan meningkat.

7. Kerontokan rambut.

8. Nyeri ulu hati.

9. Pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Jika mengkonsumsi obat-obat ini, dan setelah di rasa ada peningkatan kesehatan atau kesembuhan maka dosis obat berangsur-angsur dapat di kurangi.

Bagi penderita penyakit lupus jangan kawatir, walau penyakit ini tergolong mematikan namun jika pengobatan terus di lakukan secara kontinyu dan sesuai dengan petunjuk dokter kesembuhan akan di dapatkan. Biasakan hidup sehat agar kita terhindar dari penyakit ini serta membiasakan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Itulah informasi mengenai penyakit lupus yang bisa kita ketahui, mengingat betapa pentingnya pengetahuan ini agar kita dan anggota keluarga yang lain dapat terhindar dari penyakit lupus ini.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga