Cara Memasak Beras Merah Yang Benar

Cara memasak beras merah yang benarCara Memasak Beras Merah Yang Benar - Beras merah dan beras putih memang berbeda mulai dari warna, tekstur bentuk bulirnya serta kandungan gizinya.

Beras merah di percaya paling banyak memiliki kandungan serat yang sangat bermanfaat untuk proses pencernaan.

Cara Memasak Beras Merah Yang Benar

Sebenarnya cara memasak beras merah sedikit berbeda dengan beras putih, namun bukan berarti sulit untuk di lakukan, asalkan kita tahu cirinya maka memasak beras merah akan mudah dan bisa di lakukan setiap hari.

Masyarakat luas sudah banyak yang memanfaatkan beras merah untuk jajanan atau sekedar di masak seperti bisanya untuk kebutuhan setiap hari. Beras merah sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalankan proses diet sehat.

Artikel lain:
Apa yang terjadi jika beras plastik masuk ke dalam tubuh
Inilah ciri ciri beras plastik

Beras merah memiliki tingkat kekerasan bulir yang lebih kuat ketimbang beras putih dan kandungan gizinya pun juga lebih banyak, harga beras merah lebih mahal dari pada beras putih. Tetapi karena kandungan gizi yang lebih lengkap maka orang-orang yang mementingkan kebutuhan gizi lebih mengutamakan beras merah dari pada beras putih.

Memasak beras merah sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat yang menyukainya, namun tentu saja cara memasak setiap orang berbeda-beda, ada yang baik dan ada yang salah atau kurang memperhatikan tingkat kematangan beras sehingga bisa merusak gizi yang terkandung di dalamnya.

Lalu bagaimana cara memasak beras merah yang benar? berikut ini cara memasak beras merah yang benar dan mudah.

Sebelum memasaknya sebaiknya pastikan dulu beras merah yang akan di masak dalam keadaan bersih atau tidak rusak seperti terdapat kutu dan jamur. Sebagai tips nya pilih beras merah yang baru dan berbau harum khas beras.

Perlu di ketahui bahwa memasak beras merah membutuhkan waktu yang lebih lama dari pada memasak beras putih biasa dan juga air yang lebih banyak karena beras merah cenderung lebih keras dan berserat tinggi. Tapi juga jangan terlalu banyak di kawatirkan nasi akan menjadi lembek seperti bubur.

Memasak beras merah sebaiknya jangan menggunakan rice cooker karena akan di hasilkan nasi yang kurang matang. Akan lebih baik jika memasak beras merah dengan cara tradisional, mengunakan tungku kayu bakar atau kompor gas biasa. Di rebus dahulu lalu di kukus sampai matang.

Jika Anda tidak terburu-buru dalam memasak beras merah, Anda bisa merendam dahulu beras yang akan di masak selama sekitar 30 menit setelah di bersihkan. Hal ini bertujuan agar di dapatkan nasi yang lebih empuk dan matang. Namun jika ingin memasak tanpa di rendam dulu juga tidak masalah, di sesuaikan saja lama waktunya memasak, hingga di pastikan beras merah dalam keadaan matang sempurna.

Setelah di ketahui air yang untuk merebus beras merah sudah tinggal sedikit atau habis berarti beras merah dalam keadaan setengah matang. Langkah selanjutnya adalah beras merah atau nasi setengah matang tadi di kukus dengan menggunakan dandang atau kukusan (dandang atau kukusan merupakan alat untuk menanak nasi, bahasa jawa-Indonesia).

Jika ingin di dapatkan nasi cepat matang sebaiknya air yang di gunakan untuk mengukus (nasi setengah matang) tadi di panaskan terlebih dahulu, Lalu di masukkan. Tunggu hingga benar-benar matang sempurna.

Jadi seperti yang telah saya singgung di atas tadi bahwa memasak beras merah di butuhkan air yang lebih banyak daripada memasak nasi putih biasa. Sebagai contohnya jika kita ingin memasak beras merah 1/2 Cup beras merah berarti di butuhkan air sebanyak 1 lebih seperempat Cup.

Saat memasak beras merah sebaiknya jangan terlalu banyak di aduk, karena buliran beras akan lebih mudah pecah dan menjadi bubur. Gunakan api yang temperatur sedang, jangan terlalu tinggi, karena jika temperatur atau panas api terlalu tinggi, beras belum cukup matang tapi air sudah banyak yang menguap dan menyebabkan nasi mudah gosong.

Memang jika belum pernah memasak beras merah akan di dapatkan nasi yang memiliki tingkat  kematangan yang berbeda-beda, ada yang beras merahnya masih keras atau terlalu banyak air yang mengakibatkan lembek seperti bubur dan bahkan gosong.

Tetapi jika kita sudah terbiasa memasak beras merah maka akan di dapatkan kemudahan di hari-hari berikutnya dan akan di dapatkan nasi beras merah yang matang lebih baik dan sempurna daripada hari-hari yang lalu. Dengan demikian nutrisi yang terkandung di dalam beras merah tidak rusak atau berkurang kualitasnya. Itulah cara memasak beras merah yang benar dan mudah asalkan kita mengetahui cirinya.

Semoga bermanfaat dan terima kasih

0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga