Batu Ginjal Pada Anak

Batu ginjal pada anakBatu Ginjal Pada Anak - Batu ginjal yang selama ini kita percayai hanya terjadi pada orang dewasa, ternyata tidak menutup kemungkinan terjadi pula pada anak-anak di bawah umur.

Hal ini di sebabkan bisa jadi karena kebiasaan hidup tak sehat dan makan makanan yang sembarangan. Hinga akhirnya sampah yang tidak terbuang mengkristal di dalam ginjal si kecil.

Para ahli melakukan riset dan ternyata memang benar bahwa hal ini terjadi karena adanya gaya hidup yang salah dan konsumsi makanan yang banyak mengandung garam sehingga kadar kalsium dalam ginjal bisa membengkak lebih banyak lagi dan mengkristal. Anak-anak juga tidak cukup minum air putih sehinga dapat lebih mudah timbulnya batu ginjal.

Semua hal yang dapat meningkatkan konsentrasi kalsium dalam urine maka dapat meningkatkan pula resiko terbentuknya batu ginjal. Batu ginjal terdiri dari kalsium oksalat, batu-batu ini terbentuk saat oksalat yang terdapat pada produk sampingan yang mengikat kalsium pada urine.

Bagi anak-anak yang obesitas memiliki resiko batu ginjal lebih tinggi daripada mereka yang lebih kurus, selain itu bagi anak-anak yang memiliki riwayat keluarga berpenyakit batu ginjal juga memiliki kemungkinan menderita batu ginjal.

Waspadai sakit perut yang tidak normal pada anak, biasanya terjadi di bagian kedua sisi (kanan dan kiri) perut bawah. Anak yang menderita batu ginjal merasa tidak tenang karena rasa sakit yang terjadi di bagian perut bawah.

Selain itu gejala lainnya adalah mual, rasa ingin muntah, berkeringat, wajah pucat serta ketahui adanya darah dalam urine saat anak-anak buang air kecil. Jika terjadi gejala seperti ini lebih baik periksakan anak-anak Anda ke dokter ahli, agar mendapatkan perawatan sejak dini.

Beberapa Langkah Pencegahan Yang Bisa di Lakukan Pada Anak Yang Menderita Batu Ginjal

1. Berikan anak-anak minum air putih lebih banyak dari biasanya.

2. Hindari junk food atau segala jenis makanan yang memiliki kadar garam tinggi atau makanan yang mengandung kalsium tinggi.

3. Jangan abaikan keluhan sakit perut atau punggung yang berkelanjutan.

4. Jangan hindari kalsium yang terdapat pada sayuran segar dan buah (makanan) karena kalsium jenis ini beda.

Itulah hal - hal yang perlu di waspadai pada batu ginjal pada anak-anak, dan jika memang memiliki indikasi seperti gejala tersebut di atas lebih baik segera lakukan pencegahan dan periksakan ke dokter ahli, agar segera mendapatkan perawatan sedini mungkin.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



2 comments:

  1. memang kasus batu ginjal ini meningkat akibat pola hidup seseorang.baik anak maupun dewasa.lengkap sekali.mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi hidup di zaman sekarang yah, banyak sekali makanan yang dapat memicu timbulnya batu ginjal, harus ekstra waspada dan jaga kondisi.

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga