Cara Mengatasi Nyeri Haid

Cara mengatasi nyeri haidCara Mengatasi Nyeri Haid - Nyeri saat menstruasi atau haid merupakan hal yang wajar dari rangkaian PMS atau Premanstrual Syndrome pada wanita. Jadi hal itu adalah normal-normal saja bagi sebagian wanita.

Nyeri saat haid karena adanya ketidak seimbangan hormonal yang di akhibatkan ovulasi yang tidak sempurna atau bisa juga karena dominan salah satu hormon yaitu estrogen atau progesteron.

Namun ada juga yang beranggapan bahwa PMS terjadi karena adanya interaksi antara serotin dan estrogen sehingga menyebabkan rasa nyeri. Gejala PMS akan muncul sebelum menstruasi.

Gejala Apa Saja Yang Terjadi Saat AkanTerjadi Haid?

1. Perut terasa kembung.

2. Mudah lelah.

3. Stres atau depresi ringan.

4. Terasa mulai ada nyeri pada perut bagian bawah.

5. Mulai ada pusing.

6. Payudara membengkak dan terasa nyeri.

Menstruasi terjadi pada wanita berusia antara 10-15 Tahun dan terus berlangsung dengan tenggang waktu tertentu sampai tiba saatnya menopause yang biasanya terjadi pada usia sekitar 50 Tahun. menstruasi bisa datang dua kali dalam sebulan selanjutnya pada bulan-bulan berikutnya tidak muncul lagi.

Menstruasi merupakan keluarnya darah kotor yang menempel di dinding uterus karena kedua hormon tersebut yaitu hormon estrogen dan progesteron, darah kotor tersebut keluar dari rahim atau uterus melalui liang vagina. Biasanya darah yang keluar ada juga yang berbentuk semacam gumpalan darah kental bersama dengan lendir dinding rahim.

Menstruasi akan terus berlangsung hingga seluruh darah kotor di dinding uterus keluar semua dan dinding rahim kembali bersih. Jika menstruasi sudah selesai maka akan tumbuh selaput lendir baru yang akan mencapai ketebalan tertentu. Menstruasi terjadi biasanya sampai beberapa hari saja.

Adapun Beberapa Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid Datang Adalah

1. Kompres Perut Dengan Air Hangat

Untuk mengatasi nyeri menstruasi Anda bisa mengompres perut dengan air hangat, ini bertujuan agar otot-otot perut mengalami relaksasi dan tidak tegang.

2. Pijatan Ringan

Anda bisa memberikan pijatan ringan di seputar perut dan sedikit cubitan di sekitar pusar. Lakukan hal ini perlahan dan hati-hati.

3. Olahraga Ringan

Bukan olahraga seperti biasanya yang saya maksud tetapi, lakukan dengan berjalan sekitar 30 menit, bisa di lakukan di sekitar rumah atau halaman. Hal ini akan memberikan relaksasi pada otot-otot kaki sampai perut juga menghasilkan denyut jantung yang teratur sehingga memperlancar proses metabolisme tubuh.

4. Yoga

Melakukan yoga juga dapat membantu meringankan rasa nyeri saat menstruasi. Lakukanlah beberapa saat dan rutin di lalukan selama rasa nyeri masih terjadi.

5. Berbaring Di Tempat Tidur

Hal inilah yang sering di lakukan oleh istri saya saat nyeri haid terjadi, tidur akan melupakan beberapa waktu rasa nyeri yang terjadi, dan setelah beberapa hari kemudian (2-3 hari) nyeri haid mulai hilang.

6. Minum Jamu Tradisional

Ada beberapa pendapat juga menyarankan bahwa untuk mengusir nyeri menstruasi dengan meminum jamu tradisional.

Seperti Ramuan Berikut:
-15-30 gram daun dewa.
-20 gram kunyit.

Caranya: Kedua bahan tersebut di rebus dengan air sekitar 600cc sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum 2 x dalam sehari.

7. Konsumsi Makanan Sehat

Dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur aneka warna banyak mengandung nutrisi seperti berbagai vitamin, magnesium, kalsium juga makanan yang banyak mengandung protein nabati serta zat besi lainnya.

Namun jika rasa nyeri yang terjadi sangat berlebihan dan berbeda dari nyeri biasanya, maka alternatif berikutnya adalah mengkonsultasikan ke dokter ahli karena di khawatirkan ada faktor lain yang dapat menimbulkan rasa nyeri tersebut. Seperti adanya penyakit dan kelainan lain yang dapat mengganggu proses metabolisme tubuh.

Itulah beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri haid saat terjadi, semoga bermanfaat dan terima kasih.



4 comments:

  1. Mau tau cara mengatasi pms yang ampuh ?? Keluhan saat PMS, pramenopause dan menopause terjadi akibat ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Nature EPO dengan kandungan GLA-nya, bekerja menjaga keseimbangan hormon tersebut. Prostaglandin-1 hasil metabolisme Omega-6 dapat berfungsi mengurangi kram perut menjelang dan saat haid, mengatasi keluhan menjelang menopouse (hot flashes) dan pada saat menopause, serta mengurangi rasa nyeri akibat peradangan. Omega-6 yang terdapat dalam Nature EPO berasal dari evening primrose oil. Evening primrose oil mengandung isoflavonoid yang bekerja sebagai fitoestrogen (estrogen yang berasal dari tumbuhan), sangat efektif meredakan keluhan menopause.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba Tara, mungkin bisa di tambahkan referensi untuk tempat membeli produk itu di mana,,,

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga