Penyebab Terlambat Menstruasi Pada Wanita

Penyebab terlambat menstruasi pada wanitaPenyebab Terlambat Menstruasi Pada Wanita - Penyebab menstruasi terlambat banyak penyebabnya, namun sebagian orang beranggapan bahwa saat terlambat datang bulan atau menstruasi pertanda dirinya sedang hamil.

Padahal terlambat menstruasi bukan hanya karena kehamilan saja tetapi bisa jadi karena faktor lain.

Jadi terlambat menstruasi adalah salah satu faktor dari sekian banyak faktor penyebab yang membuat siklus menstruasi jadi terlambat. Oleh karena itu timbul ketidak stabilan dalam waktu menstruasi di bulan berikutnya.

Menstruasi adalah Saat terkelupasnya lapisan dinding rahim yang terdiri dari hormon steroid LH-Progesteron dan FSH-Estrogen karena tidak adanya pembuahan di dalam uterus. Hormon yang berupa darah tersebut di keluarkan melalui vagina. Hal ini terus berlangsung hingga beberapa hari sampai bersih dan tidak menstruasi lagi.

Periode menstruasi yang terjadi pada setiap wanita berbeda-beda, ada yang lama, ada yang pendek dan ada juga yang memiliki siklus menstruasi teratur, kadang sebagian wanita merasakan nyeri saat akan menstruasi dan hal ini wajar saja karena di pengaruhi oleh kondisi orang itu sendiri. Menstruasi tidak akan terjadi jika ada pembuahan di dalam uterus atau rahim sampai terjadi proses kelahiran bayi.

Artikel lain:
Cara mengatasi nyeri haid 
Kesehatan reproduksi wanita

Penyebab Terlambat Menstruasi Pada Wanita Antara Lain

1. Tingkat Stres Yang Tinggi

Stres mempengaruhi banyak faktor kehidupan pada seseorang termasuk menstruasi, saat terjadi stres maka tubuh tidak banyak dalam memproduksi hormon GnRH (Yang di hasilkan dari Hipotalamus) sehingga wanita tersebut tidak dapat berovulasi.

2. Terlalu Kurus

Wanita yang tubuhnya terlalu kurus cenderung memiliki siklus menstruasi tidak teratur dan bahkan bisa jadi tidak bisa menstruasi, artinya jika tidak bisa menstruasi berarti tidak dapat terjadi ovulasi. Kurus pada wanita banyak faktor penyebabnya, mungkin karena Gen atau hal lain yang menyebabkan wanita tersebut kurus.

3. Terlalu Gemuk

Kebalikan dari terlalu kurus, terlalu gemuk juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi seorang wanita. Jika suatu saat kondisi berat badan stabil seorang wanita tersebut bisa menstruasi kembali secara normal.

4. Salah Hitung Hari

Pada kasus ini hanya terjadi karena keteledoran kita saja dalam menghitung hari padahal tidak terjadi kesalahan yang fatal pada kesehatan kita. Siklus menstruasi wanita secara normal biasanya sekitar 28 hari tetapi ada beberapa wanita yang tidak teratur dalam menstruasi, bisa panjang atau pendek.

5. Konsumsi Obat

Pada beberapa obat tertentu bisa terjadi penyebab menstruasi terlambat pada wanita yang mengkonsumsinya. Beberapa obat tersebut anatara lain obat sakit telinga dan obat gatal-gatal. Namun tidak terlalu fatal akhibatnya.

6. Menopause

Menopause adalah Suatau kondisi alami seorang wanita yang menunjukkan bahwa dirinya sudah tidak bisa menstruasi lagi. Menopause ini umumnya terjadi pada wanita yang sudah berumur anatara 45-65 Tahun dan berkelanjutan.

7. Hamil

Terakhir, penyebab menstruasi terlambat adalah karena terjadinya kehamilan pada diri wanita tersebut. Untuk memastikannya Anda bisa lakukan sendiri dengan menggunakan testpack yang dapat di beli di apotik atau toko-toko terdekat, atau bisa juga dengan dengan memeriksakan ke dokter kandungan dengan bantuan USG.

Pada orang-orang zaman dahulu saat putrinya mulai terlambat datang bulan atau menstruasi biasanya di buatkan jamu tradisional yang dapat di konsumsi secara teratur agar menstruasinya dapat lancar kembali.

Berikut ini ramuan tradisional yang biasanya di gunakan untuk mengobati terlambat menstruasi seperti yang telah di lansir oleh Health Liputan6.com Siapa tahu Anda membutuhkannya.

Bahan-bahan:

- Seujung sendok teh pulosari.
- 1 ruas jari rimpang bangle.
- 1 jari rimpang temulawak.
- Seujung sendok teh adas.
- 1 Jari rimpang kunyit.
- 1 Jari kayu manis.
- 10 Merica putih.
- 2 Cabe jawa.
- 5 Biji cengkih.

Cara Membuatnya:

Semua bahan di bersihkan lalu di tumbuk sampai halus dan di tambahkan air sebanyak 1 gelas (Cara memberikannya sedikit demi sedikit) sampai semua bahan tercampur rata dan halus. Setelah itu Anda juga bisa menambahkan gula aren secukupnya dan asam, atau bisa juga dengan sedikit madu. Minumlah ramuan ini satu kali sehari.

Khasiat:

Ramuan tradisional diatas bersifat menghangatkan sehingga di harapkan bisa memperlancar peredaran darah dan melancarkan menstruasi.

Itulah penyebab terlambat mentruasi yangumumnya terjadi, jika di antara pemirsa ada yang ingin menambahkan silahkan di tulis di kotak komentar agar bisa di share kepada banyak orang lain lagi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih


0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga