Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Cara menghilangkan bau mulut saat puasaCara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa - Saat kita menjalankan ibadah puasa, bau mulut menjadi permasalahan yang sering di alami setiap orang, akhibatnya, kadang timbul perasaan kurang percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain. Lalu bagaimana mengatasi masalah ini?

Halitosis atau bau mulut sering terjadi karena banyak faktor seperti, jarang atau tidak pernah membersihkan gigi atau selesai makan makanan yang berbau menyengat seperti petai atau jengkol.

Bau mulut ini juga menjadi kendala bagi umat muslim yang menjalankan ritual suci di bulan puasa yaitu puasa ramadhan. Apalagi jika kita dalam keadaan masuk kerja saat puasa, penampilan jadi kurang percaya diri saat bau mulut menyengat.

Selain itu halitosis atau bau mulut juga terjadi karena mulut dalam keadaan kering atau kurangnya air ludah karena kelenjar air liur tidak memproduksi air liur secara cukup. Bau nafas sebenarnya normal bagi setiap orang terutama bagi yang menjalankan puasa, namun kesegarannya harus tetap kita jaga demi kesehatan pribadi dan privasi kita.

Berikut Ini Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

1. Tetap menggosok gigi walau dalam keadaan berpuasa, gunakan pasta gigi yang segar dan lebih baik di lakukan saat selesai makan sahur. lakukan gosok gigi dengan benar dan bersih serta pastikan tidak ada sisa - sisa makanan yang tertinggal.

2. Usahakan minum air putih 2-3 gelas saat makan sahur, hal ini juga bermanfaat untuk menghindari dehidrasi saat siang hari.

3. Saat menjalankan sholat, Anda bisa berkumur terlebih dahulu, manfaatkan hal ini karena bisa menjaga mulut tidak kering dan menghilangkan sisa-sisa makanan yang tertinggal. Anda juga bisa mengunakan obat kumur yang biasanya di jual di toko-toko yang bisa membantu menjaga mulut tetap segar tetapi pastikan air tidak ikut tertelan.

4. Anda juga bisa menggunakan siwak untuk membersihkan gigi. Siwak sudah sejak lama di percaya dapat membersihkan gigi bahkan sejak awal nabi Muhammad SAW selalu menganjurkan agar saat akan menjalankan sholat menggunakan siwak.

5. Sebagai tambahan Anda juga bisa minum teh hijau saat makan sahur atau buka puasa. Karena teh hijau di percaya dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Selain itu kondisi keadaan perut juga menjadi penentu bau mulut. Perut yang sakit maag juga bisa menjadikan mulut bau, perhatikan juga makanan yang di konsumsi saat sahur atau buka puasa, pilihlah makanan yang tidak memiliki bau menyengat atau jika ingin mengkonsumsinya Anda bisa memasaknya sampai matang terlebih dahulu seperti petai atau jengkol.

Artikel lain:
Cara menghilangkan bau petai
Jengkol untuk ibu hamil

Pastikan perut tidak dalam keadaan sakit pada saat berpuasa, selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap vit dan kontrol segala aktivitas, jangan terlalu banyak aktivitas agar tubuh tidak memproduksi keringat berlebih.

Jadi menghilangkan bau mulut menjadi kewajiban bagi setiap orang, bukan halangan saat Anda menjalankan ibadah puasa. Semoga bermanfaat dan amal ibadah kita di terima oleh Allah SWT. Amin

Semoga bermanfaat dan terim akasih



2 comments:

  1. Kalau dibersihkan secara natural pakai Pasta gigi anak Clean Me pasti bau mulut akan hilang deh

    ReplyDelete
  2. Wah, dapet tambahan tips baru dari George xx, makasih dan semoga bermanfaat.

    ReplyDelete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga