Pantangan Batu Ginjal

Pantangan batu ginjal Pantangan Batu Ginjal - Bagi penderita batu ginjal ada beberapa pantangan jenis makanan yang harus di hindari agar kondisi kesehatan ginjal tetap sehat tahan lama.

Penderita harus jeli dan pandai dalam memilih makanan yang di hindari dan makanan yang di anjurkan.

Pada kesempatan yang lalu kita telah membahas mengenai proses transplantasi ginjal dan 7 makanan pendukung untuk kesehatan ginjal. Dan kali ini mengenai pantangan batu ginjal, hal ini di maksudkan agar penderita batu ginjal mendapatkan pengetahuan dan dapat meminimalisir penyakitnya.

Sebenarnya tanpa kita sadari ada beberapa makanan dan minuman yang dapat memicu timbulnya penyakit batu ginjal. Oleh karena itu kita seharusnya lebih selektif sebagai upaya untuk menekan timbulnya batu ginjal.

Makanan banyak mengandung protein tinggi tanpa air minum cukup dan makanan atau minuman yang mengandung Oksalat tinggi juga menyebabkan timbulnya batu ginjal.

Sebenarnya simple saja agar dapat terhindar dari batu ginjal, yaitu banyak minum air putih dan olah raga yang cukup. Ginjal berfungsi menyaring darah yang mengalir di seluruh tubuh kita, darah yang sehat akan di teruskan sementara darah yang kotor akan terbuang melalui urine.

Berikut Ini Saran Yang Di Anjurkan Bagi Penderita Batu Ginjal


1. Banyak Minum Air Putih

Seperti yang sudah di singgung di atas bahwa kita harus banyak minum air mineral (air putih), sehingga ginjal dapat bekerja lebih maksimal, aman dan lancar. Komponen pembentuk batu ginjal akan mudah luruh dan terbawa urine yang di keluarkan.

2. Perhatikan Makanan Dan Minuman Dari Susu

Berbagai minuman kental dan berwarna dapat memicu timbulnya batu ginjal. Minum susu sangat baik bagi kesehatan tubuh kita, namun jika kita kurang minum air putih maka unsur susu bisa menggumpal di ginjal dan mengkristal.

3. Perhatikan Kadar Vitamin-C Yang Kita Konsumsi

Kebutuhan vitamin-C juga sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita. Namun jika terlalu banyak dan terus menerus tanpa air putih maka bisa memberikan efek yang tidak baik bagi ginjal. Hasil metabolisme vitamin-C salah satunya adalah Oksalat, dan ini adalah salah satu komponen pembentuk batu ginjal. Oleh karena itu perhatikan dosis yang tepat untuk kebutuhan tubuh Anda.

4. Perhatikan Kadar Protein Di Dalam Tubuh Kita

Terlalu banyak protein juga dapat memperburuk kondisi ginjal. Oleh karena itu perhatikan kebutuhan protein dalam tubuh Anda, lebih baik manfaatkan protein nabati dan hewani secukupnya.

5. Konsumsi Makanan Yang Banyak Mengandung Serat Tak Larut Air

Kebutuhan serat tidak hanya bagus untuk pencernaan saja namun juga fungsi kerja ginjal. Serat ada dua yaitu yang larut dalam air dan yang tidak larut dalam air. Perbanyak serat yang tidak larut dalam air karena dapat mengikat kalsium (Salah satu komponen pembentuk batu ginjal), beberapa bahan makanan yang mengandung serat tak larut dalam air adalah biji gandum, beras, terigu dan jagung.

6. Perhatikan Konsumsi Makanan Yang Banyak Mengandung Kalsium

Kalsium sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi, namun jika terlalu banyak akan berpengaruh pada ginjal. Kelebihan kalsium akan di buang, namun ginjal tidak mampu mengeluarkannya, hal ini berakhibat terjadinya batu ginjal. Oleh karena itu perhatikan asupan konsumsi kalsium tubuh Anda.

7. Kurangi Makanan Mengandung Garam

Makanan yang banayak mengandung garam selain rasanya terlalu asin juga banyak mengandung kalsium. Oleh karena itu saat memasak makanan sebaiknya gunakan garam secukupnya saja. Selain itu terlalu banyak garam dalam makanan juga akan memicu tekanan darah yang tidak sehat.

Berikut Ini Beberapa Makanan Sehat Untuk Ginjal

1. Bawang Putih

 Makanan yang di masak mengunakan bawang putih sangat bermanfaat untuk menghindari pembekuan darah, karena kekurangan air. Kekurangan air juga mempengaruhi kerja jantung. Bawang putih juga berfungsi sebagai anti peradangan danmerupakan antioksidan yang baik bagi tubuh.

2. Ikan

Ikan yang mengandung Omega - 3 banyak di dapatkan di Salmon, tuna, mackerel, hearring, lele dan masih banyak lagi yang lain. Kandungan nutrisi ikan sangat berguna untuk kesehatan ginjal dan jantung khususnya untuk melindungi dari proses peradangan.

3. Apel

Konsumsi apel satu butir setiap hari akan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit kanker dan batu ginjal. Selain itu buah apel juga bermanfaat sebagai detoksifikasi dan membersihkan ginjal dari berbagai toksin.

4. Minyak Zaitun

Kita semua telah mengetahui bahwa minyak zaitun adalah sangat baik untuk kesehatan jantung dan ginjal. Minyak zaitun sebagai anti inflamasi asam lemak yang dapat menurunkan oksidasi dan berkhasiat pada kesehatan ginjal.

5. Kubis

Kubis sangat bermanfaat untuk menjaga fungsi ginjal, agar tetap dalam keadaan sehat. Tidak hanya itu ternyata kubis juga bermanfaat sebagai obat herbal akhibat infeksi karena benda asing yang masuk dan mempengaruhi kestabilan kesehatan ginjal.

6. Kecambah

Luar biasa, ternyata kecambah mampu sebagai penyembuh iritasi ginjal secara natural. Oleh karena itu kecambah sangat cocok bagi penderita batu ginjal. Sebaiknya konsumsi kecambah yang masih mentah karena nutrisinya masih utuh dan tidak rusak.

7. Bawang Merah

Selanjutnya adalah bawang merah, yang tidak kalah bagusnya sebagai penawar racun dan membersihkan ginjal dari berbagai sampah sisa makanan yang tidak dapat larut dan mengendap di ginjal.

8. Paprika Merah

Bagi Anda yang suka memasak lebih baik sertakan paprika merah dalam masakan Anda. Karena paprika juga baik untuk menjaga kesehatan ginjal, paprika kaya vitamin (A, C dan B-6) serta rendah kalsium. Paprika juga mengandung serat dan asam folat sehingga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kanker.

9. Buah Berries

Buah yang satu ini juga baik untuk kesehatan ginjal. Buah ini berperan sebagai anti inflamasi yang meminimalisir peradangan dan meningkatkan fungsi kerja organ kandung kemih. Beberapa jenis buah Berries tersebut antara lain. Rasberry, blueberry, cranberry, serta stroberry.

Itulah beberapa pantangan bagi penderita batu ginjal dan makanan sehat untuk organ ginjal kita, semoga menjadi tambahan referensi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih


0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga