Cara Sehat Saat Berpuasa

Cara sehat saat puasaCara Sehat Saat Berpuasa - Bulan Ramadhan telah tiba, saatnya seluruh muslim di bumi ini menjalankan kewajiban berpuasa selama satu bulan penuh (Setiap hari sekitar 12 jam).

Kewajiban berpuasa bagi setiap muslim yang menjalankannya seharusnya bukan menjadi suatu penghalang untuk bermalas-malasan dalam bekerja atau melakukan segala aktifitas harian.

Tetapi justru sebaliknya, bulan yang penuh rahmat ini seharusnya kita isi dengan berbagai amalan ibadah yang dapat menjadi tabungan kita kelak jika sudah tiada, InsyaAllah.

Pada saat menjalankan ibadah puasa, sebaiknya kita melakukan makan sahur dan berbuka sesuai dengan kondisi kemampuan kita dalam mengkonsumsi makanan, jangan terlalu di paksakan makan makanan yang banyak atau sebaliknya, namun secukupnya dan bergizi (sesuaikan dengan porsi kita) lalu dengan niat yang kuat untuk menjalankan ibadah puasa.

Jika tubuh kita sudah mampu beradaptasi dengan keadaan yang tiba-tiba berubah dari biasanya maka berpuasa di hari kemudian tidak lagi menjadi halangan untuk di lakukanya lagi, untuk itu kita harus pandai-pandai mensiasati perubahan tersebut.

Artikel lain:
Manfaat sari kurma untuk ibu hamil dan janin
Puasa sunnah yang sehat untuk ibu hamil

Berikut Ini Ada Beberapa Cara Tetap Sehat Saat Menjalankan Ibadah Puasa

1. Saat makan sahur di usahakan pada saat akhir waktu imsak, karena waktu tersebut dapat menunjang puasa Anda saat siang hari nanti dan sesuai dengan sunnah Rasul. Jadi atur waktu sahur Anda sedemikian rupa.

2. Makanlah sesuai dengan porsi Anda, jangan berlebih atau justru sebaliknya, karena di khawatirkan tubuh tidak mampu menerima perubahan yang drastis dalam waktu sekejap. Perbanyak makanan yang mengandung karbohidrat dan protein serta sayur dan buah segar, jangan lupa minum air putih secukupnya, karena dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi, tapi sebelumnya akhiri makan sahur Anda dengan segelas susu, itu akan lebih baik.

3. Sebaiknya hindari makanan atau minuman yang banyak mengandung gula atau pemanis sakarin, karena akan justru menyebabkan tubuh lemas saat siang hari. Jika Anda suka yang manis, Anda bisa ganti dengan buah kurma, karena rasa manis sari buah kurma sangat bermanfaat bagi kesehatan dan tidak menyebabkan dehidrasi.

4. Sebaiknya hindari junk food, minuman kopi, minuman beralkohol atau minuman ringan berkarbonasi. Di sarankan banyak konsumsi buah dan sayur, buah kurma adalah makanan favorit saat menjalankan ibadah puasa.

5. Kurangi aktifitas fisik dan sebaiknya hindari berlama-lama di tengah terik matahari, karena tubuh akan banyak merespon panas sinar matahari. Sehingga terlalu banyak cairan tubuh yang di keluarkan dengan begitu terlalu mudah resiko dehidrasi.

6. Sebaiknya manfaatkan istirahat siang, karena waktu tersebut adalah waktu yang tepat untuk menghemat energi dan menimbun tenaga agar tidak terlalu boros serta istirahat siang sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda.

7. Jika ada waktu luang di sore hari yang redup, manfaatkan untuk yoga atau sekedar jalan-jalan bersama keluarga untuk menjaga kebugaran dan memperlancar peredaran darah.

8. Saat waktu berbuka tiba, jangan langsung kalap makan makanan yang banyak dan berlebihan, karena sangat tidak baik untuk kesehatan Anda.

Minumlah dengan yang manis seperti susu hangat atau air hangat yang di tambah sedikit gula atau bisa juga dengan jus buah plus kurma 2-3 biji. Setelah sholat maghrib Anda bisa menambah porsi makan dengan yang lebih besar (sesuaikan dengan kemampuan/jangan terlalu berlebih)

9. Hindari makanan yang mengandung cabe atau makanan pedas karena akan mengganggu pencernaan Anda. Jika Anda suka pedas, Anda bisa tambahkan cabe secukupnya saja, jangan berlebih atau bila perlu di hindari untuk sementara waktu, karena seluruh usus halus dan usus besar (pencernaan) dalam keadaan sehat dan bersih.

10. Sebaiknya hindari terlalu banyak makan gorengan, dan di ganti dengan buah segar atau kudapan sehat lain yang sudah di persiapkan. Kurma ajwa adalah makanan terbaik untuk berbuka atau saat makan sahur.

11. Jangan lupa, penuhi kebutuhan air tubuh Anda, minum air putih secukupnya, 4-5 gelas sebelum tidur di malam hari.

Itulah beberapa cara yang biasa saya lalukan agar tetap sehat saat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, semoga segala amalan ibadah kita di terima oleh Tuhan Yang Maha Esa. Amin

Jika di antara pembaca ingin menambahkan, Anda bisa tuliskan di kolom komentar yang sudah di sediakan agar dapat berguna lebih banyak orang lain lagi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.



4 comments:

  1. Hindari makan gorengan saat berbuka
    Dr.Rian Tamrin-Dr oz indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, sesuai dengan apa yang di sampaikan pada nomor 10 di atas agar kesehatan kita tetap terjaga dengan baik selama berpuasa. Terima kasih Dr.Rian Tamrin-Dr oz indonesia

      Delete
  2. puasa tidak hanya sebagi kesempurnaan ibadah menurut islam karena saya juga islam, namun puasa memnag sangt baik bagi kesehatan jasmani maupun rohani. bahkan banyak sekali dokter yang menyarankan puasa setidaknya dua kali dalam seminggu untuk memberikan istirahat pada kinerja lambung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, saya setuju dengan ungkapan Anda. Dulu, saya punya pengalaman bahwa suatu saat saya akan menjalani tes kesehatan pada seorang dokter ternyata saya juga di sarankan untuk berpuasa terlebih dahulu sebelum di tes air seni dan kesehatan lainnya.

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga