Cara Mendidik Anak Indigo Yang Tepat Dan Benar

Cara mendidik anak indigo yang tepat dan benarCara Mendidik Anak Indigo Yang Tepat Dan Benar - Anak indigo adalah anak yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya, banyak sekali yang membedakan antara anak indigo dengan anak normal seperti pada umumnya, diantaranya sikap atau tingkah laku yang menyimpang dan tidak sewajarnya di miliki anak seusiannya.

Pada kesempatan yang lalu kita telah membahas mengenai ciri khusus anak indigo dan kali ini cara mengetahui bagaimana mendidik anak indigo dengan tepat dan benar. Bagi orang tua terutama bunda yang memiliki anak indigo terkadang bingung harus bersikap bagaimana menghadapi anaknya yang berkarakter beda dengan anak yang lain pada umumnya.

Perlu di ketahui bahwa perbedaan itu adalah hal yang wajar dan setiap anak pasti memiliki hak untuk hidup tenang dan bahagia, perhatian dari kedua orang tuannya. Lalu bagaimana jika orang tuannya sendiri yang justru tidak mengetahui apa yang harus di lakukan terhadap anaknya, baik mulai pendidikan, makanan sampai harus bersikap yang benar terhadap orang lain dan kehidupan.

Setidaknya di bawah ini ada beberapa langkah mudah sebagai panduan untuk mendidik anak indigo sesuai yang telah di lansir oleh drlwilson.com.

Cara mendidik anak indigo yang tepat dan benar

Cara Mendidik Anak Indigo Yang Tepat Dan Benar

1. Perlakukan anak indigo dengan kasih sayang sepenuhnya, dan jangan sekali-kali memberikan didikan yang keras atau sesekali memarahinya karena akan kehilangan respek atau merusak jaringan motorik anak tersebut.

2. Berbicaralah seperti Anda berbicara dengan kawan Anda, bersifat jujurlah kepadanya karena jika Anda tidak jujur maka dia akan mengetahuinya. Bangun komunikasi yang menyenangkan dengan anak indigo, tentu saja Anda harus lebih bersabar.

3. Jika suatu saat anak bertanya, sebaiknya jawablah dengan sabar dan sebaik-baiknya, karena itu adalah kesempatan yang bagus untuk bisa berinteraksi dengannya. Jangan sekali-kali memangkas pertanyaan yang di lontarkan kepada Anda. seperti kata-kata "Sudah! jangan bayak tanya, dan kalimat-kalimat lain yang serupa. " Ketahuilah jika belum terjawab maka Anak tersebut akan mengingat bahwa Anda masih punya hutang jawaban atas pertanyaannya.

4. Untuk melakukan sesuatu lebih baik berikan sebuah pilihan daripada memerintah. Seperti saat makan malam " Kamu pilih duduk dekat mama atau di situ? atau dengan pilihan lain yang merangsang dia untuk harus memilih salah satu dari dua pilihan yang Anda berikan. Hal ini juga membantu merangsang pikirannya juga untuk belajar menganalisa sesuatu.

5. Saat dia melakukan sebuah kesalahan, lebih baik Anda tidak menghukumnya namun memberikan bimbingan dan arahan yang lebih mendidik, kenalkan dia pada sikap disiplin tingi untuk setiap tindakannya yang juga di sertai rasa tanggung jawab.

Diskusikan juga atas segala aturan yang akan di terapkan, namun jika mengharuskan untuk menjatuhkan hukuman maka bicarakan dulu tentang hukumannya tersebut. Karena anak indigo juga akan berusaha konsisten terhadap segala aturan yang berlaku.

Anak indigo lebih sensitif terhadap sesuatu yang terjadi dan cenderung lebih dewasa dari usia yang sebenarnya. Kesabaran dan kehati-hatian dalam mendidik anak indigo adalah keharusan yang kita lakukan, berilah dia kasih sayang dan hargai setiap apa yang dia lakukan baik untuk dirinya sendiri, Anda maupun orang lain.

Itulah cara mendidik anak indigo yang tepat dan benar, semoga menjadi referensi bagi Anda yang memerlukannya.



4 comments:

  1. tepat sekali apa yang admin tuliskan itu merupakan cara yang tepat untuk menangani anak indigo.

    ReplyDelete
  2. Di butuhkan kesabaran dan tetelatenan yang lebih dalam membimbing mereka, karena mereka tidak sama dengan anak-anak pada umumnya. Untuk itu, ini adalah tantangan tersendiri bagi orang tua yang memiliki anak indigo, seperti saya...

    ReplyDelete
  3. Mantab sekali.Bapak / ibu yang sedang mencari guru Les Privat di Pamulang dan Les Privat di Pondok Aren SD, SMP, SMA hubungi kami. trmksh

    ReplyDelete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga