8 Langkah Mudah Mengatasi Gelisah

8 Langkah mudah mengatasi gelisah8 Langkah Mudah Mengatasi Gelisah - Rasa gelisah dan takut yang mendera saat kita menghadapi situasi yang mengkhawatirkan atau sesuatu yang bersifat akan memberikan dampak yang besar pada masa depan kita, tentu hal itu sangat manusiawi sekali.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan diri kita merasa gelisah antara lain saat akan melihat hasil ujian sekolah, saat akan melihat hasil tes kerja, saat tidak biasa jauh dari anak atau justru sebaliknya, anak tidak bisa jauh dari orang tua, saat berada di tempat asing atau masih banyak lagi yang lain. 

Rasa gelisah akan muncul dan menghantui kita, namun perlu kita ketahui bahwa sebenarnya rasa gelisah atau takut itu akan hilang dengan sendirinya jika kita lebih ikhlas dalam menerima kenyataan yang ada.

Sebenarnya ada yang lebih membahayakan terhadap diri kita yaitu mengenai suatu kebiasaan yang tidak kita sadari. Hal ini lebih beresiko daripada rasa gelisah pada umumnya, minimal kita mengetahui bahwa ada kebiasaan yang sebagian orang berpendapat bahwa itu perbuatan baik namun sebenarnya justru berdampak buruk pada kehidupannya di kemudian hari, baca, 7 kebiasaan yang di anggap baik ternyata berdampak buruk pada masa depan.   

Banyak cara yang di lakukan seseorang untuk mengatasi rasa gelisah yang mendera dirinya. Dan mereka memiliki ciri dan formula tersendiri sehingga dapat terlepas dari rasa gelisah tersebut. Biasanya kemampuan ini timbul karena tempaan situasi dan kondisi lingkunganya.

Namun ada beberapa cara yang umum di lakukan dan mudah untuk di terapkan, sehingga bisa di lakukan oleh siapa saja yang ingin mencobannya, karena hal ini juga menyangkut kesehatan psikis kita juga. Dengan harapan rasa gelisah dapat di atasi dengan baik.

Berikut 8 Langkah Mudah Untuk Mengatasi Rasa Gelisah Yang Kita Rasakan

1. Ambil nafas Yang Dalam Dan Berusaha Untuk Tenang

Memang dalam keadaan gelisah susah untuk bisa menenangkan perasaan kita, dan saya rasa semua orang demikian. Namun percayalah Anda tidak sendiri, berusahalah untuk rileks dan tarik nafas dalam-dalam setelah itu gerakkan kepala, tangan, kaki dan tubuh Anda senyaman mungkin sambil berusaha untuk melupakan peristiwa yang terjadi.

Santailah karena apapun yang terjadi-terjadilah, karena nasib kita bukan kita yang menentukan, kita hanya bisa berusaha dan berdo'a saja, selanjutnya pasrahkan saja kepada Tuhan.

2. Lakukan Aktivitas

Saat rasa gelisah menghantui, Anda juga bisa meringankan kondisi psikis Anda lebih rileks dengan melakukan beberapa aktivitas yang menyibukkan, seperti melompat-lompat kecil di tempat atau berusaha menggayuh sesuatu yang lebih tinggi dari Anda sambil mengambil nafas dan lepaskan dengan gerakan tangan ke belakang dalam posisi setengah jongkok. Atau berinteraksi dengan orang lain agar sibuk dan melupakan kegelisahan yang terjadi.

3. Kembalikan Pikiran Pada Posisi Fokus Dan Netral (Seakan tidak terjadi apa-apa)

Saat Anda melakukan aktivitas kesibukan pengusir gelisah (Galau) usahakan serius dalam melakukan hal itu artinya Anda fokus dalam beraktivitas apa yang Anda lakukan saat itu. Sebagai contoh jika Anda sedang membersihkan taman depan rumah maka seriuslah untuk itu, atau membetulkan mobil yang ada kerusakan maka fokuslah untuk itu (Tentu saja yang bisa Anda lakukan, jangan paksa membetulkan mobil yang bukan keahlian Anda), atau saat Anda membersihkan rumah dan sebagainya.

Artinya berusahalah untuk fokus dalam melakukan kesibukan pengusir galau yang Anda lakukan, jangan hanya berniat hanya untuk mengusir galau Anda melakukan itu.

4. Makan Camilan

Ngemil dengan teman atau anggota keluarga lain juga membantu mengatasi rasa gelisah yang Anda alami, dan ini mujarab banget untuk mengusir gelisah, karena di samping kita selalu makan kudapan yang enak dan sehat kita juga di temani orang-orang yang kita sayangi.

Selain itu jika orang yang menemani Anda adalah termasuk orang yang dapat Anda percaya, Anda bisa menceritakan kegelisahan Anda, siapa tahu ada solusi yang bisa di terapkan.

Tetapi perhatikan juga nutrisi makanan yang Anda konsumsi, jangan terlalu banyak gula dan garam karena bisa mempengaruhi kesehatan.

5. Ikhlas

Di atas sudah saya singgung bahwa ikhlas yang Anda terapkan sangat ampuh dalam mengusir gelisah yang Anda alami. Memang berbicara tampaknya lebih mudah daripada prakteknya, namun setidaknya Anda sudah mencobanya dan jika Anda mampu memahami maka saya berani pastikan Anda berhasil. Percayalah bahwa kita di tempatkan pada posisi seperti ini ada maksud-maksud tertentu yang jelas lebih baik untuk perkembangan jiwa dan raga kita di masa yang akan datang.

Dengan terus belajar untuk lebih ikhlas saya yakin mental kita akan di tempa dan kelak nantinya jauh akan lebih kuat dan mampu dalam menerima kenyataan hidup yang ada.

6. Belajar Menguasai Diri

Jangan takut menghadapi kegelisahan karena rasa gelisah sebenarnya adalah sebuah dorongan psikis yang bermanfaat untuk menumbuhkan kemampuan kreativitas kita namun jika kita tidak bisa mengendalikan diri maka berusahalah untuk tetap tenang dalam menghadapi segala sesuatu. Maka dari itu belajarlah untuk bisa menguasai diri.

7. Miliki Visi Yang Jelas

Hidup Anda harus lebih berarti, jangan sampai kalah hanya dengan rasa galau atau kegelisahan yang hanya sebuah bayang-bayang saja. Biarkan apapun yang terjadi, dasari diri dengan menerima apa adanya kemampuan diri Anda dan lebih banyak bersukur serta mengingat Tuhan sang pencipta segala kehidupan termasuk pencipta kegelisahan itu sendiri. Memohonlah kepadaNya agar diri Anda di berikan kemampuan dan keselamatan untuk menghadapi rasa yang terjadi.

Buatlah sebuah cita-cita atau visi yang jelas dan tegas dalam hidup Anda, agar kehidupan yang Anda jalani jauh lebih mudah karena memiliki tujuan dan arah. Masih banyak jalan menuju kehidupan yang lebih baik, pepatah bilang "Banyak jalan menuju Roma."

Pepatah juga mengatakan bahwa "Kehidupan saat ini harus lebih baik dari kemarin dan kehidupan besok harus lebih baik daripada saat ini." dengan demikian jelas! galau, sedih, takut atau gelisah tidak ada, yang ada hanya Anda dan kehidupan Anda karena perubahan selalu terjadi.

8. Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

Mohon maaf sebelumnya bukannya saya sok suci tetapi saya rasa kita semua sepakat bahwa dengan lebih dekat kepada Tuhan maka ketentraman dan kedamaian akan meliputi. Dan saya yakin kegelisahan akan tiada lagi.

Itulah 8 Langkah mudah yang dapat mengatasi gelisah, jika diantara pembaca ada tips lain yang bermanfaat dapat di tambahkan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.

 

10 comments:

  1. EHm..poin yang nomor 3 untuk bersikap seakan tidak terjadi apa-apa itu sungguh berat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobalah! tidak ada salahnya untuk di coba? dan kalau ada kemauan saya yakin Anda pasti bisa.

      Delete
  2. Saya mempunyai rasa cemas saat pertama kali masuk sekolah. Hari pertama saya sangat gelisah dan saya ingin menghilangkannya.. apakah ada solusi yang manjur untuk menghilankan rasa cemas ini?? Mohon bantuannya .. trims

    ReplyDelete
  3. Saya merasa cemas saat pertama kali masuk sekolah. Hari pertama masuk, saya merasa gelisah, khawatir dan cemas sehingga saya agak sulit tidur dan jantung saya berdebar tdk teratur dan menjadi susah bernafas. Tolong solusi yang terbaik untuk menghilangkan rasa cemas ini karena pertama kali masuk sekolah SMA.. trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan cemas, jangan gugup, Jangan takut, biasa saja!! karena semua teman Samuel juga menjalani hal yang sama dengan apa yang Samuel lakukan saat ini, (artinya Samuel punya teman dengan kapasitas psikis yang sama), dan lebih jelasnya sudah di uraikan di atas. Dari sisi makanan agar lebih maksimal Samuel bisa membuat jus buah segar seperti jeruk atau strowberry, minum teh hijau juga baik, kalau kamu suka coklat makanlah! itu juga bisa membantu meningkatkan mood kamu. Semoga terbantu.

      Delete
  4. Saya mengalami kecemasan berlebih, bahkan sampai berpikiran yg aneh aneh
    Tdk bisa tenang dan selalu merasa terusik
    Dada rasanya sesak, kaki tngn dingin kt dokter hny asam lambung
    Awalnya saya stress krn tes ptn yg saya ikuti gagal yg akhirnya menjadi beban pikiran bagi saya
    Bagaimana cara saya untuk mengatasi kecemasan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berpikiran yang aneh aneh bagaimana? kendalikan diri, jangan sampai menambah permasalahan baru! sebenarnya poin langkah di atas sudah cukup jelas tinggal kita mengaplikasikannya pada diri kita sendiri. Kalau di kaitkan dengan keputusasaan Anda lantaran tidak di terima di ptn, jangan terlalu di ambil pusing! ptn itu kan hanya suatu lembaga pendidikan saja, masih banyak lembaga pendidikan lain yang menjadi pilihan bahkan mungkin bisa jauh lebih baik lagi, bersabarlah!! mungkin Tuhan tidak menghendaki Anda di situ, Anda harus tegar karena rezeki itu tidak di tentukan oleh manusia tetapi oleh Tuhan, berprasangka baiklah padaNya. Perjalanan hidup kita tidak berhenti di situ (lembaga pendidikan) saja namun masih ada banyak sisi kehidupan lain yang harus kita jalani termasuk dunia pekerjaan. Semoga Anda cepat mendapatkan tempat lembaga pendidikan lain yang jauh lebih baik dari semula.

      Delete
  5. Saya mengalami kecemasan yg tdk tau dtg dr mana, hati saya tidak tenang, gelisah, cemas, takut, dada saya sangat sesak, tdk bs fokus, uring2an, dan merasa sedih tnpa alasan pasti..apa yg harus saya lakukan.? :(

    ReplyDelete
  6. Saya mengalami kecemasan sejak seminggu yg lalu, hati saya selalu gelisah, pikiran tdk tenang, ketakutan akan sesuatu yg tdk jelas, dada saya sampai sesak..sprti ada beban yg mengganjal..setiap hari saya merasa menjadi orang lain, tdk merasa senang..sedih terus..hingga pagi td menangis tnpa sebab.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecemasan karena apa? kan tidak mungkin rasa itu timbul jika tanpa sebab yang jelas, Anda harus menemukan dulu akar permasalahan dari rasa cemas, gelisah atau apapun yang menghantui Anda itu, baru setelah itu melangkah pada tahap berikutnya yaitu pemecahan permasalahan.

      Visi dan misi hidup Anda harus jelas, sehingga tidak akan ada rasa kekhawatiran atau apapun yang menghantui, karena kita punya aktifitas atau kesibukan yang menghibur suasana hati. Cobalah awali dengan berbincang atau bersosialisasi dengan sahabat, tetangga atau kolega lain yang paling Anda kenal dan sibukkan diri Anda!(dengan catatan tanpa mengganggu privasi waktu orang yang Anda ajak interaksi) dengan demikian akan ada kesibukan yang di lakukan. Semoga bermanfaat dan terima kasih

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga