Artikel Tentang Hidup Sehat Dan Definisi Sehat

Artikel tentang hidup sehat dan definisi sehatArtikel Tentang Hidup Sehat Dan Definisi Sehat - Pengertian atau definisi sehat adalah suatu keadaan atau kondisi yang memungkinkan semua bisa berjalan normal sesuai dengan fungsinya masing-masing, tanpa adanya suatu halangan sedikit pun.

Dahulu kata "sehat" identik dengan keadaan tubuh seseorang, namun seiring dengan perkembangan zaman, kata sehat bisa di artikan dengan segala sesuatu selain tubuh yang dapat berjalan dengan lancar dan tanpa adanya aral melintang, artinya semua komponen dapat berjalan dengan normal. Jadi kalau tidak sehat berarti dalam keadaan sakit atau tidak normal.

Tentunya kita semua sangat mendambakan kondisi yang sehat bukan? Agar tetap dalam kondisi sehat maka di perlukan perawatan yang berkelanjutan dan sebaik mungkin baik secara fisik maupun psikologis.

Sebenarnya banyak orang yang mengenal dan mengerti kata "sehat" namun tidak semua mampu mendefinisikan kata sehat, sehingga mengerti maksud dan tujuan sehat bagi dirinya dan lingkungannya.

Berikut Beberapa Contoh Keadaan Atau Benda Yang Dalam Keadaan Tidak Sehat

* Mobil yang biasanya bisa berjalan lancar ternyata mogok dan mesinnya mati.

* Pabrik yang tidak bisa beroperasi karena kondisi mesin rusak dan perlu perbaikan.

* Keadaan ekonomi negara yang mengalami krisis.

* Politik yang berjalan dengan banyaknya korupsi, kolosi dan nepotisme sehingga tidak sehat.

* Keadaan managemen keuangan keluarga yang morat - marit dan tidak stabil.
Dan masih banyak lagi "keadaan" atau suatu "benda" yang tidak berjalan sebagaimana mestinya alias sakit atau tidak sehat.

Mari Kita Lihat Pengertian Atau Definisi Sehat Menurut Beberapa Pendapat Yang Di Pahami Selama Ini:

1. Pengertian "Sehat" Menurut WHO (World Health Organizations)

Definisi "SEHAT" menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) lebih luas yaitu suatu keadaan  yang sempurna baik dari segi fisik, mental, sosial tidak hanya bebas dari penyakit namun juga terhindar dari berbagai kelemahan.

Jadi pengertian atau definisi "sehat" menurut WHO lebih sangat luas lagi mencakup sehat jasmani, sehat rohani, sehat lingkungan fisik yang ada di sekitarnya, sehat spiritual dan sehat sosial dengan semua mahluk hidup termasuk sesama.

2. Pengertian Sehat Menurut Paune Tahun 1983

Seorang ahli kesehatan pada saat itu berpendapat bahwa arti kata "sehat" adalah fungsi efektif dari sumber-sumber perawatan diri (Self care resouces) yang menjamin tindakan perawatan diri atau (self care actions).

Sumber perawatan diri mencakup segala sesuatu yang berhubungan dengan pengetahuan, ketrampilan dan sikap, sedangkan tindakan perawatan diri mencakup segala perlakuan yang di lakukan untuk memperoleh, mempertahankan dan meningkatkan fungsi psikososial dan spiritual.

3. Definisi "Sehat" Menurut MUI (Majelis Ulama Indonesia)

Dalam munas ulama MUI tahun 1983 menyatakan bahwa sehat adalah ketahanan jasmaniah, ruhaniah dan sosial yang di miliki manusia sebagai karunia Allah yang harus di syukuri, di jaga, di pelihara dan di kembangkan sesuai dengan tuntunanya.

4. Pengertian Sehat Menurut UU No. 23 Tahun 1992

Pengertian sehat menurut UU No.23 tahun 1992 adalah keadaan yang bahagia dari badan, jiwa dan sosial yang sangat memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi.

Artinya seseorang bisa di katakan sehat jika memiliki tubuh, jiwa dan keadaan sosialnya dapat berjalan dengan baik dan normal sebagaimana mestinya. Jika ada salah satu komponen yang terganggu maka bisa di katakan tidak sehat.

Pada dasarnya masing-masing memiliki maksud dan tujuan pengertian yang sama dan tidak ada perbedaan yang berarti. Itulah beberapa keterangan mengenai definisi kata "Sehat" yang mungkin dapat menjadikan referensi. Sekian artikel tentang hidup sehat dan definisi sehat.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga