Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Manfaat kurma bagi kesehatanManfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan - Buah kurma banyak varietas dan jenisnya, buah kurma memiliki nutrisi yang banyak untuk kesehatan tubuh kita.

Seperti kurma ajwa menjadi andalan dan memiliki harga yang paling mahal di antara harga kurma yang lain, perbiji bisa sampai Rp 5000,- (lima ribu rupiah)

Buah kurma bisa di makan selagi masih segar dan hijau namun kebanyakan buah kurma banyak yang keriput dan kering setelah di panen sehingga menyerupai kismis, namun hebatnya di makan dalam keadaan muda atau sudah keriput atau kering tetap enak dan memiliki nutrisi yang tinggi tanpa ada kerusakan gizi walau setelah ada perubahan bentuknya.

Butir buah kurma ini sangat kecil beda dengan buah lain seperti buah plum, buah kurma besarnya sekitar sebesar ibu jari, namun memiliki nilai gizi yang banyak dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Berikut ini perkiraan nilai gizi buah kurma dalam per 100 G dan juga sebagai perbandingan untuk mengukur nilai gula pada tubuh kita, karena kurma tinggi nilai gulanya. Untuk itu di sarankan bagi Anda yang suka buah kurma agar menekan sebanyak mungkin asupan gula sakarin dari makanan lain bagi tubuh kita.

Berikut Nilai Gizi Buah Kurma

1. Serat               -6,7 gram. 27% RDA

2. Kalium           -696 miligram. 20% RDA

3. Tembaga        -0,4 miligram. 18% RDA

4. Mangan          -0,3 miligram. 15% RDA

5. Magnesium    -54 miligram. 14% RDA

6. Vitamin B-6   -0,2 miligram. 12% RDA

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

1. Seperti di sampaikan di atas buah kurma kaya serat, serat sangat baik untuk kesehatan pencernaan, menghindari sembelit dan mampu menggerakkan usus lebih elastis dan teratur.

Selain itu Anda pecinta buah kurma juga akan terhindar dari radang usus, kanker usus ataupun wasir. Bahkan kurma mampu di jadikan sebagai obat natural dari berbagai penyakit tersebut.

2. Selain untuk kesehatan usus ternyata buah kurma juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan ginjal.

3. Sesuai tabel di atas, buah kurma juga mengandung magnesium dan zat mineral ini bermanfaat untuk anti-inflamasi. Sebuah studi menerangkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi buah kurma terdeteksi CRP (C-reaktive protein), TNF (Tumor necrosis factor alpha) dan IL6 (Interleukin 6) menurun saat kadar magnesium meningkat.

Selain itu peradangan pada dinding arteri juga semakin berkurang. Berdasarkan berbagai temuan tersebut para peneliti berkesimpulan bahwa kandungan magnesium pada kurma efektif menekan sekecil mungkin resiko penyakit kardiovaskuler, althritis, Alzeimer dan berbagai penyakit peradangan yang lain.

4. Mengurangi tekanan darah. Kandungan magnesium dan kalium yang tedapat pada buah kurma bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah. Ini adalah tepat untuk mereka penderita darah tinggi.

5. Menurunkan resiko penyakit strok. Dalam American journal of clinical nutrition menemukan bahwa dalam 100 miligram magnesium dapat menekan resiko strok sebesar 9%, adalah suatu penemuan yang sangat berharga sekali setelah 14 tahun dalam penelitian.

6. Memberikan dampak kesehatan yang lebih baik pada wanita hamil. Dalam sebuah penelitian, 4 minggu terakhir wanita hamil yang mengkonsumsi buah kurma dapat membantu mengurangi kebutuhan induksi dan augmentasi persalinan.

7. Meningkatkan kinerja Otak. Wow, sebuah penelitian yang mengagumkan seperti yang di lakukan JAMA Internal Medicine. Menghasilkan bahwa kadar vitamin B-6 yang terkandung dalam kurma sangat baik dalam membantu kinerja otak.

Begitu banyak manfaat dari buah kurma ini, mumpung bulan puasa mari kita konsumsi buah kurma, walaupun bukan kurma Ajwa (kurma nabi) namun kurma - kurma yang lain juga memiliki nilai gizi yang tidak kalah hebatnya. Bagi pemirsa yang memiliki pengalaman mengenai kurma untuk kesehatan bisa di share di kolom komentar agar bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Inilah yang bisa kami sampaikan semoga artikel mengenai manfaat buah kurma untuk kesehatan dapat menjadi inspirasi bagi kita semua.

Salam sehat

 


0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga